Dana Hibah
Bupati Giri Prasta menyerahkan dana hibah untuk Kabupaten Bangli di Wantilan Desa Wisata Penglipuran Bangli, Kamis (19/10/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Sebagai wujud implementasi kolaborasi bersinergi dalam rangka bergerak, berjuang dan bekerja bersama untuk mewujudkan masa depan Bali yang lebih baik di dalam bingkai One Island One Management, Bupati Badung Nyoman Giri Prasta melalui program ‘Badung Angelus Buana’ yang bermakna ‘Badung Berbagi, Dari Badung Untuk Bali’ menyerahkan dana hibah ke Kabupaten Bangli dengan total bantuan sebesar Rp94.009.910.818 yang diberikan kepada 154 penerima manfaat.

“Penyerahan hibah ini merupakan bentuk komitmen kami di Pemerintah Kabupaten Badung dalam membantu mewujudkan pemerataan pembangunan fisik untuk mensejahterakan masyarakat. Dimana dana yang diperoleh berasal dari penyisihan Pajak Hotel dan Restoran (PHR) yang diberikan kepada masyarakat untuk membantu menggerakkan perekonomian pada sektor informal, membantu menciptakan lapangan pekerjaan, dan tentunya hal ini berkaitan dengan peningkatan kemampuan daya beli masyarakat yang semakin menguat,” ujar Bupati Giri Prasta di Wantilan Desa Wisata Penglipuran Bangli, Kamis (19/10/2023).

Baca Juga :  DPMPTSP Badung Gelar FGD Pengisian Jafung Penata Perizinan dan Penata Kelola Penanaman Modal

Adapun jenis Badan atau Lembaga penerima hibah di Kabupaten Bangli sebagai berikut, Pura/Merajan sebanyak 126 penerima, Sanggar sebanyak 3 penerima, Banjar Adat sebanyak 13 penerima, Sekaa sebanyak 4 penerima, Desa Adat sebanyak 8 penerima. Dari 154 total jumlah penerima dana hibah di Kabupaten Bangli tersebut, tersebar di beberapa kecamatan, yakni Kecamatan Tembuku sebanyak 48 penerima dengan bantuan sebesar Rp26.266.089.000, Kecamatan Susut sebanyak 37 penerima dengan bantuan sebesar Rp18.346.509.500, Kecamatan Peninjoan sebanyak 1 penerima dengan bantuan sebesar Rp700.000.000, Kecamatan Kintamani sebanyak 32 penerima dengan bantuan sebesar Rp19.754.633.668, dan Kecamatan Bangli sebanyak 36 penerima dengan bantuan sebesar Rp28.942.678.650 sehingga total keseluruhan bantuan dana hibah untuk di Kabupaten Bangli pada perubahan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah Kabupaten Badung Tahun Anggaran 2023 sebesar Rp94.009.910.818.

“Besar harapan saya, bantuan dana hibah ini dapat dipergunakan dan dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya untuk mendukung pembangunan berbagai bidang dalam rangka meningkatkan kesejahteraan masyarakat Bangli. Terlebih Kabupaten Bangli merupakan daerah penyangga air di Provinsi Bali maka kami berkepentingan sekali dengan Bangli, kedepan kami akan berkoordinasi dengan Bupati Bangli untuk menggenjot industri pariwisata disini dengan tetap menjaga kawasan hutan yang ada. Kita juga akan melakukan reboisasi dengan menanam pohon penghasil dan penyerap air. Ini yang akan kita jaga dan lestarikan sehingga kedepannya keasrian Pulau Dewata terjaga dengan bagus debit air meningkat dan menurunkan suhu cuaca yang panas,” pungkasnya.

Baca Juga :  Kongres AOTA ke-14 di Bali, Menyoroti Inovasi Terkini dalam Penelitian dan Pengobatan Tiroid

Sementara itu Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, atas nama pemerintah dan masyarakat Kabupaten Bangli menyampaikan terimakasih kepada Bupati Giri Prasta dan Pemkab Badung atas kebijakan program Badung Angelus Buana sehingga masyarakat Kabupaten Bangli mendapatkan dana hibah dengan dana yang besar yakni Rp94 miliar lebih.

“Saya berharap dana hibah yang besar dan fantastis ini bisa cepat menyelesaikan permasalahan yang ada di level masing-masing,” ucapnya.

Turut hadir Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, Wakil Bupati Bangli Wayan Diar, Ketua DPRD Badung Putu Parwata, Ketua DPRD Bangli Ketut Suastika, Sekda Badung Wayan Adi Arnawa, Sekda Bangli Ida Bagus Gde Giri Putra beserta jajaran Kepala OPD terkait di lingkup Pemkab Badung dan Pemkab Bangli.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News