Hari Kesaktian Pancasila
Jajaran ASN Lapas Tabanan Ikuti Upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Jajaran Aparatur Sipil Negara (ASN) Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Tabanan dan Warga Binaan Pemasyarakatan (WBP) berkumpul di Halaman Lapas Tabanan, guna mengikuti kegiatan upacara Peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023, Senin (2/10/2023).

Bertindak selaku inspektur upacara yaitu Kalapas Tabanan, Heri Aris Susila. Dalam amanatnya, Heri Aris membacakan sambutan Menteri Hukum dan Hak Asasi Manusia (Menkumham) Republik Indonesia (RI), Yasonna H. Laoly, dalam upacara peringatan Hari Kesaktian Pancasila Tahun 2023, di Lingkungan Kementerian Hukum dan HAM, dengan tema “Pancasila Pemersatu Bangsa Menuju Indonesia Maju”.

Baca Juga :  Bunda PAUD Tabanan Resmikan Gedung TK Negeri Marga

Disebutkan, bahwa Indonesia adalah negara yang dikenal dengan kekayaan dan keberagaman, baik itu agama, ras, suku, serta adat istiadat. Hal inilah yang membuat Pancasila bisa jadi ideology, yang dapat menjaga persatuan dan kesatuan melalui nilai yang tercantum dalam Pancasila. Peringatan Hari Kesaktian Pancasila perlu dijadikan momentum untuk merefleksikan hal-hal yang telah dan harus kita lakukan, untuk menjadikan Indonesia sebagai bangsa yang tangguh pada masa kini dan masa yang akan datang.

“Saya mengajak seluruh keluarga besar Kementerian Hukum dan HAM jadi teladan dan contoh dalam mengaktualisasikan nilai-nilai Pancasila. Bergerak aktif memperkokoh nilai-nilai Pancasila, dalam mewujudkan Indonesia maju dan cita-cita Proklamasi Kemerdekaan Indonesia. Maknai Kesaktian Pancasila dengan menumbuhkan jiwa nasionalisme dan patriotisme, mulai dari diri sendiri. Pancasila membuat perbedaan menjadi kekayaan. Pancasila merajut keragaman jadi keindahan, dan Pancasila itu menyatukan perbedaan,” demikian sepenggal isi sambutan dari Menkumham RI.

Baca Juga :  Purnama Sasih Jiyestha, Bupati Tabanan Sembahyang Bersama di Padmasana Kantor Bupati dan Pura Luhur Batukau

Sementara, Heri Aris Susila mengajak seluruh petugas dan juga warga binaan agar dapat memaknai arti dari Hari Kesaktian Pancasila yang diperingati.

“Mari rekan-rekan petugas semua, dan juga teman-teman warga binaan, agar kita dapat memaknai Hari Kesaktian Pancasila dengan selalu mengamalkan nilai-nilai Pancasila. Melalui peringatan Hari Kesaktian Pancasila setiap tahun, mari kita jadikan sebagai upaya melestarikan, mengamalkan, mengembangkan, dan mempromosikan Pancasila sebagai dasar negara dan pandangan hidup bangsa Indonesia,” serunya.(ita/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News