Tukik
Jaga Kelestarian Alam, Bandara I Gusti Ngurah Rai Lakukan Bersih Pantai dan Pelepasan Tukik di Pantai Kelan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, MANGUPURA – Sebagai salah satu upaya mewujudkan misi Perusahaan yakni memberikan kontribusi positif terhadap lingkungan sekaligus dalam rangka memperingati Hari Habitat Sedunia bertemakan ‘Conservation for Our Environment’, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai melaksanakan kegiatan bersih pantai dan pelepasan 126 ekor tukik atau anak penyu di Pantai Kelan, Kabupaten Badung, Jumat (27/10/2023). Sebanyak 330 karyawan PT Angkasa Pura I Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai terlibat dan berpartisipasi pada kegiatan ini.

General Manager Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai – Bali, Handy Heryudhitiawan, menyatakan bahwa Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai berkomitmen untuk selalu menjaga lingkungan hidup utamanya di lingkungan bandara.

Baca Juga :  Disdikpora Badung Matangkan Teknis PPDB 2024/2025 melalui Sosialisasi kepada Kepsek SD dan SMP Negeri

“PT Angkasa Pura I memiliki tanggung jawab untuk menjaga keberlangsungan hidup alam sekitar, karena kita sadar bahwa kelestarian alam akan berdampak langsung pada kegiatan operasional bandara,”  katanya.

Pada kegiatan pelepasan tukik, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Bali bekerja sama dengan Kelompok Konservasi Penyu Bulih Bali Tanjung Benoa dan Turtle Conservation and Education Centre (TCEC) Serangan. Jenis tukik atau anak penyu yang dilepaskan adalah Penyu Lekang (Lepidochelys olivacea). Tujuan pelepasan tukik ke pantai adalah sebagai upaya konservasi terhadap penyu yang populasinya semakin mengecil akibat penangkapan dan penjualan ilegal.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Catat Lonjakan Trafik Data 17% selama Idul Fitri 1445 H

I Kadek Wiadnyana selaku perwakilan dari Kelompok Konservasi Penyu Bulih Bali, menyampaikan apresiasinya kepada Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai atas terselenggaranya kegiatan ini.

“Untuk menjaga kelestarian penyu, dibutuhkan lembaga-lembaga konservasi karena penyu merupakan hewan yang rentan dan sulit untuk bereproduksi. Untuk itu kami ucapkan terima kasih sebesar-besarnya atas dukungan yang telah diberikan kepada kami,” ucapnya.

“Dengan terselenggaranya kegiatan bersih pantai dan pelepasan tukik ini, kami berharap dapat memupuk semangat bagi seluruh insan Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai untuk berpartisipasi aktif dalam menjaga kelestarian lingkungan. Selain itu, kami juga mengajak seluruh masyarakat untuk turut serta menjaga kebersihan lingkungan di sekitar kita,” pungkas Handy.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News