CR-V eHEV
Tes Konsumsi BBM di Bali, All New Honda CR-V RS e-HEV Tembus 22,6 km/L. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – All New Honda RS CR-V e:HEV melengkapi lini produk varian RS di Indonesia pada tahun 2023 ini. All New Honda CR-V RS e:HEV mulai didistribusikan kepada konsumen pada 6 Oktober 2023. Sejak diluncurkan, varian hybrid menjadi favorit konsumen, dimana berkontribusi sekitar 70% dari total pemesanan untuk model All New Honda CR-V di Indonesia.

All New Honda CR-V generasi keenam hadir sebagai SUV premium Honda. Sebagai model premium Honda, mobil ini menawarkan desain eksterior yang sporty dengan desain interior yang mewah, kenyamanan berkendara dengan sistem keselamatan Honda SENSING, teknologi konektivitas terdepan Honda CONNECT hingga performa bertenaga sekaligus ramah lingkungan.

Mengusung tema ‘Experience Visionary Lifestyle and Leisure Travel’, PT Honda Prospect Motor (HPM) mengajak para rekan-rekan media untuk merasakan performa berkendara, efisiensi bahan bakar serta berbagai fitur canggih All New Honda RS e:HEV di Pulau Bali pada 16–18 Oktober 2023.

Untuk merasakan secara langsung keunggulan dari Honda CONNECT, para jurnalis diajak untuk merasakan langsung salah satu fitur unggulan yaitu Find My Car. Fitur ini mempermudah pengguna untuk menemukan posisi kendaraan terkini maupun sedang terparkir. Untuk menyalakan mesin mobil, para jurnalis dapat menggunakan fitur Remote Vehicle Control.

Baca Juga :  Wawali Arya Wibawa Buka Lomba Mancing Air Deras di Aliran Bendungan Tukad Mati, Banjar Umadui

Selanjutnya, para jurnalis melakukan free driving menuju Tlaga Singha, Gianyar dengan rute yang dapat dipilih secara independen. Perjalanan ini menempuh jarak sejauh kurang lebih 38 kilometer dengan kondisi jalan yang normal dimana dalam kondisi jalan perkotaan ini penggerak mobil didominasi oleh motor listrik yang menghasilkan rendah emisi sekaligus efisiensi bahan bakar.

Kemudian saat rekan-rekan media melewati jalan bebas hambatan ketika berada di Tol Bali Mandara, sistem akan berganti secara independen ke engine drive disaat berkendara di kecepatan tinggi. Untuk membantu memonitor kecepatan saat mengemudi, pengguna dapat mengaktifkan fitur Speed Alert yang akan memberikan notifikasi kepada smartphone pengguna saat kendaraan melewati batas kecepatan yang telah ditentukan oleh pengguna.

Kemudian perjalanan dilanjutkan menuju Bali Hai Cruise yang berada di daerah Tanjung Benoa. Perjalanan dari Gianyar menuju Tanjung Benoa memiliki jarak kurang lebih sejauh 23 kilometer dimana perjalanan ini melewati jalan utama di daerah timur Bali.

CR-V eHEV
Tes Konsumsi BBM di Bali, All New Honda CR-V RS e-HEV Tembus 22,6 km/L. Sumber Foto : Istimewa

Pada hasil pengujian All New Honda CR-V RS e:HEV di hari pertama oleh media pada 16 Oktober 2023 berhasil mendapatkan tingkat konsumsi bahan bakar tertinggi 22,6 km/L. Hasil ini dicapai dengan jarak sekitar 61 kilometer rute Nusa Dua – Gianyar – Tanjung Benoa dan kondisi jalan tol serta non tol dan juga kondisi lalu lintas yang relatif lebih padat.

Baca Juga :  Buka Gendo Law Office Open Karate Championship 2024, Pj. Gubernur Bali Harap Kejuaraan Tumbuhkan Karakter Karateka Sejati 

Sementara pada pengujian yang dilakukan oleh tim internal Honda beberapa hari sebelumnya untuk tingkat konsumsi bahan bakar All New Honda CR-V RS e:HEV dapat dicapai adalah 25,6 km/l. Hasil ini dicapai dengan jarak serta rute yang sama dan dengan kondisi jalan yang juga sama namun dengan kondisi lalu lintas yang cenderung lebih lancar.

Yusak Billy selaku Sales & Marketing and After Sales Director PT. Honda Prospect Motor mengatakan bahwa, acara ini bertujuan untuk memberikan informasi yang lebih mendetail serta pengalaman pertama kalinya merasakan performa dari teknologi e:HEV Honda pertama di Indonesia.

“Melalui acara ini kami ingin menghadirkan pengalaman yang sangat positif bagi rekan-rekan media mengenai performa mobil, kenyamanan, fitur-fitur canggih serta teknologi ramah lingkungan yang kami tawarkan,” jelas Yusak Billy.

All New CR-V RS e:HEV menggunakan mesin berkapasitas 2.0-liter direct-injected 4-Cylinder Atkinson cycle DOHC dipadu dengan Electric Continuously Variable Transmission (E-CVT) dan baterai lithium-ion dengan kapasitas 1,06 kWh. Honda memberikan jaminan gratis penggantian baterai hingga 8 tahun atau 160 ribu kilometer. Secara total, kombinasi motor listrik dan mesin All New Honda CR-V menghasilkan tenaga maksimum 207 PS serta torsi maksimal sebesar 335 Nm.

Baca Juga :  Sasar Penyandang Disabilitas dan Lansia, Wawali Arya Wibawa Salurkan Paket Sembako Dari Kementerian Sosial
Honda CONNECT
Honda CONNECT. Sumber Foto : Istimewa

Teknologi e:HEV merupakan sistem yang bekerja secara otomatis dimana kedua motor listrik dan mesin bensin dapat beroperasi secara independen serta menghasilkan pengalaman berkendara yang efisien di berbagai situasi. Sistem manajemen daya yang efisien serta daya motor listrik yang menghasilkan penggunaan baterai yang lebih dominan dibandingkan bensin, sehingga mencapai efisiensi bahan bakar yang sangat baik dengan performa yang bertenaga.

Sistem e:HEV bekerja dalam 3 Driving System  yang terdiri dari EV Mode, Hybrid Mode dan Engine Mode yang secara otomatis akan berganti sesuai dengan kondisi jalan, pengendaraan, beban mesin dan cara mengendarai kendaraan. Dalam kondisi berkendara normal dengan beban mesin rendah, sistem akan menggunakan mode EV dimana hanya baterai yang menggerakan motor sehingga tidak ada konsumsi bensin yang digunakan dan tidak menghasilkan emisi.

Best Team Honda All new CR-V Media Driving Challenges
Best Team Honda All new CR-V Media Driving Challenges. Sumber Foto : tisb/pn

Saat mobil membutuhkan tenaga lebih untuk berakselerasi dengan lebih kuat, sistem akan menggunakan mode Hybrid dimana mesin bensin dan baterai bekerja bersamaan untuk menggerakkan motor listrik yang menghasilkan keseimbangan antara tenaga dan efisiensi bahan bakar. Saat berkendara dalam kecepatan tinggi, sistem akan menggunakan mode Engine Drive, dimana mesin secara penuh akan menggerakan roda untuk menghasilkan tenaga lebih besar.(tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News