Gracious Project
Hyperlocal Tokopedia membantu pelaku usaha kecantikan dan perawatan tubuh di Bali memulai dan membangun bisnis lewat pemanfaatan teknologi. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Tokopedia, perusahaan teknologi Indonesia sekaligus bagian dari Grup GoTo, terus membantu pelaku usaha di Indonesia menciptakan peluang tanpa hambatan lewat inisiatif Hyperlocal. Upaya ini sejalan dengan salah satu komitmen ESG GoTo Tiga Nol (Three Zeros), yaitu nol hambatan (Zero Barriers).

Direktur Corporate Affairs Tokopedia, Nuraini Razak mengatakan, berbagai manifestasi Hyperlocal, seperti Kumpulan Toko Pilihan (KTP) dan layanan pemenuhan pesanan Dilayani Tokopedia membawa berbagai dampak positif di Bali. Wilayah seperti Gianyar, Badung dan Denpasar mengalami kenaikan tertinggi jumlah penjual lewat KTP selama semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan lebih dari 6 kali lipat.

“Di sisi lain, hadirnya gudang pintar Dilayani Tokopedia di berbagai wilayah, salah satunya di Surabaya, telah membantu penjual di Indonesia bagian tengah maupun timur, termasuk Bali, dapat menjangkau lebih banyak pembeli di berbagai wilayah di Indonesia,” tambah Nuraini.

Hyperlocal Tokopedia Ciptakan Tren Belanja Online di Bali

Selain membantu UMKM lokal memulai dan membangun bisnis, Hyperlocal Tokopedia juga mempermudah masyarakat Indonesia dalam mengakses lebih banyak pilihan produk kebutuhan dengan lebih cepat dan efisien.

Baca Juga :  Penumpang Naik 19 Persen, Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai Layani 1,9 Juta Penumpang di Bulan April 2024

Nuraini menambahkan, terbukti dari data internal Tokopedia yang menunjukkan kategori produk Rumah Tangga, Fesyen, Otomotif, Olahraga dan Hobi, serta Kebutuhan Sehari-hari atau Groceries (seperti Makanan dan Minuman serta Perawatan Tubuh) sebagai beberapa yang paling laris di Tokopedia, baik secara nasional maupun khusus di Bali, selama semester I 2023.

“Khusus di Bali (data lokal), scrub wajah, foot scrub dan bath salt menjadi beberapa produk perawatan tubuh yang paling laris di Tokopedia, sepanjang semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 1,5 kali lipat,” tambah Nuraini.

Secara keseluruhan (data nasional), pada kategori produk Perawatan Tubuh di Tokopedia, body lotion, hair conditioner dan hair mask menjadi beberapa produk terlaris pada semester I 2023 dibandingkan semester I 2022, dengan rata-rata peningkatan transaksi lebih dari 5 kali lipat.

UMKM Bali ‘Gracious Project’, Berdayakan Petani Lokal Bikin Skincare Alami

Inisiatif Hyperlocal Tokopedia turut mendorong tumbuh kembang UMKM Bali, salah satunya Gracious Project. UMKM Bali ini berawal dari hobi sang pemilik, yaitu Gracia Chandra, meracik essential oils dan berbagai produk perawatan tubuh dengan bahan natural yang aman bagi keluarga. Akhirnya, Gracia mendirikan usaha skincare alami Gracious Project pada tahun 2020.

“Saat pandemi, banyak orang yang mencari produk perawatan tubuh dan skincare bagi keluarga. Kebetulan saya punya latar belakang sebagai formulator, yang bisa membuat formula untuk bahan kesehatan atau kecantikan, sehingga saya terdorong untuk membuat produk perawatan tubuh dengan bahan natural, salah satunya sabun natural,” ungkap Gracia.

Gracious Project
UMKM Bali, Gracious Project, memberi peluang kerja bagi petani lokal di Malang, Bali hingga Lombok Utara, dengan mengusung produk skincare alami. Sumber Foto : Istimewa

Produk ciptaan Gracia yang semula digunakan untuk keluarga akhirnya berkembang dan makin banyak peminat. Tak hanya menjual produk perawatan tubuh dengan bahan alami, Gracious Project juga mengedukasi masyarakat untuk hidup lebih natural, salah satunya dengan menjual buku seputar resep dan cara pembuatan produk perawatan tubuh alami, seperti soap bar dan essential oils.

“Produk kami menggunakan bahan alami dan kami peroleh dari petani lokal. Gracious Project bekerja sama dengan petani lokal penghasil minyak kelapa di Lombok Utara dan petani lokal minyak calendula di Malang. Ada juga perajin Bali dan Yogyakarta yang memproduksi alat pelengkap, seperti loofah (alat yang terbuat dari gambas untuk membersihkan kotoran pada kulit), serta kapas yang dapat dipakai ulang,” jelas Gracia.

Baca Juga :  Es Krim JOYDAY Jadi Official Global Partner AFC U17 Women’s Asian Cup

Sejak bergabung di Tokopedia, Gracious Project memakai berbagai fitur, seperti TopAds, bebas ongkir, flash sale, produk bundling, dan rutin mengikuti kampanye di Tokopedia, salah satunya festival belanja bulanan Waktu Indonesia Belanja (WIB) yang berlangsung setiap tanggal 25 hingga akhir bulan.

“Berkat Tokopedia, produk Gracious Project bisa dijangkau oleh masyarakat, termasuk komunitas pencinta produk skincare alami, di seluruh Indonesia,” tutup Gracia.(tis/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News