Hari Batik
Tokopedia melalui kampanye Tokopedia Spesial Hari Batik menghadirkan beragam pilihan produk batik dari berbagai brand lokal serta promo menarik untuk belanja lebih hemat. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Batik merupakan wastra kebanggaan Indonesia. Terlebih batik telah ditetapkan sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi oleh UNESCO pada 2 Oktober 2009. Momen ini pun setiap tahunnya dirayakan masyarakat Indonesia sebagai Hari Batik Nasional untuk terus menumbuhkan kebanggan dan kecintaan terhadap budaya Indonesia, yaitu batik.

“Untuk menyambut Hari Batik Nasional sekaligus mengakomodasi tingginya minat beli masyarakat terhadap produk batik, Tokopedia menggelar kampanye Tokopedia Spesial Hari Batik hingga 7 Oktober 2023. Masyarakat bisa mendapatkan beragam produk batik untuk wanita, pria maupun anak dengan berbagai promo menarik, seperti diskon hingga 80% serta berbagai promo eksklusif dari brand lokal terkurasi,” jelas Head of Category Development Tokopedia, Aldhy Darmayo, Minggu (1/10/2023).

5 rekomendasi baju batik wanita dari Tokopedia bisa bikin makin modis di Hari Batik Nasional

“Untuk bisa tetap tampil modis di Hari Batik Nasional, Tokopedia membagikan lima tips memilih jenis baju batik wanita yang sesuai dengan berbagai jenis kegiatan serta memberikan rekomendasi brand  lokal yang bisa jadi pilihan masyarakat di hari yang spesial ini,” kata Aldhy.

1. Atasan batik kasual yang colorful berikan kesan playful

Hari Batik
PART of Nona Rara – Obsidian PART of Newtro. Sumber Foto : Istimewa

Atasan batik kasual bisa dipadupadankan dengan berbagai jenis bawahan. “Padukan atasan batik berwarna cerah dengan rok atau celana jeans. Bisa juga menggunakan sneakers sebagai pelengkap penampilan yang casual dan playful,” kata Aldhy.

Baca Juga :  Rio Firdaus, dari Kekurangan Uang Rp50 Juta hingga Menang Undian Mobil

Salah satu pelaku usaha lokal di Tokopedia yang menyediakan pilihan atasan batik dengan desain dan cutting yang modern adalah PART of Nona Rara.

“PART of Nona Rara sangat antusias berkreasi menciptakan produk-produk batik nusantara dengan kesan modern. Misi kami adalah memproduksi baju batik yang berkualitas dengan harga yang terjangkau,” ungkap Founder PART of Nona Rara, Pipiet Noorastuti.

2. Pakai outer batik untuk tampil lebih modis

Hari Batik
BHATARABATIK – Outer Batik Tatiana. Sumber Foto : Istimewa

Outer batik terus menjadi item fesyen favorit masyarakat. Selain nyaman digunakan, outer batik mudah dijadikan layering yang bisa membuat penampilan makin menarik. “Untuk iklim tropis seperti Indonesia, pilih outer batik bermaterial katun yang mudah menyerap keringat sehingga dapat menciptakan rasa sejuk dan nyaman,” kata Aldhy.

“Animo masyarakat dalam berbelanja outer batik sangat tinggi. Data internal kami menunjukkan produk outer batik mengalami peningkatan transaksi hampir 1,5 kali lipat,” ungkap Aldhy. Masyarakat bisa mendapatkan berbagai produk outer batik yang modis dari brand lokal di Tokopedia, salah satunya BHATARABATIK.

3. Dress batik jadi penyelamat gaya kasual hingga formal

Hari Batik
Jayashree – Arjuna Dress. Sumber Foto : Istimewa

Bingung mau pakai baju apa? Dress batik bisa menjadi pilihan yang tepat untuk berbagai kegiatan. “Selain mudah dan nyaman digunakan, dress batik bisa memberikan kesan feminin dan anggun. Sangat cocok untuk momen spesial, seperti Hari Batik Nasional,” ungkap Aldhy.

Masyarakat bisa mendapatkan dress batik dari pelaku usaha lokal di Tokopedia, seperti Jayashree Batik. “Berdiri sejak tahun 2016, Jayashree Batik punya misi meningkatkan kesadaran masyarakat akan batik sebagai warisan budaya Indonesia. Kami terinspirasi dari motif batik nusantara yang unik dan kaya, namun tetap nyaman,” jelas Founder Jayashree, Daniel Budiman.

4. Eksplor gaya etnik biar makin unik

Hari Batik
Oemah Etnik – Rok Lilit Brown Melati. Sumber Foto : Istimewa

Fashion styling dengan sentuhan etnik makin digemari masyarakat. Sudah banyak brand lokal yang menghadirkan fashion item etnik berwarna natural dengan desain apik.

Baca Juga :  Periode Lebaran, Penjualan Honda di bulan Maret 2024 Meningkat 19 Persen

“Contohnya, rok lilit, yang bisa memberikan kesan tradisional sekaligus kekinian jika dipadupadankan secara tepat,” ujar Aldhy.

Salah satu brand lokal yang sukses menjangkau pasar anak muda dengan menghadirkan fashion item berdesain etnik nan kekinian adalah Oemah Etnik. Brand lokal ini menyediakan berbagai produk fesyen batik dengan warna natural, seperti earth tone, biru dan putih.

5. Tampil trendi dengan scarf batik multifungsi

Hari Batik
Sejauh Mata Memandang – Scarf Onde Lapis Biru Muda. Sumber Foto : Istimewa

Scarf batik bisa menjadi salah satu item fesyen yang multifungsi dan membuat penampilan menjadi lebih trendi.

“Masyarakat bisa memakai scarf sebagai pelengkap penampilan atau sebagai outer. Bahkan scarf batik juga bisa di mix and match menjadi hijab yang anggun,” ujar Aldhy.

Aldhy menambahkan, data internal Tokopedia menunjukkan penjualan scarf atau syal batik di Tokopedia menjelang Hari Batik Nasional mengalami peningkatan hampir 1,5 kali lipat. Masyarakat bisa mendapatkan produk scarf dengan motif menarik dari pelaku usaha lokal di Tokopedia, salah satunya Sejauh Mata Memandang.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News