unud
Dosen Prodi IKL FKP Unud Lakukan Sertifikasi Penerbangan Pilot Drone untuk Menunjang IKU 3. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JIMBARAN – Dalam DUDI (Dunia Usaha dan Dunia Industri), sertifikat keahlian sangat dibutuhkan untuk menunjang pekerjaan dan sebagai bukti yang valid dari penggunaan aspek keahlian tersebut.

Dalam rangka meningkatkan jumlah dosen yang memiliki sertifikat yang diakui di DUDI seperti yang tercantum dalam dokumen Indikator Kinerja Utama (IKU), Program Studi Ilmu Kelautan (IKL), Fakultas Kelautan dan Perikanan (FKP) Unud melaksanakan kegiatan sertifikasi Pilot Drone selama 4 hari yaitu kelas online (2-4 Oktober 2023) dan ujian praktek (15 Oktober 2023) di halaman lobby, Gedung dekanat FKP Universitas Udayana.

Baca Juga :  Tingkatkan Kualitas Layanan Transportasi Umum, Dishub Badung Gelar Pembinaan dan Pemilihan Abdiyasa Teladan 2024

Kegiatan sertifikasi ini merupakan salah satu aktivitas yang diusulkan dalam proposal Program Kompetisi Kampus Merdeka (PKKM) yang dimenangkan oleh Program Studi IKL FKP Unud.

Adapun dosen IKL FKP Unud yang mengikuti sertifikasi pilot drone ini adalah sebanyak 5 orang, yaitu Putu Satya Pratama Atmaja, S.Ke.l, M.Si., Gede Surya Indrawan, S.Si., M.Si., Dr. Dwi  Budi Wiayanto, S.Kel., MP, Abd’rahman As’syakur, SP., M.SI., Ph.D., dan I Putu Yogi Darmendra, S.Si., M.Sc., disertifikasi pada level Basic drone pilot.

Pelatihan sertifikasi dilakukan dengan kombinasi teori yang diberikan seperti peraturan penerbangan, pre flight procedur, pengoperasian drone, serta flight simulator. Sedangkan, untuk praktek, langsung dilaksanakan secara mandiri menggunakan drone milik masing-masing dengan penilaian berupa penyelesaian beberapa misi yang diberikan oleh instruktur.

Adapun penggunaan pesawat drone sebagai media penerbangan tanpa awak menjadi metode yang banyak digunakan pada riset di bidang kelautan dan perikanan, terutama untuk analisis luasan bidoversitas ekosistem mangrove, lamun dan terumbu karang, memotret kontur terestrial, merancang kawasan konservasi, dan masih banyak lainnya khususnya di bidang pengindraan jauh.

Baca Juga :  Pj Gubernur Bali Jadi Pembicara Seminar Blue Economy serangkaian WWF Ke-10 

Oleh karena itu, para peserta sertifikasi menjalani kegiatan tersebut dengan antusiasme yang tinggi karena fungsi dan manfaat yang didapatkan dari keahlian penerbangan drone tersebut sangatlah penting untuk mempermudah pengambilan citra secara cepat dan luas, terutama pada bidang kelautan dan perikanan.

Luaran yang diharapkan pada kegiatan tersebut nantinya adalah peningkatan capian IKU 3, pada jumlah dosen yang memiliki sertifikat keahlian yang diakui pada DUDI bidang kelautan dan perikanan. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News