Berhasil Turunkan Angka Stunting
Berhasil Turunkan Angka Stunting, TP PKK Kota Bontang Studi Tiru ke Pemerintah Kota Denpasar. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah Kota Denpasar berhasil menorehkan prestasi gemilang dalam upaya penurunan angka stunting, bahkan berhasil mencatatkan angka terendah di tingkat nasional. Hal ini membuat Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bontang Provinsi Kalimantan Timur, Hapidah Basri Rase S.E melakukan kunjungan studi tiru ke Pemerintah Kota Denpasar.

Kunjungan ini di terima Ketua Gabungan Organisasi Wanita (GOW) Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa di dampingi Ketua DWP Kota Denpasar, Ny.Ida Ayu Widnyani Wiradana di Desa Edukasi Teba Majelangu Desa Kesiman Kertalangu, Kamis (2/11/2023).

Ketua Tim Penggerak PKK Kota Bontang, Hapidah Basri Rase S.E mengatakan, stunting masalah serius yang harus mendapat perhatian serius. Sehingga Studi ini menjadi langkah awal dalam upaya bersama untuk menangani masalah gizi buruk yang dapat memengaruhi pertumbuhan anak di masa depan.

Selain menurunkan angka stunting dalam Studi Tiru Hapidah Basri Rase ingin mengetahui penerepan atau implementaai 10 program Pokok PKK Kota Denpasar.

Baca Juga :  Memiliki Hunian Impian dengan Kemudahan Lelang dan KPR Solusi BRI

“Hasil dari Studi tiru ini saya berharap bisa diterapkan di Kota Bontan,” ujar Hapidah Basri.

Ketua GOW Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristy Arya Winawa menjelaskan, Pemerintah Kota Denpasar melalui Tim Penggerak PKK Kota Denpasar sangat berkomitmen dalam menurunkan angka stunting. Salah satu upaya yang dilakukan TP PKK dalam menurunkan angka stunting adalah dengan memberikan Pemberian Makanan Tambahan (PMT) kepada ibu hamil dan balita. Bahkan untuk meningkatkan kesehatan masyarakat PMT juga diberikan kepada para lansia.

Agar tepat sasaran PMT langsung di berikan secara door to door ke rumah rumah masyarakat oleh Ketua Tim Penggerak Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara.

“Langka tersebut dengan harapan bantuan yang diberikan tepat sasaran,” ungkap Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa.

Tidak hanya itu, dalam menurunkan angka stunting, TP PKK Kota Denpasar juga rutin melaksanakan pelayanan Posyandu Paripurna. Dari kegiatan posyandu masyarakat diberikan edukasi terkait kesehatan dan masalah gizi pada anak, semua itu tentunya sesuai dengan 10 Program Pokok PKK.

Baca Juga :  Pokja Bunda PAUD Kota Denpasar Kembali Sapa Siswa di Kecamatan Densel dan Dentim, Juga Bagikan Alat Mewarnai Serangkaian Hardiknas

Mengingat 10 program PKK merupakan sebuah pilar dan pondasi yang sangat kuat yang menjadi dasar bagi Tim Penggerak PKK dalam melakukan edukasi pemberdayaan terhadap penguatan karakter keluarga. Penguatan karakter keluarga melalui implementasi program unggulan PKK. Telah mampu mengedukasi masyakat menjadi mandiri dan berkarakter.

Menurut Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa, Desa Kesiman Kertalangu merupakan salah satu desa edukasi yang ada di Kota Denpasar yang telah mampu mensinergikan implementasi 10 Program Prokok PKK dengan berbagai program pengembangan masyarakat yang ada di desa. Melalui 4 Edukasi Teba Majelangu disini dilakukan edukasi pengembangan karakter, penguatan pola asuh, sampai dengan Upaya implementasi pengembangan Aku Hatinya PKK.

Dari sisi pengembangan karakter dan Pendidikan, Desa Kesiman Kertalangu mengembangkan pendidikan alam dengan mengimplementasikan pola asuh demokratis bagi anak-anak yang melibatkan edukasi anak-anak usia dini. Melalui Teba Majelangu, Desa Kesiman Kertalangu Bersama TP PKK juga melakukan edukasi berbagai pelatihan yang dapat menumbuhkan perekonomian keluarga dan membuka lapangan perkerjaan seperti penguatan pangan lokal melalui kue tradisional laklak.

Baca Juga :  Berjibaku Selama 5 Jam, Tim Damkar Berhasil Padamkam Api Kebakaran TPA Suwung

Dalam Penguatan Hatinya PKK, Teba Majelangu menjadi pusat pembelajaran pola pengembangan pangan keluarga terutama penguatan pangan lokal.

Yang selanjutnya pengurus PKK dapat mengedukasikannya melalui kelompok-kelompok PKK dusun dan menyasar rumah tangga keluarga.

Terlebih lagi di masa pandemi, peranan Aku Hatinya PKK di keluraga memberikan pengaruh yang sangat besar dalam pemenuhan pangan keluarga.

“Itulah implementasi 10 program pokok PKK di Desa Kesiman Kertalangu, Kota Denpasar yang merupakan binaan TP PKK Kota Denpasar,” ujar Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa.

Selanjutnya tentunya kami, TP PKK Kota Denpasar tidak menutup kemungkinan juga akan dapat mengedukasi berbagai program yang sudah dikembangkan di Kota Bontang dan begitu sebaliknya semoga apa yang telah kami terapkan mampu menginspirasi TP PKK Kota Bontang dan nantinya dapat mengimplementasikan di Kota Bontang.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News