Suzuki SMK
Suzuki Gelar Lomba Keterampilan Siswa SMK, Berhadiah Mobil Ertiga. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam rangka mewujudkan program Suzuki Peduli Pendidikan khususnya SMK kelompok Teknologi dan Industri, PT Sejahtera Indobali Trada mengadakan Lomba Keterampilan Siswa SMK Jurusan Otomotif Teknik Kendaraan Ringan yang diikuti 11 SMK di Bali pada 23-24 Oktober 2023 di Suzuki Sejahtera Indobali Trada Teuku Umar.

Selaku Ketua Panitia, I Gede Juni Astawa, ST., menjelaskan, jika tahun-tahun sebelumnya Suzuki menyalurkan langsung donasi kepada SMK-SMK jurusan Otomotif Teknik Kendaraan Ringan, untuk tahun ini konsep donasi dirubah menjadi lomba untuk melihat sejauh mana potensi siswa SMK jurusan Otomotif Teknik Kendaraan Ringan di Bali.

“Untuk perserta masing-masing sekolah diwakili 1 siswa dan 1 guru, dari SMK PGRI 1 Denpasar; SMK PGRI 6 Denpasar; SMK Saraswati 2 Denpasar; SMK Rekayasa Denpasar; SMK Negeri 3 Tabanan; SMK Negeri 1 Tegallalang; SMK Negeri 3 Singaraja; SMK Negeri 1 Kuta Selatan; SMK Negeri Bali Mandara; SMK Negeri 1 Abang; dan SMK Negeri 1 Denpasar,” jelas Juni Astawa yang juga menjabat sebagai Service Representative Manager Suzuki Wilayah Bali.

Lebih lanjut kata Juni, dari total 11 SMK tersebut, akan dijaring lima besar masuk ke babak final untuk menentukan urutan juara. Untuk di Bali sendiri LKS SMK ini dilaksanakan oleh Suzuki Local Training Centre Sejahtera Indobali Trada Denpasar.

Baca Juga :  Astra Motor Bali Kembali Gelar Journalist Competition 2024 dengan Hadiah Jutaan Rupiah

“Juara I akan mendapatkan 1 Unit Mobil Ertiga, Juara II mendapatkan 1 Unit Engine Shot Training, Juara III mendapatkan 1 Unit Transmisi AT Training; Juara IV mendapatkan 1 Unit Differential Training, dan Juara V mendapatkan 1 Set Headlamp Training,” ungkap Juni Astawa.

Selaku Kepala Wilayah Suzuki Bali, Mas Hendrawan menambahkan, yang melatarbelakangi sampai terlaksananya acara seperti ini adalah untuk memberikan donasi ke Sekolah Menengah Kejuruan (SMK) jurusan Otomotif Teknik Kendaraan Ringan serta memperkenalkan lebih luas nama brand Suzuki khususnya di wilayah Bali.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Jadi Narasumber Rakor Tanggap Ancaman Narkoba, Ingatkan Pentingnya Sinergitas Masyarakat dan Pemerintah Sebagai Langkah Pencegahan

“Pelaksanaan kegiatan ini untuk memajukan pendidikan dalam bidang otomotif sekaligus untuk melakukan seleksi agar bisa mengetahui sejauh mana potensi siswa SMK jurusan Otomotif Teknik Kendaraan Ringan, yang mana kedepannya untuk memudahkan mencari ataupun perekrutan teknisi. Semoga kegiatan semacam ini bisa dilaksanakan secara continue atau berkesinambungan,” tutur Mas Hendrawan.

Setelah melalui tahap final, urutan juara sebagai berikut :

  1. Juara I: SMK N Bali Mandara, Siswa: I Wayan Murdana, Guru Pembimbing: Si Komang Ngurah Widana Putra, ST.
  2. Juara II: SMK Rekayasa Denpasar, Siswa: Pande Made Sudana, Guru Pembimbing: I Wayan Suana.
  3. Juara II: SMKN 1 Abang, Siswa: I Ketut Adi Prenata, Guru Pembimbing: Nengah Edy Himawan.
  4. Juara IV: SMKN 1 Denpasar, Siswa: Emanuel I Putu Fabian Kusuma Winata, Guru Pembimbing: A.A Ngr. Bagus Carma.
  5. Juara V: SMKN 1 Kuta Selatan, Siswa: I Made Wirasana Merta, Guru Pembimbing, I Nyoman Gede Pranata.
Baca Juga :  Kober Mie Kaliasem Hadirkan Nasi Goreng Ramah di Kantong, Serta Undian Berhadiah Vespa

Sebelum dilaksanakan di Bali, konsep donasi seperti ini sudah pernah dilaksanakan di Semarang, Sulawesi, dan Bandung. (tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News