Hari Rabies Sedunia
Peringati Hari Rabies Sedunia, Pemkab Jembrana Gelar Sosialisasi dan Vaksinasi Rabies. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEMBRANA – Dalam rangka memperingati World Rabies Day (Hari Rabies Sedunia), Pemkab Jembrana melalui Dinas Pertanian dan Pangan menyelenggarakan program sosialisasi dan vaksinasi rabies, Sabtu (7/10/2023) yang dipusatkan di Desa Tukadaya, Kecamatan Melaya, Kabupaten Jembrana.

Sosialisasi diberikan tidak hanya kepada orang dewasa tetapi juga anak-anak seperti yang dilakukan di SDN 3 Tukadaya.

Peringatan World Rabies Day ini bertujuan untuk meningkatkan kesadaran semua pihak akan bahayanya penyakit rabies yang kalau tidak ditangani dengan benar sesuai SOP bisa menyebabkan kematian pada manusia.

Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Kabupaten Jembrana, I Wayan Sutama mengatakan sosialisasi yang diberikan berupa KIE (Komunikasi Informasi Edukasi) terkait penanganan dan pencegahan penyakit menular rabies.

Baca Juga :  Pemkab Jembrana Gelar Apel Peringati Hari Otonomi Daerah Ke-28

“Dengan kegiatan ini diharapkan masyarakat mendapatkan informasi yang tepat sehingga dapat menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya pencegahan, pengendalian dan pemberantasan penyakit hewan menular,” ujarnya.

Selain sosialisasi, peringatan World Rabies Day di Kabupaten Jembrana juga diisi dengan vaksinasi kepada hewan secara keliling. Hal itu disampaikan Kepala Bidang Kesehatan Hewan pada Dinas Pertanian dan Pangan, drh. I Wayan Widarsa.

“Ini juga sebagai bentuk pencegahan rabies yang tentu juga rutin kami lakukan. Perlu diketahui, khusus dalam peringatan World Rabies Day kali ini, tim vaksinator kami berhasil melakukan vaksinasi rabies sebanyak 178 vaksin anjing dan 27 vaksin kucing,” jelasnya.(ang/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News