Unud
Tim PPK Ormawa FT Unud Sosialisasi Aplikasi SIGUNA di Desa Gunaksa. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Bertempat di Balai Serbaguna Desa Gunaksa, bertepatan dengan Paruman Desa Adat (Paum Desa) Gunaksa PPK Ormawa melakukan sosialisasi aplikasi SIGUNA pada Senin (11/9/2023).

Sosialisasi yang dilakukan hampir ke suluruh krama atau masyarakat Gunaksa dilakukan oleh Perbekel Desa Gunaksa bersama dengan tim PPK Ormawa. Dalam kegiatan ini dihadiri hampir oleh seluruh masyarakat Gunaksa juga hadir tokoh Desa adat dan Desa Dinas mulai dari Bapak Perbekel, Sekdes, KBD, Kaur Desa, Kader Digital, Bendesa beserta perangkat, kliat banjar dan kliat adat, Pertegak Desa serta unsur Desa Adat lainnya.

Baca Juga :  KUI Unud Hadiri Rapat Koordinasi dan Orientasi Darmasiswa RI 2023/2024

Perbekel memaparkan progres aplikasi SIGUNA dan digitalisasi Desa yg sudah dirancang oleh tim PPK Ormawa bersama dengan unsur pemerintahan desa beserta pihak Universitas Udayana serta Duta Digital kabupaten.

“Aplikasi siguna ini mencakup empat layanan mulai dari layanan kependudukan yang kurang lebih ada 22 layanan persuratan serta ada layanan kesehatan, layanan keuangan serta layanan desa cerdas,” ungkapnya.

Nantinya layanan ini diharapkan dapat menunjang enam pilar Desa Cerdas yg dimana Desa Gunaksa merupakan salah satu Desa yg ditunjuk sebagai percontohan Desa Cerdas.

Layanan  desa cerdas juga nantinya ditargetkan bisa menjadi salah satu sarana sosialisasi Awig Awig Desa sehingga masyarakat secara menyeluruh bisa tahu isi dari Awig Awig yang ada di Desa Gunaksa.

Baca Juga :  Antisipasi Banjir, Siswa-siswi SMP Widya Sakti Denpasar Bersatu dalam Pembersihan Sungai

Perbekel juga menyampaikan Tim PPK ormawa ini akan menargetkan aplikasi SIGUNA bisa diluncurkan pada akhir bulan September. Masyarakat Desa Gunaksa, dengan adanya aplikasi ini diharapkan akan bisa menikmati pelayanan Desa tanpa harus ke kantor desa serta bisa juga mendapatkan informasi informasi terkait layanan kesehatan dan informasi lain melalui aplikasi ini.

Dalam kesempatan ini juga hadir Dosen Pembimbing Dr.  Ir. Wayan Nata Septiadi, ST., MT yg ikut mendampingi kegiatan. Disampaikan juga oleh Bapak Perbekel bahwa tim PPK ormawa sudah berkegiatan dari bulan Juli dan sudah melakukan berbagai kegiatan pendampingan, koordinasi, FGD dan yang lainnya yang didampingi oleh dosen pembimbing serta dari pihak HMM, Universitas dan Duta Digital. Monitoring dan evaluasi oleh Universitas juga sudah sempat beberapa kali hadir ke Desa. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terkini dari Baliportalnews.com di Google News

Tinggalkan Komentar

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini