Kebakarna Hutan
Proses pemadaman kebakaran hutan lindung yang berlokasi di Kawasan perbukitan Desa Galungan, Kecamatan Sawan, Buleleng. Sumber Foto : Istimewa. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Hutan lindung yang berlokasi di Kawasan perbukitan Desa Galungan, Kecamatan Sawan, Buleleng mengalami kebakaran, sejak Sabtu (21/10/2023), sekitar pukul 10.00 WITA. Hingga saat ini api belum bisa dipadamkan dan diperkirakan sudah seluas 13,8 hektare.

Seizin Kepala KaKPH Bali Utara, Kasi P4H KSDAE, Ida Bagus Kade Wira Negara, dikonfirmasi pada Minggu (22/10/2023) membenarkan adanya peristiwa kebakaran hutan lindung tersebut. Dimana sejak Sabtu kemarin hingga saat ini pihaknya masih terus melakukan proses pemadaman api.

Baca Juga :  Pria 80 Tahun Ditemukan Meninggal Dunia di Aliran Sungai, Keluarga Sempat Bikin Upacara

“Berdasarkan perkiraan aplikasi Locus GIS luasan lahan yang terbakar sekitar 13,8 Hektare,” ungkap Kasi P4H KSDAE, Ida Bagus Kade Wira Negara.

Selain itu, pihaknya juga menggunakan sekam bakar dan melakukan ground cek pemadaman sisa-sisa bekas kebakaran di kawasan Perbukitan Desa Galungan tersebut. Bahkan saat ini muncul beberapa titik api baru, namun titik api berada di medan bebatuan licin dan ada di kemiringan 45 derajat sehingga petugas kesulitan untuk sampai ke titik api.

“Ada enam titik api di Banjar Dinas Bingin dan tiga titik di Bukit Catu. Kita tidak bisa gunakan alat mekanis karena ini adalah hutan lindung ada larangannya,” jelas Wira.

Sementara saat disinggung mengenai penyebab kebakaran, Wira belum bisa memastikan lantaran saat ini pihaknya masih fokus memadamkan api agar tidak sampai ke pemukiman warga. Namun salah satu penyebabnya yakni El Nino berkepanjangan.(dar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News