Gasing
Trainer Buleleng Siap Imbaskan Metode Gasing ke Seluruh Satuan Pendidikan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Setelah mengikuti pelatihan program Pandai Berhitung Metode Gasing (Gampang, Asyik, dan Menyenangkan) yang digelar selama 15 hari, semua peserta bersemangat dan siap melaksanakan pengimbasan ke seluruh Satuan Pendidikan di seluruh Kabupaten Buleleng. Hal ini terungkap saat penutupan pelatihan di SDN 3 Banjar Jawa, pada Rabu (18/10/2023).

Dalam kesempatan ini, Kepala Disdikpora Kabupaten Buleleng, Made Astika menyampaikan bahwa setelah diadakan metode Gasing ini nantinya akan dilakukan pembentukan trainer baru di masing-masing sekolah sampai bulan Desember tahun 2023.

Baca Juga :  Ditinggal Kerja, Bocah 7 Tahun di Buleleng Disetubuhi Tetangga

Lebih lanjut, Kadis Astika mengatakan akan menargetkan sampai dengan bulan Maret tahun 2024 dalam pengimbasan metode Gasing kepada anak-anak didik. Hal tersebut dikarenakan semua sekolah khususnya tingkat Sekolah Dasar (SD) sudah memiliki trainer.

“Kedepannya, tahun 2024 siap diseminasi kepada seluruh peserta didik di sekolah. Metode ini akan diterapkan untuk meningkatkan nilai numerasi dari anak-anak kita semua. Sehingga dalam proses pembelajaran tidak ada lagi siswa yang menganggap matematika ini sebuah pembelajaran yang ditakuti,” tegasnya.

Sementara itu, Kepala Sekolah SDN 3 Sanggalangit, I Komang Surantika yang merupakan salah satu peserta mengakui kegiatan ini dapat menambah pengetahuan dan pengalaman terutama di bidang peningkatan berhitung dengan metode Gasing untuk semua guru serta stakeholder lainnya di satuan pendidikan.

“Tidak hanya metode berhitung yang didapatkan disini, tetapi banyak nilai-nilai yang ditanamkan oleh trainer. Salah satunya bagaimana kita mengajarkan metode berhitung dengan kasih sayang, tulus iklas dalam diri kita. Sehingga, aura positif kita sebagai pendidik akan bisa diterima oleh anak,” terangnya.

Baca Juga :  PJ Bupati Lihadnyana Ajak Seluruh Pihak Kembali Sukseskan Pilkada Serentak di Kabupaten Buleleng

Dalam Gasing ini dilakukan dengan beberapa metode diantaranya perkalian kuadrat serta pembagian cepat tanpa menggunakan orak orek sambil bernyanyi, berjoged dan bermain. (adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News