Goes To Kesanga Fest 2024
Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa saat membuka secara resmi Focus Group Discusion (FGD) Goes To Kesanga Fest 2024 yang ditandai dengan Membunyikan Kulkul, di Selasar Gedung Dharma Negara Alaya Kota Denpasar, Minggu (22/10/2023). Sumber Foto : Istimewa 

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa membuka secara resmi Focus Group Discusion (FGD) Goes To Kesanga Fest 2024 yang digagas Pasikian Yowana Kota Denpasar ditandai dengan Membunyikan Kulkul, di Selasar Gedung Dharma Negara Alaya Kota Denpasar, Minggu (22/10/2023). Kegiatan yang diikuti oleh seluruh Ketua STT se-Kota Denpasar ini bertujuan untuk menggali potensi serta ide kreatif yowana Kota Denpasar, khususnya dalam bidang seni ogoh-ogoh.

Hadir dalam kesempatan tersebut Sekda Kota Denpasar, Ida Bagus Alit Wiradana, Kadis Kebudayaan Kota Denpasar, Raka Puwantara. Selain itu, FGD ini juga menghadirkan narasumber dari berbagai unsur, yakni Budayawan Kota Denpasar, Komang Indra Wirawan yang akrab disapa Komang Gases, hadir pula Gede Anom Ranuara atau Guru Anom, Forum Bendesa Adat Kota Denpasar, Agung Wirya dan perwakilan Polresta Denpasar.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Buka Lokasabha V PHDI Kota Denpasar, Gelorakan Sepirit Vasudhaiva Kutumbakam Berikan Pelayanan Bagi Umat Hindu

Ketua Pasikian Yowana Kota Denpasar, AA Made Angga Harta Yana dalam laporannya menjelaskan, ogoh-ogoh merupakan sebuah karya seni yang hingga kini telah menjadi tradisi bagi masyarakat Bali. Di Kota Denpasar, rangkaian Hari Suci Nyepi tidak saja disii dengan aktivitas tradisi dan hari suci, kini telah berkembang kegiatan anak muda berbasis kreativitas bertajuk Kesanga Festival.

Lebih lanjut dijelaskan, dalam rangka menuju Kesanga Festival Tahun 2024, turut digelar Focus Group Discusi (FGD). Hal tersebut dilkasanakan sebagai bentuk evaluasi atas pelaksanaan kegiatan tahun sebelumnya. Mengingat, masih banyak hal yang harus terus dioptimalkan seiring kemajuan jaman saat ini.

Baca Juga :  Indonesia Siap Gelar Forum Air Dunia ke-10 dengan Praktik Pengelolaan Sampah Bertanggung Jawab

“Tentu harapan kami kegiatan ini dapat menjadi ajang untuk mengevaluasi dan mengembangkan pelaksanaan Kesanga Fest di Tahun 2024 mendatang, sehingga mampu terus mewadahi kreativitas anak muda Denpasar, khususnya untuk seni ogoh-ogoh,” ujarnya.

Sementara, Wakil Wali Kota Denpasar, I Kadek Agus Arya Wibawa mengapresiasi pelaksanaan kegiatan ini. Dimana, FGD ini diharapkan mampu menyamakan persepsi di kalangan sekehe teruna di Kota Denpasar. Hal ini utamanya berkaitan dengan pakem, tradisi dan fokus penilaian dalam pelaksanaan lomba ogoh-ogoh ini.

“Pak Wali Kota bersama kami di Pemerintah Kota Denpasar mendukung penuh kreativitas anak muda Kota Denpasar, terlebih ogoh-ogoh yang sudah dikenal hingga ke mancanegara dan menjadi ikon kreativitas menjelang Hari Suci Nyepi,” ujarnya.

Arya Wibaw berharap, melalui pelaksanaan Kesanga Festival ini seni ogoh-ogoh dapat berkembang lebih luas. Selain itu, kegiatan ini juga diharapkan mampu mendukung pengembangan ekonomi kreatif di kalangan sekehe teruna.

“Garis besarnya adalah seni ogoh-ogoh, namun sebagai daya tarik yang khas, seni ini dapat mendukung kemajuan ekonomi kreatif, cinderamata, UMKM hingga hiburan, inilah yang nanti dipadukan dalam Kesanga Fest sebagai momentum kolaborasi seni anak muda Kota Denpasar di bidang ogoh-ogoh,” ujar Arya Wibawa.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News