Clean Up Pantai
Rangkaian HUT ke – 12, Civitas Akademika FKP Unud Lakukan Transplantasi Terumbu Karang dan Beach Clean Up di Pantai Pandawa. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Terumbu karang menjadi rumah bagi ribuan biota laut, baik sebagai tempat mencari makan, habitat, tempat memijah, dan tempat berlindung dari predator. Namun demikian kondisi Kesehatan terumbu karang telah mengalami penurunan dalam 10 tahun terakhir karena peningkatan aktivitas antropogenik. Salah satu cara untuk memperbaiki kondisi tutupan terumbu karang yang telah mati adalah dengan melakukan transplantasi.

Pada Senin (9/10/2023), bertempat di Pantai Pandawa, civitas akademika Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) universitas Udayana yang terdiri dari jajaran dekanat, dosen, tenaga kependidikan, dan mahasiswa melaksanakan transplantasi terumbu karang dan bersih-bersih daerah pesisir di sekitar Pantai Pandawa. Adapun bibit karang yang ditanam adalah sejumlah 100 yang disumbangkan oleh mitra FKP yaitu PT Tanjung Sari Akuarium dan KPHKN. Kegiatan ini dilaksanakan sebagai rangkaian acara dalam memperingati hari ulang tahun FKP yang ke–12 dengan tema Dvasasa Abhyakta: bersinergi membangun prestasi. FKP merupakah fakultas termuda di lingkungan Universitas Udayana, namun demikian selama 12 tahun berdiri, FKP telah banyak menorehkan prestasi baik dalam bidang penelitian dan pendidikan di bidang Kelautan dan Perikanan.

Baca Juga :  Semarak Hardiknas, Pokja Bunda PAUD Kota Denpasar Sapa Siswa TK di Denut dan Denbar

Secara terpisah, Dekan FKP, Prof. Dr. Ir. I Wayan Nuarsa, M.Si menyampaikan bahwa FKP telah secara rutin terjung langsung melakukan transplantasi karang di beberapa tempat seperti Pantai Pandawa, Pantai Lipah, dan Pantai Jemeluk serta bersih-bersih Pantai sperti di Pntai Timbis, Pantai Kelan, Pantai Melasi, dan Pantai Gunung Payung. Kegiatan tersebut juga merupakan wujud nyata komitmen FKP dalam menjaga kelestarian lingkungan pesisir dan laut.

“Transplantasi ini hanyalah Langkah awal dan investasi jangka Panjang. Tantangan dalam menjaga lingkungan pesisir dan laut terletak dalam memastikan keberlangsungan serta keberlanjutan hidup bibit karang yang ditanam, oleh karena itu monitoring secara berkala perlu dilakukan pada lokasi penanaman tersebut,” tutupnya.

Baca Juga :  Sambut Hari Pendidikan Nasional, PLN Beri Edukasi Siswa-siswi SMKN 1 Nganjuk di Bali

Dengan rangkaian hari ulang tahun ke 12 ini, FKP Unud terus berupaya untuk membentu sinergi dan kolaborasi kepada berbagai pihak untuk secara bersama-sama membentuk inovasi dan prestasi membangun negeri. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News