Payangan
Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan Enam SMPN Hindu 2 Payangan Gelar Festival KM Enam Payangan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, GIANYAR – Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6 di SMPN Hindu 2 Payangan yang terdiri dari empat Orang Mahasiswa dari Universitas Udayana yakni Ni Wayan Diah Okta Wardani, Ni Kadek Della, Ni Kadek Astanggi dari Fakultas Ekonomi dan Bisnis, dan Ni Kadek Dewik Rikayani dari Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, serta satu orang mahasiswa dari Institut Bisnis dan Teknologi Indonesia (INSTIKI) yaitu Ni Putu Anik Juniantini yang berkolaborasi bersama seluruh warga sekolah telah menggelar Festival KM 6 Payangan yang berlangsung selama tiga hari berturut-turut, yakni pada Selasa (3/10/2023) sampai Kamis (5/10/2023).

Festival KM 6 Payangan merupakan salah satu program kerja dari Mahasiswa Kampus Mengajar Angkatan 6 di SMPN Hindu 2 Payangan yang digelar saat waktu jeda UTS yang bertujuan untuk menggali minat dan bakat siswa dengan perlombaan di bidang akademik dan bidang non akademik serta perlombaan kekeluargaan untuk meningkatkan rasa kekeluargaan siswa di lingkungan sekolah sekaligus merefresh kembali otak dan pikiran siswa setelah melaksanakan pembelajaran selama 3 bulan penuh.

Baca Juga :  Bunda PAUD Tabanan Kembali Berikan PMT dan APE Bagi Anak Usia Dini

Program kerja ini berkolaborasi bersama seluruh warga sekolah dan terdiri dari tiga rangkaian acara. Pada hari pertama, dilaksanakan lomba-lomba yang bersifat resmi yaitu Lomba Cerdas Cermat, Lomba Membaca Cepat, Lomba Dharma Gita, dan Lomba Mesatua. Selain itu terdapat Lomba Kebersihan Kelas dan Kebun serta Lomba Kebersihan Toilet yang dilakukan penilaian pada Senin (2/10/2023) dan Kamis (5/10/2023).

Sedangkan hari kedua diselenggarakan lomba yang bersifat kekeluargaan yaitu Lomba Estafet Karet, Lomba Balon Bergoyang, Lomba Makan Kerupuk, dan Lomba Menangkap Ayam untuk siswa. Adapun lomba yang bersifat kekeluargaan untuk guru yaitu lomba kursi duduk, lomba ngulat tipat, dan lomba balon bergoyang. Seluruh rangkaian acara di hari pertama dan kedua dilaksanakan di sekolah, sedangkan pada hari ketiga merupakan pengumuman pemenang lomba-lomba serta jalan santai yang dilaksanakan di Taman Kreasi Alam Baru.

Baca Juga :  Buka Mobile IP Clinic 2024, Sekda Dewa Indra Dorong Layanan Pencatatan Kekayaan Intelektual Jemput Bola ke Masyarakat

Kampus Mengajar merupakan bagian dari program MBKM yang bertujuan untuk memberikan kesempatan kepada mahasiswa untuk belajar di luar kampus selama satu semester yang bertujuan untuk melatih kemampuan menyelesaikan permasalahan yang kompleks dengan menjadi mitra guru untuk berinovasi dalam pembelajaran, pengembangan strategi, dan model pembelajaran yang kreatif, inovatif, dan menyenangkan.

Fokus program mahasiswa kampus mengajar yaitu dalam program literasi, numerasi, adaptasi teknologi, pengelolaan dan pemanfaatan buku bacaan bermutu dan perpustakaan, pengelolaan dan pemanfaatan pojok baca, pelestarian lingkungan atau mitigasi perubahan iklim, pengembangan karakter siswa, dan kegiatan di luar kelas.

Selaras dengan fokus program mahasiswa, rangkaian perlombaan resmi dari Festival KM 6 Payangan juga melibatkan kemampuan literasi serta numerasi siswa yaitu Lomba Cerdas Cermat yang bertujuan untuk menguji dan meningkatkan kemampuan pengetahuan sekaligus kemampuan literasi dan numerasi, berpikir cepat, dan kreativitas siswa dikarenakan soal-soal pada lomba ini merupakan soal literasi dan numerasi yang disesuaikan dengan mata pelajaran setiap jenjang.

Selain itu, adapun lomba membaca cepat yang bertujuan untuk menguji daya ingat siswa dalam memahami serta mengingat informasi atau isi sebuah bacaan secara cepat dengan waktu yang relatif singkat yang sekaligus menguji dan meningkatkan kemampuan literasi siswa. Selanjutnya diadakannya Lomba Dharma Gita dan Mesatua yang bertujuan untuk menumbuhkan rasa kecintaan terhadap budaya dan warisan leluhur yang kebanyakan generasi muda enggan untuk menggeluti bidang tersebut yang sekaligus bertujuan untuk menggali minat serta bakat siswa yang sesuai juga dengan visi misi sekolah Hindu.

Seluruh perlombaan resmi tersebut diadakan di ruangan kelas sekolah dengan juri-juri yang berasal dari kalangan guru pada hari pertama Festival KM 6 Payangan yang mengambil tema ‘Brain Day‘ yang dibuka langsung secara resmi oleh Kepala Sekolah SMPN Hindu 2 Payangan. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News