Unit MBKM Unud Selenggarakan Bimtek Keuangan Modul Nusantara 3
Unit MBKM Unud Selenggarakan Bimtek Keuangan Modul Nusantara 3. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Unit Merdeka Belajar Kampus Merdeka Universitas Udayana (MBKM Unud) menyelenggarakan Bimbingan Teknis Keuangan Modul Nusantara 3.

Kegiatan dilaksanakan di Kampus Unud, Jl. PB. Sudirman, Denpasar Kamis (31/8/2023) yang diikuti dosen modul nusantara dan mahasiswa mentor atau laiason officer (LO).

Ketua Unit MBKM Unud, Dr. I Ketut Sardiana, SP., M.Si., menjelaskan bimtek ini bertujuan untuk meperlanjar kegiatan MBKM yakni pertukaran mahasiswa dalam negeri yakni pertukaran mahasiswa merdeka (PMM) 3.

“Kegiatan modul nusantara satu komponen dalam penyelenggaraan PMM3, ini banyak kegiatan yang diadakan di luar kampus, jadi dosen modul dan LO sebagai penyelenggara modul nusantara harus paham pelaporan keuangan agar kegiatan bisa berjalan lancar,” jelas Dr. Sardiana.

Baca Juga :  Arja Klasik "Panca Yowana Kanti" Duta Denpasar Kisahkan Kerajaan Daha di PKB XLVI

Lebih jauh, Dr. Sardiana menjelaskan Unud menerima 186 mahasiswa PMM3 dari berbagai universitas di luar wilayah Bali dan Nusa Tenggara. Untuk melayani ke 186 mahasiswa agar seluruh kegiatannya berjalan lancar selama mengikuti PMM 3 Unud menunjuk 8 dosen modul nusantara dan 8 LO.

“Mahasiswa modul inbound (masuk) Unud dibagi menjadi 8 kelompok, masing-masing kelompok didampingi 1 dosen modul dan 1 LO. Dosen modul bertindak sebagai dosen pendamping akademik bagi kelompok mahasiswa yang didamping,” tuturnya.

Dijelaskan, seluruh mahasiswa inbound PPM 3 sudah tiba di Bali sejak Selasa 29 Agustus 2023 lalu. Mereka dijemput para dosen modul dan LO di Bandara Ngurah Rai.

Mahasiswa inbound tersebut tinggal di sejumlah rumah kost yang tersebar di wilayah Jimbaran dan Denpasar. Salah seorang orang dosen modul nusantara Unud Komang Rahayu menyatakan pihaknya sudah siap menjalankan kegiatan modul nusantara.

Kegiatan modul nusantara harus diikuti mahasiswa PMM3 dengan bobot 4 SKS, kegiatan dosen modul terdiri dari 16 kali kegiatan dengan 3 kategori yakni Modul Kebhinekaan, Modul Refleksi, Modul Inspiratif dan Kontribusi sosial.

“Pokoknya kami ingin mahasiswa PMM3 berkesan sesuai motonya bertukar sementara, bermakna selamanya,” tegasnya (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News