Pameran Ekspor Nasional TEI Ke-38
IKM Unggulan Kota Denpasar Ikuti Pameran Ekspor Nasional TEI Ke-38 di Tangerang. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Kegiatan pameran Trade Expo Indonesia (TEI) kembali digelar. Pada penyelenggaraan ke-38 tahun 2023 ini, setidaknya ada beberapa IKM unggulan Kota Denpasar ikut terlibat di dalamnya. Wakil Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ny. Ayu Kristi Arya Wibawa berkesempatan meninjau pelaksanaan pameran yang diadakan di kawasan di Indonesia Convention Exhibition (ICE) BSD Tangerang, Banten pada Rabu (18/10/2023). Hadir pula secara langsung pada acara itu, Menteri Koordinator Bidang Perekonomian RI, Airlangga Hartanto.

Adapun tema yang diusung pada gelaran tahun ini adalah “Sustainable Trade for Global Economic Resilience 2023”.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Lepas Peserta Pekan Daerah KTNA Denpasar, Berikan Motovasi Dukung Percepatan Pembangunan Sektor Pertanian dan Perikanan

Selain kegiatan pameran barang ekspor, TEI ini diagendakan juga sebagai ajang promosi di sektor perdagangan, pariwisata dan investasi, untuk mendorong kembali kinerja ekspor Indonesia di tengah tantangan dan persaingan global.

Menteri Koordinator Bidang Perekonomian, Airlangga Hartanto, di lokasi kegiatan mengatakan, pertumbuhan ekonomi Indonesia pasca Covid-19 terus dilakukan, oleh pemerintah agar geliat perekonomian mulai bangkit kembali. Melalui kegiatan ini, diharapkan para eksportir dari berbagai negara bertemu dan berinteraksi dengan para pembeli atau buyer. TEI Tahun ini juga membuka peluang bagi pasar dan UMKM yang ada di Indonesia bisa mempromosikan hasil usahanya di kancah internasional.

Baca Juga :  Stabilitas Industri Jasa Keuangan di Bali Terjaga di Tengah Tantangan Ekonomi Global

“TEI ke-38 tahun 2023 ini menghadirkan setidaknya 7 sektor produk dan jasa premium yang akan dihadiri lebih dari 6.000 buyer dari 150 Negara. Kegiatan diikuti oleh 1.200 pelaku usaha dengan 8.300 buyer dan 25.000 pengunjung secara offline, serta sejumlah 33.000 peserta secara online,” jelasnya.

Menurut Wakil Ketua Dekranasda Kota Denpasar, Ayu Kristi, kegiatan pameran ini bisa membantu UMKM di Bali, khususnya Kota Denpasar untuk bisa memperkenalkan lagi produknya agar semakin berkembang hingga ke mancanegara.

“Adanya Trade Expo ini diharapkan mampu bagi UMKM di Bali, khususnya Kota Denpasar untuk mempromosikan usahanya sampai ke mancanegara, disinilah kesempatan nya untuk bisa meraih peluang ekspor,” ungkapnya.

Ayu Kristi menyebut, peluang Kota Denpasar untuk melaju ke sektor ekspor sangat besar, karena 3 IKM binaan Disperindag Kota Denpasar yakni Bali Alus, Kianna Butik, dan Kanipara Silver mampu menonjolkan ciri khas budaya Bali ke masyarakat luas.

“Ajang TEI juga kita harapkan akan mampu menciptakan diversifikasi dan perluasan pasar, sehingga bisa ditingkatkan terutama UMKM indonesia agar bisa bertumbuh dalam rantai pasok global.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News