Hondajet
Honda Perkenalkan HondaJet Echelon Sebagai Jet Ringan Honda yang Miliki Teknologi Terdepan. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, LAS VEGAS – Honda Aircraft Company memperkenalkan pesawat jet terbaru dengan nama HondaJet Echelon pada acara National Business Aviation Convention and Exhibition (NBAA-BACE) 2023 yang berlangsung pada 17-19 Oktober 2023 di Las Vegas, Amerika Serikat. HondaJet Echelon merepresentasikan visi perusahaan untuk jet bisnis generasi terbaru yang menghadirkan efisiensi yang lebih tinggi sambil memberikan kenyamanan dan kemudahan premium.

HondaJet Echelon membawa teknologi dan kemampuan unggulan, sebelumnya diperkenalkan sebagai Konsep HondaJet 2600 pada tahun 2021, yang menghadirkan pengalaman menyenangkan seperti menggunakan jet berukuran menengah dalam kategori jet ringan. Pesawat ini dirancang untuk menjadi jet ringan pertama di dunia yang dapat dioperasikan oleh satu pilot dan mampu melakukan penerbangan transkontinental tanpa henti di seluruh Amerika Serikat.

Hal ini bertujuan untuk mengurangi biaya operasional dan memberikan pengalaman yang berbeda untuk pemiliknya. Selain itu, desain HondaJet Echelon mencakup elemen-elemen elektrifikasi dan otomatisasi dalam sistemnya, dengan tujuan meningkatkan kemampuan pilot, mengurangi beban kerja, dan meningkatkan tingkat keamanan.

Konsep desain HondaJet Echelon berfokus pada peningkatan efisiensi perjalanan dalam setiap aspeknya, dengan tujuan memenuhi misi dan memberikan pengalaman yang biasanya hanya ditemukan pada pesawat lebih besar. Pesawat ini akan menghadirkan efisiensi bahan bakar yang unggul melalui inovasi aerodinamika, mengungguli jet ringan konvensional pada misi-misi biasa hingga 20% dan jet berukuran menengah hingga 40%. HondaJet Echelon juga akan memberikan fokus holistik pada pengalaman kabin yang mencakup ruang, kenyamanan, dan produktivitas.

Baca Juga :  Pertamina Mandalika International Circuit Jadi Magnet Pariwisata Olahraga, Baru Setahun Sudah 200 Hari Terpesan untuk Gelaran Event Otomotif

Hideto Yamasaki selaku Presiden & CEO Honda Aircraft Company mengatakan, HondaJet Echelon diciptakan untuk menghadirkan kategori baru yang melebihi pengalaman perjalanan dengan jet ringan konvensional.

“Membawa mobilitas ke langit telah menjadi impian jangka panjang Honda, dan HondaJet Echelon menjadi babak baru yang menggembirakan, sekaligus menampilkan cerita klasik Honda dalam menciptakan nilai baru bagi masyarakat,” tuturnya.

Honda Aircraft Company telah mencapai sejumlah tonggak penting dalam pengembangan HondaJet Echelon, yaitu : Pemasangan kerangka uji struktural pertama pada Kuartal ke-4 tahun 2021; Kelulusan dari desain konseptual dan penyelesaian Ulasan Desain Preliminer pesawat (PDR); Perusahaan juga merayakan upacara resmi pengaktifan Fasilitas Uji Integrasi Sistem Lanjutan (ASITF) HondaJet Echelon di markas besar perusahaan di Greensboro, North Carolina, pada 30 Agustus 2023; dan Proses desain rinci pesawat saat ini berlangsung, dengan target Ulasan Desain Kritis (CDR) tingkat pesawat pada musim panas 2024, dan sebagian besar fabrikasi utama sudah dalam progress.

Produksi HondaJet Echelon akan dilakukan di fasilitas eksisting Honda Aircraft Company di markas besar global nya di Greensboro, North Carolina, dengan proses awal konstruksi dijadwalkan akan dimulai pada tahun 2024. Penerbangan pertama dijadwalkan akan dilakukan pada tahun 2026, dan sertifikasi tipe diperkirakan akan selesai pada tahun 2028.

Honda Aircraft Company juga berkomitmen untuk mendukung keberlanjutan dan telah bergabung dalam Komitmen Keberlanjutan NBAA-BACE 2023, menunjukkan komitmen perusahaan untuk menjadikan NBAA-BACE sebagai acara yang lebih ramah lingkungan. Perusahaan juga menggunakan Program Bahan Bakar Penerbangan Berkelanjutan (Sustainable Aviation Fuel Book and Claim – SAFC) untuk penerbangan ferry ke dan dari NBAA-BACE, sebagai bagian dari dukungan industri terhadap netralitas karbon.

Baca Juga :  Manfaatkan Kekuatan CBR250RR, Pebalap Astra Honda Kibarkan Merah Putih di ARRC China

Untuk informasi lebih lanjut mengenai HondaJet Echelon, silakan kunjungi: hondajet.com/HondaJetEchelon.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News