buah lokal buleleng
Kepala Dinas Pariwisata Buleleng, Gede Dody Suksma Oktiva Askara. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Hasil pertanian Buleleng khusus buah sudah tidak diragukan lagi kualitasnya seperti mangga, manggis, alpukat, kopi dan khusus buah durian secara nasional sudah diakui.

Durian bernama Ki Raja dari Desa Madenan terkenal sejak juara kontes tahun 2019 lalu. Melihat potensi dan untuk terus menggaungkan buah lokal asli Buleleng ini. Pemerintah Kabupaten Buleleng melalui Dinas Pariwisata akan memfasilitasi event pertama kali di Desa Madenan bernama Ki Raja Festival Durian.

“Sebagian besar penduduk Buleleng adalah bertani, hasil perkebunan yang dominan dengan produk unggulannya perlu kita angkat brandingnya untuk menambah daya saing yaitu durian Ki Raja dan varietas buah lokal lainnya,” ungkap Kepala Dinas Pariwisata, Gede Dody Suksma Oktiva Askara usai memimpin rapat persiapan Ki Raja Festival di Kantor Desa Madenan, Kecamatan Tejakula, Jumat, (17/11/2023).

Lebih lanjut ujar Kadis Dody bahwasannya di Desa Madenan banyak memiliki produk pertanian unggulan, ada komunitas pertanian yang aktif mendukung branding buah lokal madenan.”Gayung bersambut kita dukung festival yang dirancang digelar selama 3 hari mulai 1 Desember 2023,” jelasnya.

Baca Juga :  Jelang Pemilukada Tahun 2024, Pemangku Kebijakan Diharapkan Berikan Sosialisasi ke Masyarakat

Menurutnya dukungan event Ki Raja Festival merupakan bagian tugas fungsi Dinas Pariwisata untuk mendatangkan wisatawan, menambah waktu tinggal tamu yang berkunjung ke Buleleng, muaranya meningkatkan PAD Buleleng.

Ditambahkan, event pertama ini ke depannya akan terus berkelanjutan. Ini adalah sebuah triger bagi komoditi buah di Buleleng.

“Kita akan branding buah Durian Ki Raja dan sejenisnya, buah alpukat, kopi, manggis, coklat dan buah unggulan  lainnya yang ada di Buleleng termasuk produk segar, frozen dan produk turunannya, serta olahan pangan lainnya,” terangnya.

Selain itu, pihaknya bersama komunitas sedang merancang event ini dengan makan buah durian sepuasnya. Skemanya dengan menggunakan voucher ada jenis premium, medium dan biasa.

“Tentu pecinta buah lokal merupakan momentum untuk mengenalkan, memajukan potensi unggulan lokal buah Buleleng serta meningkatkan kunjungan pariwisata di Kabupaten Buleleng,” pungkasnya.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News