Sedana Arta
Penyaluran santunan kepada korban tanah longsor oleh Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta, Selasa (5/9/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Bupati Bangli, Sang Nyoman Sedana Arta mengatakan, selain santunan dana Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Bangli akan mengupayakan untuk membantu biaya pendidikan bagi 2 (dua) anak korban bencana tanah longsor di Banjar Brahmana Bukit, yang masih mengenyam pendidikan tingkat Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Pemerintah Kabupaten Bangli juga melakukan berbagai upaya untuk bisa membantu keluarga korban termasuk membantu biaya pendidikan dua anak korban yang masih mengenyam pendidikan SD dan SMP,” jelasnya Bupati Sedana Arta, Selasa (5/9/2023).

Untuk diketahui, bencana tanah longsor terjadi pada 7 Juli 2023, telah menewaskan pasangan suami istri Warga Banjar Brahmana Bukit, Kelurahan Cempaga, Kecamatan Bangli, Kabupaten Bangli yakni Ida Bagus Agung Eka Widyacipta (40) beserta istrinya Ida Ayu Putu Mutiari (37), atas kejadian tersebut Pemkab Bangli melalui Dinas Sosial P3A bersinergi dengan OPD terkait, bahu membahu bekerja sama membantu evakuasi korban dan menyiapkan bantuan logistik untuk kebutuhan keluarga korban saat itu.

Selanjutnya Bupati Bangli menambahkan, selain bantuan dana, santunan juga datang dari Kementrian Sosial RI diserahkan langsung oleh Bupati Bangli Sang Nyoman Sedana Arta, didampingi Kepala Dinas Sosial Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak Kabupaten Bangli, I Wayan Jimat.

Baca Juga :  Bangli Gelar Upacara Peringatan Hari Lahir Pancasila Tahun 2024

Santunan dari Kementerian Sosial RI sebesar Rp44 juta diserahkan kepada 2 ahli waris korban jiwa, A A Ayu Sumiati ahli waris dari Ida Bagus Agung Eka Widyacipta dan Ida Bagus Nyoman Jasma ahli waris dari Ida Ayu Putu Mutiari, masing-masing menerima santunan sebesar Rp15 juta.

Sedangkan untuk 7 orang korban luka-luka yakni, Ida Bagus Esa Putra, Ida Ayu Ega Dania Saputra, Ida Ayu Sri Wartini, Ida Ayu Nadia Mai Tarini, Ida Ayu Trisna Mirayanti dan Ida Ayu Manik Astiti, masing-masing mendapat santunan sebesar Rp2 juta, disalurkan melalui Bank Mandiri.

Baca Juga :  Bupati Bangli Hadiri Acara Serah Terima Hibah PLTS antara Kitech dan ELT dengan PT. BMB Kabupaten Bangli

“Semoga keluarga yang ditinggalkan selalu tabah dan ikhlas, dan untuk kedepannya selalu bersemangat menjalani kehidupan yang lebih baik serta selalu berada dalam lindungan Tuhan Yang Maha Kuasa,” ungkap Bupati.

Selain itu, Bupati Sedana Arta dalam kesempatan tersebut menyampaikan, penyerahan santunan ini merupakan bentuk kepedulian Pemkeab Bangli melalui Dinas Sosial P3A Kabupaten Bangli, telah mampu menjalin komunikasi hingga ke tingkat pusat yaitu Kementrian Sosial RI, sebagai upayaa membantu meringankan beban keluarga korban akibat bencana tanah longsor beberapa waktu lalu. (an/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News