TPA SUWUNG
Tanggap Darurat, Pertamina Peduli Dukung Percepatan Penanganan Kebakaran TPA Suwung. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Musibah kebakaran yang melanda Tempat Pembuangan Akhir (TPA) Suwung Kota Denpasar, Bali pada Kamis (12/10/2023). Kebakaran tersebut menyebabkan aktivitas pembuangan sampah harus dihentikan sementara.

Biasanya, TPA Suwung menerima 1.100 ton sampah dan 600 truk sampah masuk setiap harinya. Lokasi TPA Suwung berdekatan langsung dengan wilayah operasi PT Pertamina Patra Niaga Fuel Terminal Sanggaran. Peningkatan polusi udara sangat dirasakan oleh Fuel Terminal Sanggaran akibat asap yang berpengaruh pada ambien udara di sekitar perusahaan.

PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus melalui Sales Area Retail Bali dan Fuel Terminal Sanggaran mendukung percepatan penanganan kebakaran TPA Suwung. Kamis (19/10/2023) telah dilaksanakan penyerahan bantuan simbolis kepada Wali Kota Denpasar.

Bantuan tersebut berupa BBM untuk pemenuhan mobilisasi kendaraan penanganan kebakaran TPA Suwung unutuk estimasi tujuh sampai sembilan hari untuk jenis BBM Dexlite dan Pertamax. Selain itu diberikan pula bantuan berupa konsumsi makan siang untuk estimasi lima hari dengan total dua ratus kotak per hari. Kegiatan penyaluran bantuan BBM dilakukan melalui kerjasama mitra SPBU Pedungan 54.801.154 Jalan By Pas Ngurah Rai dimulai sejak 18 Oktober 2023.

Baca Juga :  Gerindra Mantap Dukung Tamba-Ipat, De Gadjah: Bukan Masalah Jika Non-Kader!

“Terima kasih kepada pihak Pertamina atas bantuan dan atensinya kepada Pemerintah Kota Denpasar, BPBD serta personil penanganan TPA Suwung. Bantuan ini sangat diperlukan mengingat cukup banyak kendaraan yang terlibat dalam pemadaman TPA Suwung serta sekitar 227 personil disiapkan bergantian membantu agar gas metan dapat dikendalikan sehingga tidak memunculkan api kembali,” terang Wali Kota Denpasar I Gusti Ngurah Jaya Negara.

Sebagai wujud aksi tanggap bencana di area wilayah operasional perusahaan, Fuel Terminal Sanggaran pun juga turut memantau area TPA Suwung karena arah angin dapat berubah dan berpotensi menuju area wilayah operasional perusahaan.

Baca Juga :  Astra Motor Bali Tingkatkan Skill Berkendara Komunitas Honda Lewat Safety Riding Refreshment

Sebelumnya, Fuel Terminal Sanggaran juga telah membantu dalam pendirian dan konsumsi posko pengungsian warga area TPA Suwung di Kelurahan Serangan bersama kelompok binaan CSR Forum Pengurangan Risiko Bencana (FPRB) Serangan.

“Kami bergerak cepat untuk membantu penanganan tanggap darurat kebakaran TPA Suwung ini. Besar harapan kami bantuan yang diberikan dapat bermanfaat untuk para stakeholder dan personil yang tergabung dalam Posko Penanganan Kebakaran TPA Suwung agar udara Bali dapat kembali bersih,” jelas Sales Area Manager Retail Bali, Endo Eko Satryo,.

Baca Juga :  PKK Kota Denpasar Gandeng Fakultas Kedokteran Gigi Mahasaraswati Denpasar, Aktifkan Meja Penyuluhan, Pemeriksaan Gigi dan Mulut di Tiap Posyandu

Area Manager Communication Relations & CSR PT Pertamina Patra Niaga Regional Jatimbalinus, Ahad Rahedi menambahkan penyaluran bantuan ini merupakan bentuk Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) perusahaan kepada masyarakat sekitar. Dalam hal ini perusahaan memberikan bantuan atas kebakaran yang terjadi di TPA Suwung sebagai salah satu wilayah yang berada di lokasi operasional perusahaan.

“Tentunya harapan kita bersama semoga dampak kebakaran ini dapat segera teratasi. Semoga kehadiran Pertamina Peduli untuk TPA Suwung ini bermanfaat bagi percepatan Denpasar kembali menghirup udara yang bersih,” tutup Ahad.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News