Dialog Dini Hari
Dialog Dini Hari, rilis single terbaru. Sumber Foto : aar/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Band indie beraliran folk dari Indonesia, Dialog Dini Hari, kembali merilis single terbaru mereka berjudul ‘Miles Away’ dengan konsep aransemen yang lebih ceria, menjadi persembahan terbaru mereka kepada pecinta musik tanah air tahun 2023 ini, Sabtu (15/9/2023).

Seperti yang diketahui, Terbentuk sejak 2008, Dialog Dini Hari merupakan band yang muncul dari ide Dadang Pranoto (Navicula), serta Ian Joshua Stevenson dan Mark Liepmann (Kaimsasikun), dalam persiapannya merilis single berbahasa inggris tersebut bekerja sama dengan kolaborator berbakat, termasuk Kristian Dharma yang memainkan bass, Aweng Himawan yang memainkan banjo, dan back vocal dari Jascha Riri, Lyta Lautner, dan Rico Mahesi.

Baca Juga :  Manipulasi Koordinat Rumah, Ribuan Berkas Jalur Zonasi Bina Lingkungan Ditolak

“Yang paling menarik adalah petualangan pencarian sound design, proses sketch sudah ada sejak awal, kita lebih fokus ke arranging. Itu saking eksperimen soundnya sampe pake panci segala,” ujar Kristian Dharma.

Dikenal dengan gaya beraliran blues, folk, dan ballad, mereka telah merilis beberapa album sukses seperti ‘Beranda Taman Hati’ (2009), EP ‘Dialog Dini Hari’ (2010), ‘Tentang Rumahku’ (2014), ‘Parahidup’ (2019) dan terus mempertahankan dedikasi mereka terhadap musik folk mendalam dan bermakna.

Menurut mereka, single ‘Miles Away’ adalah pengingat akan pentingnya memulai langkah kecil untuk mencapai tujuan yang jauh lebih besar dan lagu ini yang akan menjadi bagian dari album terbaru, sangat penuh petualangan, dengan talenta-talenta baru yang terlibat.

“Ya bisa dibilang ini lagu membuka gerbang pengalaman-pengalaman baru petualangan kami sebagai musisi. Sekaligus membuka jaringan-jaringan baru untuk bekerja sama lebih lanjut kedepan, apapun itu,” kata Dadang SH Pranoto.

Baca Juga :  Pemkot Denpasar Komitmen Urai Kemacetan, Siagakan Petugas Dishub di Persimpangan Krodit

Menjadi sorotan dalam single ini, adalah kolaborasi istimewa dengan Danny Reisch, drummer band Other Lives yang juga telah menjadi mixing engineer untuk artis-artis terkenal seperti Local Natives dan Barns Courtney.

Danny memiliki hampir 2 dekade pengalaman production/engineering musik, telah mengikuti lebih dari selusin tur dunia bermain drum untuk Shearwater dan Other Lives dan memegang gelar Bachelor of Music dari Texas State University. Good Danny’s adalah ruang kreatif dan studio produser miliknya.

“Wow, I like the source file you guys gave me,” komentar Danny Reisch atas materi single yang dipersiankan oleh Dialog Dini Hari.

Baca Juga :  Survei Konsumen Bali Mei 2024: Optimisme Konsumen Tetap Kuat

Proses rekaman dilakukan di Studio Uma Pohon di Denpasar pada bulan Juni 2023, studio baru yang dibangun oleh Pohon Tua dibantu oleh rekan-rekannya. Kemudian dilanjutkan dengan mixing oleh Danny Reisch di Electric Ear Studio, Los Angeles, CA, dan mastering oleh Max Lorenzen di Rare Ear Studio, Lockhart, TX. Single ini dirilis di bawah label rekaman Rain Dogs Records. (aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News