bungan desa
Dorong Pembangunan dan Berdayakan Potensi Desa, Bupati Tabanan Kembali Gencarkan Program Bungan Desa Sasar Desa Bangli Baturiti. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Bungan Desa ‘Bupati Ngantor di Desa’ yang merupakan program inovasi yang digagas oleh Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, S.E., M.M., terus berlanjut.

Komitmen mewujudkan visi-misi Tabanan yang Aman, Unggul, Madani terus dilakukan untuk menciptakan pembangunan menyeluruh yang dimulai dari tingkat Desa. Dalam kunjungan Bungan Desa yang ke-39 kali ini, Bupati Sanjaya melihat langsung potensi yang ada di Desa Bangli, Kecamatan Baturiti, Selasa (28/11/2023).

Dimulai dengan kunjungan ke Wantilan Pura Pucak Padang Dawa, Desa Bangli, Kecamatan Baturiti, Bupati Sanjaya didampingi oleh Sekda, Para Asisten, Kepala OPD terkait, Kepala Bagian, Camat, serta unsur Forkopimcam Baturiti. Kehadirannya yang diawali dengan sesi tatap muka bersama Perangkat Desa dan masyarakat setempat, disambut dengan antusiasme yang tinggi.

Rangkaian kegiatan dilanjutkan dengan peninjauan terhadap pelayanan kesehatan, distribusi kacamata gratis, pemeriksaan layanan OPD, UMKM, serta kunjungan ke perpustakaan keliling dan penyerahan buku kepada masyarakat. Bupati Sanjaya dan jajarannya juga mengunjungi Kantor Desa Bangli untuk meresmikan Jalan Hotmix Banjar Tegeh – Baturiti, yang ditandai dengan pemotongan pita, sebelum melanjutkan dengan penanaman pohon Tabebuya di depan kantor Desa Bangli.

Baca Juga :  Silaturahmi ke PDI Perjuangan Tabanan, Golkar Tabanan Diajak Makan Siang Bersama

Dalam kesempatan tersebut, Politisi asal Dauh Pala mengapresiasi Desa Bangli yang memiliki potensi luar biasa di bidang pertanian dengan mayoritas masyarakat yang menjadi petani. Pihaknya menilai, perlu dilakukan pendampingan bagi para petani, juga diberikan motivasi untuk dapat membangun bersama. Melalui Bungan Desa ini, diharapkan mampu memberikan berbagai pelayanan kepada masyarakat serta edukasi langsung kepada masyarakat.

”Tujuannya adalah kita memberikan edukasi secara langsung di tengah-tengah masyarakat, dan di samping itu, kita menyampaikan nanti in case (dalam hal) jika terjadi apa-apa bisa lebih mendekatkan pelayanannya. Ini salah satu program inovatif yang kita miliki, yaitu program Bungan Desa, Bupati Ngantor di Desa,” ucap Sanjaya.

Baca Juga :  Pemkab Tabanan Gelar Sosialisasi Pembinaan KASN Melalui UU Nomor 20 Tahun 2023

Program Bungan Desa menjadi salah satu inisiatif yang dijalankan secara berkelanjutan untuk mendorong pembangunan di tingkat Desa. Melalui kegiatan ini, Bupati Sanjaya tidak hanya hadir secara simbolis, tetapi juga turut terlibat dalam menyerap aspirasi masyarakat, melihat potensi dan menangkap langsung kebutuhan masyarakat di setiap Desa, sebagai bagian dari strategi memajukan Kabupaten Tabanan secara menyeluruh.

Berdasarkan penuturan Perbekel Desa Bangli, I Made Adiasa, Desa Bangli yang masyarakatnya mayoritas petani, memiliki potensi pertanian organik yang mulai digiatkan dan dikembangkan. Di kesempatan yang sama pihaknya juga turut menyampaikan terimakasih kepada Bapak Bupati terkait dengan kunjungan Bungan Desa di Desa Bangli yang diyakininya mampu memberikan semangat dan motivasi bagi masyarakat.

Baca Juga :  Bupati Sanjaya Hadiri Upacara Pujawali Ageng Mapedudusan Alit di Luhur Pura Taman

“Kami juga sangat mengapresiasi. Jadi ini kunjungan yang sangat bermanfaat bagi masyarakat, disamping juga Bapak Bupati bisa bertemu dengan masyarakat, lalu melihat pelayanan langsung di masyarakat itu sendiri, dampak-dampak yang lain pasti bisa dikembangkan tentunya harus ada antara tokoh dengan kami di Pemerintahan Desa,” ucapnya.

Begitupun juga dengan masyarakat Desa Bangli sangat merasakan sejumlah manfaat signifikan dari pelaksanaan Program Bungan Desa. Terlihat dari banyaknya antusias masyarakat yang turut menikmati berbagai pelayanan yang disediakan.

Ni Made Ratni, salah satu warga yang telah melakukan pemeriksaan kesehatan, mengungkapkan rasa terima kasihnya kepada Bapak Bupati atas penyelenggaraan acara Bungan Desa di wilayahnya, sembari berharap program ini bisa terus berlanjut di masa mendatang.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News