Pertamuda
Pertamuda Workshop Series #4 di ITB disambut antusias mahasiswa Bandung. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANDUNG – Ratusan mahasiswa dari berbagai kampus di Indonesia antusias mengikuti Workshop Series#4 Pertamina Muda yang digelar secara hybrid PT Pertamina (Persero) di Aula Timur ITB, Kamis (26/10/2023).

Acara yang dihadiri sekitar 250 peserta offline dan 900 peserta online ini menggandeng Lembaga Pengembangan Inovasi dan Kewirausahaan (LPIK) dan Direktorat Kemahasiswaan (Ditmawa) ITB.

Workshop seri keempat atau terakhir Kompetisi Ide Bisnis Pertamina Muda (Permuda) kali ini mengambil tema ‘Maintaining Brand Value: Competitive and Fair Strategy’ dengan menghadirkan tiga narasumber utama yakni Brand General Manager Eiger Tropical Adventure, Mario Pratama, Vice Presiden Corporate Communication PT Pertamina Persero, Fadjar Djoko Santoso, dan Dosen Prodi Komunikasi Visial FSRD ITB, Agung Eko Budiwaspada.

Secara bergantin para narasumber memberikan pemahaman tentang strategi pemasaran yang adil namun tetap kompetitif, serta manajemen krisis merek di tengah persaingan yang semakin ketat.

Baca Juga :  Kursus Pembina Pramuka Mahir Tingkat Lanjutan (KML) Badung Tingkatkan Kualitas Pembinaan Generasi Muda

Manager Non Goverment Stakeholder Relation PT Pertamina (Persero), Probo Prasiddhahayu  mengungkapkan , sebagai bentuk dukungan terhadap perkembangan startup dan lahirnya wirausaha muda di Indonesia, Pertamina (Persero) menggelar Kompetisi Ide Bisnis Pertamuda Seed and Scale.

Sebagai pendukung dan penguat kompetisi, Pertamina juga menggelar workshop series, sebanyak empat kali dengan menghadirkan tema beragam.

Menurut Probo, harapan Pertamina melalui materi workshop tersebut dapat memberikan wawasan berharga kepada peserta untuk meningkatkan daya saing produk dan layanan mereka di pasar yang semakin dinamis.

Selain itu sebagai upaya PT Pertamina (Persero) untuk terus mendukung ekosistem wirausaha muda di Indonesia, serta membantu mereka dalam memahami strategi yang diperlukan untuk mempertahankan dan meningkatkan nilai merek dalam lingkungan bisnis yang kompetitif saat ini.

Baca Juga :  Kinerja Industri Jasa Keuangan Provinsi Bali dan Nusa Tenggara Tetap Resilien dan Terjaga Stabil

“Pertamuda Workshop Series ini menjadi wadah yang tepat untuk memfasilitasi komunikasi antara Pertamina sebagai pelaku industri dengan kalangan akademisi mahasiswa, dan memungkinkan pertukaran informasi mengenai perkembangan di industri, serta membina sinergi antara dunia industri dan perguruan tinggi,” ujar Probo.

Dalam kesempatan tersebut, Probo  mengajak seluruh mahasiswa di Indonesia untuk segera mendaftar Pertamuda.

“Kami sudah berikan perpanjangan waktu pendaftaran hingga 2 November 2023, untuk mengakomodir permintaan adik-adik mahasiswa dan sejumlah kampus. Jadi segera mendaftar dan melengkapi berkasnya melalui www.pertamuda.id,” ujarnya.

Mario Pratama sebagai narasumber pertama dalam paparannya mengungkapkan,  bahwa mempertahankan nilai-nilai merek dan strategi yang adil bukanlah upaya yang dilakukan satu kali saja. Diperlukan komitmen berkelanjutan yang diselaraskan dengan filosofi merek yang jelas dan kuat sehingga merek tetap berdiri tegak, dapat diterima oleh audiens, dan mampu berkembang dalam jangka panjang.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Catat Lonjakan Trafik Data 17% selama Idul Fitri 1445 H

Kemudian, Workshop Series dilanjutkan oleh Agung Eko Budi Waspada. Dosen ITB yang mumpuni di bidang Desain Komunikasi. Segudang pengalaman ditorehkan oleh Agung termasuk salah satunya sebagai perancang desain logo brand Elnusa tahun 2013.

Dalam pemaparan materinya, Agung mengajarkan audience workshop untuk melihat brand value dari perspektif teori yang praktis. Dimana memahami brand tidak harus selalu terlibat terlebih dahulu namun bisa tersambung dengan urgensi dalam program branding untuk membangun bisnis yang dapat berkompetisi secara sehat dengan memanfaatkan media.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News