PKBM Widya Sentana
PKBM Widya Sentana Raih Akreditasi A, Satu-satunya di Kabupaten Badung. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Sesuai Keputusan Ketua Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar dan Pendidikan Menengah Nomor: 023/BAN/PDM/SK/2023 tentang Penetapan Hasil Akreditasi Satuan Pendidikan Anak Usia Dini dan Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat Provinsi Bali Tahap I Tahun 2023 tanggal 23 Agustus 2023, Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM) Widya Sentana yang berlokasi di Br. Batuculung No.6 Kerobokan Kaja, Kuta Utara, Kabupaten Badung, Bali, berhasil meraih akreditasi A, menjadikannya satu-satunya PKBM yang meraih akreditasi A di Kabupaten Badung.

Akreditasi A yang diberikan oleh Badan Akreditasi Nasional Pendidikan Nonformal dan Informal (BAN-PNF) menunjukkan komitmen tinggi dari PKBM Widya Sentana dalam memberikan pendidikan nonformal dan informal berkualitas kepada masyarakat di Kabupaten Badung.

Baca Juga :  Fasilitasi Pendaftaran HAKI, Sekda Dewa Made Indra Harap Terbangun Lembaga Kolaboratif Yang Mewakili Seluruh Sektor

Saat dikonfirmasi, Selasa (10/10/2023), Pembina Yayasan Widya Sentana, Dr. Luh Putu Arsih Karnadi, SE., AK., M.Pd., M.AP., merasa sangat bangga dengan pencapaian ini.

“Kami sangat bersyukur dan berterima kasih kepada seluruh tim, guru, peserta didik, dan pihak terkait yang telah bekerja keras untuk mencapai akreditasi A ini. Ini adalah bukti bahwa pendidikan berkualitas dapat diakses oleh semua kalangan di Kabupaten Badung,” tutur Dr. Putu Arsih.

Pencapaian akreditasi A bukanlah hal yang mudah. PKBM Widya Sentana telah menjalani serangkaian penilaian yang ketat oleh tim akreditasi BAN-PNF, seperti menyiapkan delapan standar pendidikan yang ada di SISPENA (Sistem Aplikasi Penilaian Akreditasi yang Berbasis Web) serta menyiapkan berkas-berkas sesuai dengan standar yang telah ditentukan kemudian dilakukan visitasi dan validasi oleh asesor.

Dr. Putu Arsih menambahkan, PKBM Widya Sentana sebelumnya sudah pernah terakreditasi dengan hasil B (Baik) pada tahun 2017. Kemudian di tahun ini melakukan re-akreditasi dan mendapatkan hasil A.

Baca Juga :  Tingkatkan Semangat Belanja Lokal, Semarak "Jumat Ceria" di Badung Berkolaborasi dengan Musyawarah Nasional Perempuan 2024

“Dengan menyandang akreditasi A, itu artinya PKBM Widya Sentana bisa meningkatkan kualitasnya dalam administrasi dan manajemen sekolah,” tegas Dr. Putu Arsih.

Dengan meraih akreditasi A, Dr. Putu Arsih berharap PKBM Widya Sentana terus memberikan pelayanan terbaik kepada masyarakat yang putus sekolah dan masyarakat lebih percaya untuk bersekolah kembali.

“Semoga pencapaian ini juga menjadi motivasi bagi PKBM lainnya di Kabupaten Badung khususnya untuk memberikan pendidikan terbaik bagi masyarakat,” harap Dr. Putu Arsih didampingi Ketua PKBM Widya Sentana, Nyoman Astadi Jaya Pramana, S.Sn., beserta Wakil Ketua PKBM Widya Sentana, Putu Dina Yuniarini, SE., S.Psi., MPd.

Baca Juga :  Semarak Hardiknas, Pokja Bunda PAUD Kota Denpasar Sapa Siswa TK di Denut dan Denbar

Seperti diketahui, akreditasi bagi setiap satuan pendidikan sangatlah penting untuk mengukur lembaga atau program memiliki kualitas yang memadai sesuai dengan standar yang telah ditetapkan.

Akreditasi A PKBM Wida Sentana merupakan bukti bahwa pendidikan berkualitas dapat diakses oleh semua lapisan masyarakat, tanpa terkecuali. Kabupaten Badung kini memiliki satu-satunya PKBM yang mendapatkan pengakuan tertinggi dalam bidang pendidikan nonformal dan informal, membawa harapan akan masa depan yang lebih cerah bagi seluruh warganya.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News