Unud
Tim PPK Ormawa BEM FEB Unud Gelar Pelatihan Digital Marketing Berbasis Customer Relationship Management. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Tim Pelaksana Program Peningkatan Kapasitas Organisasi Kemahasiswaan (PPK Ormawa) Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana (BEM FEB Unud) melaksanakan kegiatan Worista Vol. 2: Pelatihan Digital Marketing dan Temu Bisnis (Launching Perdana Produk Wedang Karsa di Desa) pada 19 September 2023 yang bertempat di Gor Desa Karyasari, Pupuan, Tabanan.

Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Biro Kemahasiswaan, Ketua UPKP, Tim Reviewer, Kelompok Rintisan Usaha Desa Karyasari, dan Tim Pelaksana PPK Ormawa BEM FEB Unud. Tujuan kegiatan Worista Vol. 2 ini adalah memberikan pelatihan dan pemahaman kepada kelompok rintisan usaha Desa Karyasari terkait cara memasarkan produk Wedang Karsa pada media digital.

Dengan adanya kegiatan ini diharapkan kelompok rintisan usaha Desa Karyasari dapat mengimplementasi ilmu digital marketing ini untuk mem-branding dan memasarkan produk Wedang Karsa sehingga dapat dikenal oleh khalayak luas baik di lingkup regional, nasional, atau bahkan internasional. Kemudian terdapat juga agenda Temu Bisnis dan Launching produk Wedang Karsa di Desa sebagai tindak lanjut dari Temu Bisnis yang sebelumnya telah dilaksanakan oleh tim di event Dies Natalis FEB Unud ke-56.

Pelaksanaan Worista Vol. 2 mengangkat 2 topik materi yakni ‘Mengembangkan Strategi Pemasaran Melalui Promosi Digital’ yang dibawakan oleh I Made Denny Wahyu Aditya selaku anggota Tim PPK Ormawa BEM FEB Unud dan materi berkaitan dengan ‘Implementasi Digital Marketing pada E-Commerce dengan Berbasis Customer Relationship Management’ yang dibawakan oleh Ni Komang Risa Pebriyanthi selaku anggota salah satu Tim Pelaksana PPK Ormawa BEM FEB Unud.

Baca Juga :  Cetak Generasi Pertanian Unggul, Alumni FP Unwar Diminta Berbagi Inovasi dan Kreativitas

Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan pembuatan akun sertifikasi digital marketing internasional yang didampingi oleh Tim Pelaksana PPK Ormawa BEM FEB Unud guna memberikan pemahaman dasar masyarakat seputar dunia digital marketing.

Kegiatan ini merupakan salah satu kesempatan besar bagi masyarakat untuk mendalami strategi  pemasaran digital. Drs. I Ketut Kartika selaku Kepala Biro Kemahasiswaan Universitas Udayana juga sangat bangga kepada Tim PPK Ormawa BEM FEB Unud karena telah berhasil lolos pendanaan, ia juga berharap semoga program ini dilancarkan serta dapat berkembang secara berkelanjutan.

Baca Juga :  Bukti Nyata Komitmen Bersama Memajukan Pendidikan di Denpasar, Wali Kota Jaya Negara Apresiasi Denpasar Education Festival

“Mudah-mudahan brand ini bisa terus berkembang, saya memberikan apresiasi kepada mahasiswa BEM FEB Unud kana telah berpartisipasi dalam memberdayakan masyarakat. Semoga program ini nantinya dapat dijalankan secara berkelanjutan oleh kelompok rintisan usaha masyarakat Desa Karyasari. Harapannya nanti produk ini dapat dikemas sedemikian rupa sehingga dapat menarik perhatian calon pembeli,” ujarnya.

Selain itu, ia juga berharap bahwa produk Wedang Karsa dapat dipasarkan di stand Dies Natalis Universitas Udayana karena dapat memberikan suatu wadah serta peluang besar bagi Tim PPK Ormawa BEM FEB Unud dan Desa Karyasari untuk memperkenalkan produk Wedang Karsa ke Mahasiswa Baru, Dosen, dan seluruh civitas Universitas Udayana.

Baca Juga :  Pemkab Tabanan Gelar Sosialisasi Pembinaan KASN Melalui UU Nomor 20 Tahun 2023

Selaras dengan Drs I Ketut Kartika, Perbekel Desa Karyasari juga berharap program ini dapat berjalan sesuai rencana sehingga dapat membantu mensejahterakan masyarakat dan juga perekonomian Desa Karyasari.

Harapan Mudah-mudahan program ini kedepannya bisa terlaksana sesuai dengan harapan kita, mengingat 90% masyarakat Desa Karyasari bermata pencaharian sebagai petani kopi. Kopi tersebut baru dijual utuhan tanpa diolah oleh masyarakat Desa Karyasari.

“Dengan adanya inovasi baru melalui pendampingan lewat pengetahuan dan ilmu yang dimiliki oleh mahasiswa mudah mudahan produksi kopi ini dapat dioptimalkan serta dipasarkan untuk desa dan juga keluar dari desa sehingga dapat bersaing dengan para kompetitor kopi,” ungkapnya.

Tidak hanya itu, ke depannya pihak Bumdes nanti yang memberdayakan dan memasarkan ke masyarakat walaupun produksinya dilaksanakan oleh kelompok rintisan usaha Desa Karyasari yang didampingi oleh Tim PPK Ormawa BEM FEB Unud. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News