Jimbafest
Kolase Giat Jimbafest 2023 di 9 Kabupaten atasi permasalahan sampah, Senin (2/10/2023). Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Jimbafest 2023 bersama dengan Forum Komunikasi Desa Wisata (Forkomdewi) mengunjungi beberapa desa wisata di 9 kabupaten Bali selama bulan September 2023 untuk mensosialisasikan gerakan ekonomi sirkular yang menjadi salah satu upaya mengatasi masalah sampah di Bali, dikutip Sabtu (21/10/2023).

Warga yang hadir sangat antusias dan saling bertukar pikiran mengenai ide untuk mengatasi permasalahan sampah tersebut, bahkan beberapa ada yang telah menerapkan konsep ini. Selain itu, beberapa desa wisata akan berkolaborasi dengan Jimbafest 2023 dengan mendatangkan kuliner khas Bali dan komunitas daur ulang yang menjadi unggulan dari masing-masing daerah.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Buka Sosialisasi SPM Kota Denpasar

Jimbafest merupakan gerakan tahunan dari Yayasan Jimbaran Hijau yang konsisten dilakukan selama 10 tahun mengangkat permasalahan lingkungan beserta pendidikan dengan pilar utama Green, Art, Culture & Education (GRACE).

Akan ada workshop dari para NGO, pasar UMKM, senam bersama, cek kesehatan, perlombaan untuk anak-anak SD se-Jimbaran serta akan ada pertunjukan musik dari musisi lokal Bali seperti Navicula, Radio Koplo, Jun Bintang, Dewa Sugama dan masih banyak lagi.

Dengan menghadirkan beberapa area seperti kuliner Bali Aga yang akan dinamakan area Warung Tempoe Doeloe, area pameran karya dan inovasi mengenai pengelolaan sampah yang akan dinamakan area Recycle Heaven, diharapkan seluruh masyarakat dapat terekspos dengan budaya asli Bali dan pengetahuan mengenai daur ulang yang bisa diterapkan secara langsung dari sumber.

“Jimbafest menjadi wadah bagi komunitas-komunitas yang peduli dan fokus pada pembelajaran – learning & knowledge sharing yang memberi dampak terhadap seni, budaya, dan esensi bali, juga terhadap green dan sustainability,” ucap Putu Agung Prianta, CEO Jimbaran Hijau.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Gelar Walk For Autism 2024, Langkah Nyata Ciptakan Kota Denpasar Yang Inklusif dan Ramah Bagi Semua

Jimbafest 2023 ini akan diadakan pada Sabtu, 28 Oktober 2023 di Jimbaran Hub, Bali. Acara ini gratis dan bisa dihadiri oleh semua masyarakat. (aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News