atlet
Dua Atlet Taekwondo Buleleng Lolos ke PON XXI 2024. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Dua atlet taekwondo andalan Buleleng Luh Putu Aprilia Tri Buana Chi Gayatri dan Kadek Ristina Indriani berhasil lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XXI tahun 2024 Aceh Sumut.

Kepastian tersebut didapat setelah keduanya melalui Babak Kualifikasi (BK) PON cabang olahraga (cabor) taekwondo yang digelar dari tanggal 27 hingga 30 Oktober 2023 di Gedung POPKI Cibubur, Jakarta Timur.

Luh Putu Aprilia Tri Buana Chi Gayatri berlaga pada kelas kyorugi (tanding) Under 49 kilogram putri. Sedangkan, Kadek Ristina Indriani bertanding pada kelas kyorugi Under 62 kilogram putri.

Kadek Ristina Indriani saat dikonfirmasi, Selasa (31/10/2023) mengungkapkan rasa bangga dan senangnya bisa meraih tiket ke PON XXI. Atlet yang akrab dipanggil Tina ini mengaku tidak menyangka bisa meraih tiket. Dalam BK PON, Tina berhasil mengalahkan atlet dari Sulawesi Utara dan Jambi. Dua kemenangan dari lima pertandingan tersebut cukup mengantarkan Tina meraih tiket PON XXI 2024 Aceh Sumut.

Baca Juga :  Pemkab Buleleng dan Pemkab Badung Bersinergi Dalam Pembangunan

“Selanjutnya tinggal menunggu panggilan untuk menjalani pemusatan latihan di Denpasar menuju PON XXI 2024 Aceh Sumut,” ungkapnya.

Senada dengan Tina, Luh Putu Aprilia Tri Buana Chi Gayatri yang akrab disapa April merasa sangat bangga atas raihan tiket tersebut. Apalagi ini merupakan impian dari pelatih agar ada atlet taekwondo Buleleng yang berlaga di BK PON dan juga berhasil meraih tiket PON. Berbeda dengan Tina, April bertanding empat kali. Dari empat kali pertandingan, April hanya berhasil menang sekali melawan atlet asal Riau. Namun, dengan kemenangan tersebut sudah cukup untuk mengantarnya meraih tiket PON.

Baca Juga :  Kominfosanti Buleleng Ikuti Entry Meeting dan Sosialisasi Pelaksanaan EPSS 2024 Secara Virtual

“Target selanjutnya adalah naik podium di PON. Astungkara bisa tercapai. Yang penting berikan yang terbaik dulu,” ujar dia.

Sementara itu, Ketua Pengurus Kabupaten Taekwondo Indonesia (Pengkab TI) Buleleng Ida Bagus Gde Surya Bharata menyebutkan capaian ini merupakan sebuah kesempatan yang baik bagi atlet dan juga taekwondo Buleleng untuk tampil di tingkat nasional. Tina dan April diharapkan bisa mempersiapkan diri lebih baik agar bisa berprestasi. Tentunya di bawah bimbingan Pengurus Provinsi (Pengprov) TI Bali dan dukungan dari KONI Buleleng serta Pengkab TI Buleleng.

Baca Juga :  Pj Bupati Buleleng Apresiasi Rekomendasi DPRD terkait LKPJ Tahun 2023

“Nantinya sinergi juga akan dilakukan dengan Pengprov TI Bali agar para atlet dari Bali bisa menorehkan prestasi yang gemilang di PON XXI tahun 2024,” sebut Surya Bharata.(adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News