MotoGP
Sinergi BUMN dan Swasta untuk Sukseskan Balapan Indonesian GP di The Mandalika. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, NTB – Momentum yang sangat dinantikan oleh pecinta olahraga balap motor di seluruh dunia semakin mendekat. Pertamina Grand Prix of Indonesia (Indonesian GP) 2023 segera tiba, dan para penggemar sudah tidak sabar untuk menyaksikan aksi balap di Sirkuit Mandalika, Lombok Tengah, Nusa Tenggara Barat pada 13-15 Oktober 2023. Para riders melakukan pawai di Kota Mataram dan menyapa langsung masyarakat yang antusias menanti aksi mereka di Pertamina Mandalika International Circuit.

Berbagai proses persiapan hingga pre-event jelang balapan di Sirkuit Mandalika tak lepas dari dukungan berbagai pihak, mulai dari pemerintah, Badan Usaha Milik Negara (BUMN), hingga badan swasta.

Dukungan tersebut mengalir dari Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni Pertamina, BNI, Bank Mandiri, PLN, BTN, Telkom Indonesia, Telkomsel, dan Taspen. Selain itu dukungan juga diberikan oleh pihak swasta seperti Aprilia, Astra Honda Motor (AHM), dan KYT.

Direktur Operasi Indonesia Tourism Development Corporation (ITDC), Troy Reza Warokka mengatakan dukungan dari pemerintah dan BUMN merupakan bukti komitmen bersama untuk menyukseskan  gelaran MotoGP Mandalika. Dia juga mengapresiasi dukungan pihak swasta yang turut menopang kelancaran persiapan, event tambahan, hingga puncak race nanti.

““ITDC sebagai pengelola KEK Mandalika telah melakukan persiapan kawasan seperti pembangunan dan penyempurnaan infrastruktur jalan kawasan sepanjang 35 km, kantong-kantong parkir 7.888 kapasitas (mobil & motor), gate kawasan, layanan transportasi dan pengaturan arus lalu lintas untuk memudahkan akses penonton event MotoGP 2023 yang kami pastikan lebih baik dari event sebelumnya. Selain itu kami juga melengkapi fasilitas di kawasan dengan membangun Masjid Al-Hakim, Kuta Lane dan Bazaar Mandalika yang merupakan salah satu wujud apresiasi bagi masyarakat untuk menampilkan produk-produk UMKM. Ke depan kami akan terus mengembangkan fasilitas pendukung di kawasan yang dapat menguatkan KEK The Mandalika sebagai destinasi utama sport tourism di Indonesia,” tuturnya.

Pawai Pebalap Dunia, Menyapa Masyarakat NTB

Dalam Riders’ Parade yang digelar 11 Oktober 2023, sejumlah riders ikut ambil bagian untuk melintasi dan menyapa langsung masyarakat di Kota Mataram. Hadir dalam pawai tersebut Alex Marquez dari Gresini Racing MotoGP, Filip Salac dan Jeremy Alcoba dari QJMOTOR Gresini Moto2, Ai Ogura dan Somkiat Chantra dari IDEMITSU Honda Team Asia, Stefano Nepa dari Angeluss MTA Team, Daniel Holgado dari Red Bull KTM Tech3, Jaume Masia dari Leopard Racing, Jose Antonio Rueda dari Red Bull KTM Ajo, Collin Veijer dari Liqui Moly Husqvarna Intact GP, serta tak ketinggalan pembalap tuan rumah Mario Suryo Aji dari Honda Team Asia.

Baca Juga :  PLN Sukses Hadirkan Listrik Aman Selama Masa Libur Idul Fitri 2024 di Bali

Direktur Utama PT MGPA Nusantara Jaya (MGPA), Priandhi Satria mengatakan Riders’ Parade tersebut berjalan lancar. Hal itu terlihat dari antusiasme masyarakat yang setia menanti sejak pagi hingga acara selesai untuk memberikan dukungan langsung kepada para riders.

“Indonesian Grand Prix 2023 adalah momen bersejarah bagi Indonesia dan dunia balap motor. Kami sangat senang melihat antusiasme dari para penggemar yang telah menanti perhelatan ini, sekaligus menjadi momen apresiasi juga untuk masyarakat setempat yang sudah mendukung ajang Moto GP Mandalika sejak pertama digelar tahun lalu. Kita lihat para riders juga begitu senang dengan semangat yang diberikan masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga :  Kembali Bertambah Konektivitas India, Indigo Airlines Beroperasi Perdana di Bandara I Gusti Ngurah Rai

Adapun pawai itu dimulai dengan persiapan pada pukul 12:30 WITA. Para pembalap kemudian bergerak dari Kantor Polda NTB menuju Kantor Gubernur NTB sejauh 3,1 km dengan mengambil rute antara lain melewati Jalan Langko dan Jalan Pejanggik yang dipenuhi oleh masyarakat di kedua sisinya.

Di dekat garis finish, yakni Taman Sangkareang, para riders tidak lupa memberikan tanda dengan dengan melakukan atraksi burn out. Aksi tersebut langsung disambut meriah masyarakat yang berada di lokasi. Selain itu, turut memeriahkan pawai tersebut, dua komunitas sepeda motor setempat.

Adapun sebelum rangkaian acara berakhir, para riders menyempatkan diri untuk berfoto bersama di area depan Kantor Gubernur NTB sambil kompak meneriakkan ‘Kami kembali, Indonesia! We bring the power back!’.

Baca Juga :  Mobil Listrik Tambah Banyak, PLN Siagakan 1.124 SPKLU Tersebar untuk Para Pemudik

Persiapan Akhir

Terkait persiapan akhir Indonesian GP 2023, Dirut MGPA Priandhi Satria menjelaskan seluruhnya sudah hampir rampung 100%, yang mencakup persiapan sirkuit, paddock, dan pit lane balapan.

Pelatihan para marshal atau petugas yang membantu di dalam sirkuit saat balapan berlangsung juga terus dimatangkan. Adapun, pelatihan tersebut akan dilakukan langsung oleh FIM dan IMI.

Pelatihan tersebut telah dimulai pada Senin, 9 Oktober 2023, dengan melibatkan 35 marshal. Untuk 3 hari berikutnya hingga 12 Oktober 2023, atau sehari jelang sesi latihan bebas dimulai, pelatihan tersebut akan diikuti oleh 380 marshal.

Selain persiapan di dalam sirkuit, persiapan untuk area penunjang seperti area parkir, panggung hiburan, dan tenda UMKM juga hampir rampung. Pihak penyelenggara memastikan seluruh persiapan berjalan lancar demi kepuasan penonton yang hadir menyaksikan Indonesian GP 2023.

“Persiapan non-race, termasuk untuk side event sudah hampir rampung. Jadi kami pastikan semuanya selesai saat para penonton mulai datang ke Sirkuit Mandalika sehingga mendapat pengalaman terbaik dalam ajang Indonesian GP 2023,” kata Presiden Direktur Dyandra&Co., Daswar Marpaung.

Informasi lebih lanjut mengenai Indonesian GP 2023 – Pertamina Grand Prix of Indonesia kunjungi situs www.themandalikagp.com serta akun Instagram @themandalikagp.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News