Bupati Sanjaya
Bupati Sanjaya Hadiri Yadnya Krama Dukuh Sakti Blatung dan Tegalmengkeb Kelod Seltim. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Langkah yang penting dalam memajukan daerah terutama dalam bidang pelestarian tradisi, seni, adat, agama dan budaya yang dilakukan masyarakat Tabanan, selalu mendapat apresiasi positif dari Bupati Tabanan, Dr. I Komang Gede Sanjaya, SE., MM.  Pada Kamis (26/10/2023), orang nomor satu di Tabanan memberikan dukungan dengan menghadiri langsung upacara Yadnya yang dilaksanakan krama masyarakat di wilayah Desa Tegalmenkeb, Kecamatan Selemadeg Timur.

Lokasi pertama yang dikunjungi Bupati Sanjaya yang saat itu didampingi Anggota DPR RI, Anggota DPRD Tabanan, Sekda dan Kepala OPD terkait, Camat dan unsur Forkopimcam setempat adalah menghadiri Uleman Ngenteg Linggih Mupuk Pedagingan lan Mersigana ring Merajan Agung Pasek Prateka Dukuh Sakti Blatung, Banjar Dinas Bongan, dilanjutkan tanpa anggota Komisi IV DPR RI, Ngerauhin Upacara Ngeratep, Melaspas lan Pasupati Ida Batara Tapakan Pura Dalem Desa Adat Tegalmengkeb Kelod, Kecamatan Selemadeg Timur.

Baca Juga :  Srikandi PLN Beraksi Lagi Berdayakan Perempuan–perempuan Tulang Punggung Keluarga di Tabanan

Di dua kesempatan kunjungannya tersebut, Bupati Sanjaya beserta jajaran disambut antusias oleh krama setempat yang saat itu didampingi oleh Perbekel, Bendesa Adat dan juga tokoh masyarakat setempat.

“Selalu bahagia rasanya, dikala titiang bisa hadir di tengah-tengah krama dalam rangka melaksanakan pembangunan. Ketika saya hadir, apa yang menjadi aspirasi masyarakat pasti tiang kawal. Maka dari itu, apa yang menjadi kebutuhan masyarakat, titiang akan selalu siap, bersedia, serta akan mendukung kebutuhan masyarakat di sini,” ujarnya.

Disampaikan dalam pidatonya di Desa Adat Tegalmengkeb, pihaknya berikan apresiasi kepada warga yang telah turut membangun dengan semangat gotong-royong.

 “Selama ini membangun Tabanan sesuai dengan visi dan misi, luar biasa semeton di sini, mengajak serta saya juga membangun Tabanan dari hulu, tengah dan hilir. Semangat membangun karya yang luar biasa. Tetap jaga kelestarian ini, sesuai dengan konsep Nangun Sat Kerthi Loka Bali, membangun 6 keharmonisan,” sebutnya sembari memuji kekompakan warga sekitar dalam membangun Karya.

Baca Juga :  Pemkab Tabanan Gelar Sosialisasi Pembinaan KASN Melalui UU Nomor 20 Tahun 2023

Adapun Tapakan yang diproses di Desa Tegalmengkeb yakni Ratu Bagus, Ratu Ayu / Ratu Biyang dan 4 Peranakan, di mana dana yang didapatkan berasal dari peturunan warga sejumlah 146 KK dan bantuan lainnya.

Prawartaka Karya masing-masing mewakili krama, menyampaikan terimakasih atas kehadiran Bupati Tabanan. Seperti yang dikatakan oleh I Made Widana Prawartaka Karya Banjar Tegalmengkeb Kelod, menyampaikan kebanggaannya terkait dukungan dan bantuan yang diberikan oleh Bupati terhadap pihaknya dalam pelaksanaan Yadnya ini.

Disampinga itu, ia juga menyampaikan, bahwa Yadnya ini dibangun atas semangat persatuan dari krama serta sinergi dengan Pemerintah guna mewujudkan pembangunan di Kabupaten Tabanan.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News