sarasehan
Hadiri Sarasehan Seni Komunitas Maharupa Batukaru, Bupati Sanjaya Motivasi Seniman Tabanan Untuk Semangat Berkreasi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Kabupaten Tabanan, selain dikenal sebagai lumbung beras juga sebagai lumbungnya seniman-seniman hebat di Bali yang selalu mendapatkan perhatian dari Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M. Melalui acara sarasehan seni Komunitas Perupa Tabanan Maharupa Batukaru dengan tema ‘Bergerak Bersama Lumbung Seni Menuju Tabanan Era Baru’ yang digelar di Gedung Kesenian, I Ketut Maria, Selasa (14/11/2023), Sanjaya menyampaikan rasa bangganya sebagai orang Tabanan yang memiliki potensi SDM dengan jiwa kesenian yang begitu mengagumkan.

Turut hadir dalam kesempatan itu, Kepala OPD dan Kepala Bagian di Lingkungan Pemkab Tabanan, Camat se-Kabupaten Tabanan. Kegiatan diikuti oleh peserta dari 30 orang Komunitas Perupa, 70 Guru Seni Budaya dan siswa-siswi SMP dan SD se-Kecamatan Tabanan. Acara yang pertamakalinya dilaksanakan sebagai wadah untuk menaungi komunitas maharupa Batukaru tersebut dibuka langsung oleh Bapak Bupati ditandai dengan pemukulan Kulkul dan menggoreskan tinta diatas kanvas.

Baca Juga :  Purnama Sasih Jiyestha, Bupati Tabanan Sembahyang Bersama di Padmasana Kantor Bupati dan Pura Luhur Batukau

Di kesempatan itu Sanjaya mengajak masyarakat selalu bangga sebagai orang Tabanan. Sebab selain dengan potensi alam yang lengkap juga keseniannya yang begitu mengagumkan.

“Apapun bisa menjadi seni ketika mendapatkan sentuhan orang Tabanan. Lihatlah seni tari, gerak seekor kumbang pun bisa menjadi tarian yang sangat mengagumkan ketika diasah oleh I Ketut Maria. Lihatlah dalam bidang seni rupa, di tangan Bapak Nyoman Nuarta, seni rupa menjadi sangat monumetal. Lihatlah seni ikur di Tabanan, lihatalah seni lukisnya, semuanya hadir dengan spirit berkesenian yang sangat luar biasa,” ujarnya.

Selain memotivasi para seniman agar terus berkreasi menciptakan karya-karya yang menarik. Orang nomor satu di Tabanan juga menyampaikan apresiasi yang setinggi-tingginya bagi perupa yang telah menghasilkan karya-karya terbaiknya dan telah ikut mengharumkan nama baik Kabupaten Tabanan.

“Saya menilai pelaksanaan sarasehan seni, komunitas maharupa Batukaru ini adalah sebuah acara yang penting untuk dilaksanakan karena momentnya bertepatan dengan rangkaian HUT ke-530 Kota Tabanan,” imbuh Politisi asal Dauh Pala Tabanan itu.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Ngupasaksi Karya Ngenteg Linggih Pura Sang Hyang Landu 

Pihaknya mengajak untuk mejadikan momen ini sebagai tonggak lahirnya kembali tokoh-tokoh seni rupa dengan cara kembali merangkul generasi muda, sekaligus sebagai pemetaan bagi para perupa yang ada di Kabupaten Tabanan agar bisa terhimpun menjadi satu komunitas atau wadah, sehingga bisa menyatukan konsep secara berkesinambungan.

Di kesempatan yang sama, I Made Yudiana selaku ketua panitia yang juga merupakan Kepala Dinas Kebudayaan menyampaikan ucapan terimakasihnya Kepada Bupati Tabanan yang telah menginisiasi serta menfasilitasi kegiatan sarasehan sebagai bentuk kolaborasi kerjasama dan sinergi yang baik antara pemerintah Kabupaten Tabanan dengan para perupa yang ada di Kabupaten Tabanan.

Baca Juga :  Apresiasi Kegiatan Masyarakat, Bupati Tabanan Hadiri Turnamen Ceki di Desa Tunjuk

“Kami beserta seluruh  perupa Tabanan menghaturkan banyak-banyak terima kasih kehadapan Bapak Bupati atas dukungan ide-ide dan pendanaan, sehingga sarasehan hari ini dapat berjalan sesuai dengan rencana. Kami berharap kegiatan ini dapat berlanjut di masa yang mendatang, sehingga iklim  kesenian di Kabupaten Tabanan bisa tumbuh ke arah yang lebih baik,” pungkasnya.

Salah seorang seniman yang hadir, I Wayan Susana, S.Sn., dalam wawancaranya menyampaikan harapannya, agar dari kegiatan ini dapat memberikan sinegeri yang positif untuk kesenian di Tabanan dan semoga terselenggaranya kegiatan ini dapat membuat iklim kesenian di Tabanan semakin maju serta menjadi motivasi positif untuk seniman-seniman muda di Tabanan agar bisa berkembang lebih baik dan melahirkan karya-karya yang kreatif.

“Kami seniman Tabanan karena sudah didukung penuh oleh Pemda Tabanan tentunya merasa bangga menjadi orang Tabanan,” serunya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News