unud
78 Mitra Kerja Sama Universitas Udayana Hadiri Pelaksanaan Monitoring dan Evaluasi Kerja Sama 2023. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Universitas Udayana (Unud) melalui bagian Kerja Sama dan Hubungan Masyarakat melaksanakan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Kerja Sama 2023, yang berlangsung di Truntum Hotel, Rabu (25/10/2023).

Pelaksanaan monev kerja sama ini dihadiri oleh Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Informasi, Prof. Dr. dr. I Putu Gede Adiatmika, M.Kes., Tim Monev Fakultas, Pascasarjana, Lembaga, RSPTN, dan Kantor Urusan Internasional. Sementara jumlah mitra kerja sama yang hadir berjumlah 78 mitra kerja sama yang berasal dari instansi pemerintah, perguruan tinggi, BUMN, dan swasta.

Ketua Monitoring dan Evaluasi Kerja Sama 2023, Dra. Luh Putu Eswaryanti Kusuma Yuni, M.Sc., Ph.D., dalam laporannya menyampaikan bahwa pelaksanaan monitoring dan evaluasi  kerja sama Unud dengan mitra untuk tahun 2023 ini dilaksanakan dalam  dua metode, yaitu yang pertama melalui pengisian instrumen monev, dan survei kepuasan mitra kerja sama dalam bentuk Google Form yang dikoordinasikan oleh Tim Monev untuk masing-masing mitra unit kerja, baik dalam maupun luar negeri yang telah dilaksanakan sejak awal bulan Oktober 2023, dan yang kedua adalah dilaksanakan secara langsung yang dilaksanakan pada Rabu (25/10/2023).

Pada pelaksanaan monev ini setiap unit kerja di lingkungan Universitas Udayana menghadirkan 3-5 mitra kerja sama baik dari unsur instansi pemerintah, swasta, dan perguruan tinggi di provinsi Bali. Periode waktu kerja sama yang di evaluasi adalah kegiatan yang dilaksanakan dalam 3 tahun terakhir yaitu dari tahun 2021-2023. Hasil dari Monev ini nantinya akan direkapitulasi, dianalisis, dan disajikan dalam bentuk laporan Monitoring dan Evaluasi Kerja Sama Universitas Udayana 2023.

Baca Juga :  Tanly Hospitality Gelar Media Luncheon untuk Rayakan Pembangunan Kompleks Restoran di Bali

Wakil Rektor Bidang Perencanaan, Kerja Sama dan Informasi, Prof. Dr. dr. I Putu Gede Adiatmika, M.Kes., dalam pembukaan acara monev ini menyampaikan terima kasih atas kehadiran para mitra kerja sama yang telah meluangkan waktunya untuk hadir memenuhi undangan monev secara langsung ini.

Lebih lanjut disampaikan saat ini Universitas Udayana memiliki 427 kerja sama dalam negeri meliputi dengan pemerintah pusat, daerah, swasta, perguruan tinggi negeri/swasta, dan BUMN. Sementara kerja sama dengan luar negeri ada sebanyak 204 MoU yang didominasi kawasan Asean+ (China dan Korea), Jepang, Australia, Amerika, dan Eropa. Banyaknya kerja sama yang sudah dilaksanakan tersebut bersumber dari berbagai Fakultas, Pascasarjana, Lembaga, dan Unit Kerja lainnya yang mengadakan kontak baik secara perorangan maupun kelembagaan yang berakhir pada terjalinnya kerja sama secara resmi melalui Nota Kesepahaman (MoU).

Baca Juga :  Jadi Penguji Eksternal UKK, Astra Motor Bali Dukung Kelulusan SMK Negeri 2 Negara

Pelaksanaan monitoring dan evaluasi terhadap kerja sama ini bertujuan utuk mendapatkan umpan balik bagi pelaksanaan program kerja yang sedang berjalan ataupun yang sudah berakhir, untuk mengetahui sampai seberapa jauh program kerja sama telah diimplementasikan oleh unit kerja di lingkungan Universitas Udayana dengan berbagai mitra terkait. Harapannya, dengan mengetahui sampai seberapa jauh implementasi program kerja sama ini telah dilaksnakan, maka hasilnya dapat digunakan untuk memperbaiki kualitas dan kuantitas kegiatan yang akan dilakukan selanjutnya oleh berbagai unit kerja di lingkungan Universitas. Semoga berbagai usaha yang dilakukan dalam pelaksanaan kerja sama kedua belah pihak dapat memberikan manfaat dan dapat meningkatkan kinerja kita bersama. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News