Kebakaran Hutan
Tim Damkar Bangli yang tengah memadamkan kobaran api melahap hutan Kintamani, Sabtu (2/9/2023). Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BANGLI – Kebakaran hutan terjadi di Kintamani, dimana titik api tepat berada di bawah Pura Pasar Agung tepatnya di Taman Wisata Alam (TWA) Gunung Batur Bukit Payang, Sabtu (2/9/2023) pukul 15.30 WITA.

Dalam keterangannya, Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) dan Pemadam Kebakaran (Damkar) Kabupaten Bangli, I Wayan Wardana menjelaskan, kebakaran diduga dampak dari puncak musim kering berkepanjangan, kobaran api pertama kali terlihat dari tebing bawah lereng bukit, cuaca panas membuat kondisi hutan sangat gersang, banyaknya rumput kering ditambah tiupan angin kencang mempercepat kobaran api.

Baca Juga :  Pembangunan Bangli Sport Center Dimulai, Giri Prasta dan Sedana Arta Lakukan Groundbreaking

“Kami dari tim gabungan terus berupaya memadamkan api, berharap titiknya bisa kami kuasai sehingga tidak menjalar mendekati Pura Pasar Agung,” ungkapnya, berdasarkan keterangan sementara, sampai berita ini ditayangkan tim redaksi baliportalnews.com.

Pemadaman dilakukan dengan cara penyemprotan oleh Damkar dengan teori bakar balik sehingga api bisa dengan mudah ditaklukan. Sementara itu, diperkirakan lahan yang terbakar mencapai puluhan are (meter persegi) dan diketahui tidak ada korban jiwa dalam kejadian tersebut. (aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News