Honda
Honda Umumkan Honda Performance Development Bergabung dengan Honda Racing Corporation. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JEPANG – Honda mengumumkan bahwa divisi balap Honda di Amerika Serikat yaitu Honda Performance Development (HPD) resmi bergabung dengan Honda Racing Corporation (HRC) mulai tahun 2024. Dengan demikian, Honda Performance Development (HPD) juga akan berganti nama menjadi Honda Racing Corporation USA (HRC US).

HRC di Amerika Serikat akan tetap melanjutkan pusat pengembangannya di Santa Clarita, California, Amerika Serikat. HPD sendiri didirikan oleh American Honda Motor Co., Ltd pada tahun 1993. HPD mengembangkan mesin balap Honda untuk digunakan pertama kali di ajang balap IndyCar Series. Selain itu dalam perkembangannya, HPD juga mengembangkan mesin balap Honda untuk ajang balap lainnya di Amerika Serikat yaitu IMSA, Baja Off-Road, Touring Car serta Formula Regional America. Pada tahun 2018, HPD memperkenalkan mobil balap prototipe Acura untuk pertama kalinya digunakan berkompetisi di ajang balap IMSA.

Baca Juga :  Honda PCX160 City Rolling to HPMD Bareng Awak Media

HRC juga mengumumkan bahwa logo HRC akan tampil pertama kalinya di mobil balap Acura ARX-06 prototypes yang digunakan di ajang balap The 2024 Rolex 24 at Daytona, pada tanggal 27-28 Januari 2024.

HRC sendiri mulai beroperasi sejak tahun 1982 bermula dari mengembangkan motor balap Honda. Selama empat puluh tahun perjalannya, HRC menjadi pusat pengembangan berbagai kegiatan balap dunia yang diikuti oleh Honda seperti MotoGP, Superbike, Motocross, World Trial, Paris Dakar rally untuk roda dua hingga roda empat seperti Super Formula, Super GT, Touringcar hingga Formula 1 pada tahun 2022.

HRC divisi roda dua berpusat di Asaka Center, Jepang sementara divisi roda empat nya berpusat di Sakura Center, Jepang.

HRC juga sudah berkomitmen untuk melanjutkan keikutsertaannya sebagai penyedia mesin balap F1 di ajang balap Formula 1 bersama tim Red Bull Racing dan Scuderia AlphaTauri hingga akhir tahun 2025. Pada tahun 2023 ini, Honda Bersama HRC juga mengumumkan akan memulai kerja sama sebagai penyedia mesin balap Bersama tim Aston Martin mulai tahun 2026.

Baca Juga :  AHM Best Student 2024 Incar Inovasi Kreatif Anak Muda

Koji Watanabe selaku President HRC mengatakan, tujuan HRC adalah untuk meningkatkan eksistensi dan juga tentunya ingin mempertahankan kesuksesan aktivitas balap HRC.

“Kami percaya bahwa menyatukan motorsport Honda secara global sebagai satu organisasi balap akan membantu kami mencapai hal tersebut. Para teknisi balap kami di Amerika Serikat dan Jepang akan menjadi lebih kuat jika bersatu dan saya sangat senang menyambut HPD ke dalam tim HRC,” tutur Koji.

David Salters selaku President HPD menambahkan, warisan balap Honda tidak ada bandingannya dan selama 30 tahun terakhir, pihaknya telah berkontribusi terhadap kesuksesan tersebut khususnya di Amerika Serikat.

Baca Juga :  Semarak HUT Ke-54, Astra Motor Bali Rayakan Bersama Secara Hybrid

“Kami sangat senang dan bangga bisa bergabung dengan teman serta kolega kami di HRC Jepang dan mewakili Honda Racing sebagai organisasi balap global. Kami akan terus menantang diri kami sendiri dalam aktivitas olahraga motor di AS bahkan ketika kami mengembangkan sumber daya manusia dan teknologi untuk bersaing di panggung olahraga motor global yang berubah dengan cepat,” ucap David.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News