Temu Wirasa Krama Bandega
Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara saat menghadiri Temu Wirasa Krama Bandega atau Nelayan se-Kota Denpasar di Taman Inspirasi Muntig Siokan, Sanur, Jumat (6/10/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Pemerintah Kota Denpasar terus berkomitmen untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan. Hal ini dilaksanakan dengan berbagai program dan inovasi, mulai dari Pembentukan Perda Bendega hingga memberikan jaminan asuransi BPJS Kesehatan dan BPJS Ketenagakerjaan. Demikiam diungkapkan Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara saat menghadiri Temu Wirasa Krama Bandega atau Nelayan se-Kota Denpasar di Taman Inspirasi Muntig Siokan, Sanur, Jumat (6/10/2023).

Turut hadir dalam kesempatan tersebut, Kepala KSOP Kelas II Benoa, R. Sadeli, Sub Regional Head PT Pelindo Persero Regional Bali Nusra, Ali Sudikin, Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, Ida Bagus Mayun Suryawangsa, Kadis Sosial Kota Denpasar, I Gusti Ayu Laxmy Saraswati, Kadis Pertanian Kota Denpasar, A.A Ngurah Bayu Brahmasta, Ketua Forum Nelayan, Nyoman Dana Atmaja. Dalam kesempatan tersebut juga turut diserahkan Bantuan Sembako yang merupakan TJSL kepada seluruh Nelayan Kota Denpasar.

Baca Juga :  Kesanga Festival II Sukses, Wali Kota Jaya Negara Apresiasi Semangat Generasi Muda

Wali Kota Denpasar, I Gusti Ngurah Jaya Negara dalam kesempatan tersebut menjelaskan, pelaksanan Temu Wirasa Krama Bandega atau Nelayan ini dilaksanakan sebagai upaya mempererat dapat menyerap aspirasi permasalahan nelayan dengan tujuan meningkatkan kesejahteraan menuju Kota Kreatif Berbasis Budaya Menuju Denpasar Maju.

Lebih lanjut dijelaskan, pemberian bantuan bahan pangan sembako merupakan bentuk tanggungjawab sosial Indonesia (Persero) PT Pelabuhan Bali Nusa Tenggara kepada masyarakat wilayah pesisir khususnya nelayan. Bantuan ini diharapkan dapat meringankan beban dalam memenuhi kebutuhan hidup nelayan serta kondisi inflasi maupun cuaca yang kurang menguntungkan.

Baca Juga :  Kapenrem 163/Wira Satya Mendorong Peran Positif Media Massa dalam Pembangunan Demokrasi

“Selain bantuan sembako, kami di Kota Denpasar telah memiliki Peraturan Daerah Bendega yang akan menjadi dasar dalam pengambilan kebijakan, termasuk juga dalam rangka memberikan jaminan sosial dengan mengikutsertakan Nelayan sebagai peserta BPJS Kesehatan dan Ketenagakerjaan, serta pembangunan infrastruktur penunjang, semoga kedepan Nelayan di Kota Denpasar terus semangat dan tetap produktif dan sejahtera,” ujarnya.

Sub Regional Head PT Pelindo Persero Regional Bali Nusra, Ali Sudikin mengatakan, pelaksanaan kegiatan kali ini merupakan momentum kolaborasi antara PT Pelindo dengan Pemerintah Kota Denpasar. Hal ini utamanya dalam memberikan perhatian terhadap keberlangsungan nelayan di Kota Denpasar.

Baca Juga :  Peringatan Hari Otoda Nasional, Jaya Negara Menerima Dua Penghargaan Tanda Kehormatan Satyalancana Karya Bhakti Praja Nugraha dan Nilai Tinggi EPPD

“Tentunya kami berharap kegiatan ini dapat memberikan dukungan terhadap kemajuan nelayan di Kota Denpasar,” ujarnya.

Sementara Kadis Perikanan dan Ketahanan Pangan Kota Denpasar, Ida Bagus Mayun Suryawangsa mentatakan, pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk menginventarisasi kebutuhan nelayan di Kota Denpasar. Adapun jumlah bantuan yang diserahkan sebanyak 942 paket kepada 25 kelompok nelayan di Kota Denpasar.

“Semoga semua inovasi dan kebijakan ini dapat mendukung terciptanya produktifitas nelayan yang muaranya pada kesejahteraan,” pungkasnya.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News