Penghargaan PLN
Tiga piala penghargaan pada kategori Outstanding Award for Integrated Initiative PLN Mobile, Special Recognition of Outstanding Initiative Electrifying Agriculture, dan Special Recognition of Outstanding Initiative Renewable Energy Certificate yang diberikan kepada PLN. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Aplikasi PLN Mobile meraih penghargaan dalam kategori Oustanding Award for Integrated Initiative dalam ajang Indonesia Award 2023 sebagai salah satu bukti keberhasilan PT PLN (Persero) dalam transformasi digital pelayanan pelanggan. Selain itu atas berbagai inovasi yang dilakukan perseroan, PLN juga meraih dua penghargaan lain kategori Special Recognition of Outstanding Initiative Electrifying Agriculture dan Special Recognition of Outstanding Initiative Renewable Energy Certificate.

Keberhasilan PLN ini pun turut diapresiasi Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo (Jokowi) yang turut menyampaikan selamat atas penghargaan yang diterima para insan Badan Usaha Milik Negara (BUMN), Badan Usaha Milik Daerah (BUMD), dan swasta.

“Saya ucapkan selamat kepada penerima Indonesia Award 2023,” kata Presiden Jokowi, dalam opening speech secara virtual dalam gelaran Indonesia Award 2023 yang digelar oleh Inews Media Group di Jakarta, Kamis (31/8/2023).

Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengatakan, selama tiga tahun terakhir PLN terus melakukan berbagai transformasi dan inovasi dalam menjalankan bisnis perusahaan. Selain mengakselerasi program penjualan yang masif, transformasi digital di berbagai aspek mulai dari pembangkitan, energi primer, transmisi, sistem distribusi dan pelayanan pelanggan juga terus dijalankan.

Baca Juga :  Indosat Ooredoo Hutchison Hadirkan Paket Freedom Internet dengan Keunggulan Spesial  

“Atas dukungan pemerintah, PLN berhasil mengubah proses bisnis menjadi lebih ringkas, sederhana dan transparan. Berbagai program PLN dilakukan secara end to end dari hulu hingga ke hilir yang membuat perusahaan menjadi lebih lincah dan efisien,” kata Darmawan.

Direktur Retail dan Niaga PLN, Edi Srimulyanti menjelaskan, apresiasi yang diberikan, salah satunya kepada transformasi digital pelayanan pelanggan PLN melalui kehadiran aplikasi PLN Mobile untuk meningkatkan customer experience. Melalui aplikasi ini, 43 juta pelanggan dengan lebih dari 70 juta ID pelanggan yang terdaftar telah mendapatkan kemudahan layanan kelistrikan.

Baca Juga :  Danamon Cash Connect, Solusi Digital Terbaru untuk Ekspansi Bisnis UKM di Indonesia

“PLN Mobile adalah salah satu upaya dalam meningkatkan pelayanan bagi para pelanggan untuk mengakses produk-produk PLN, mulai pembayaran tagihan listrik, pembelian token, tambah daya, pengaduan, catat meter hingga pembelian kendaraan listrik atau electric vehicle (EV) bisa dilakukan. Yang artinya kami sudah melakukan berbagai macam effort yang tentunya sangat luar biasa kami lakukan untuk pelanggan kami,” ujar Edi.

Tak hanya itu, keberpihakan di sektor UMKM dibuktikan melalui kehadiran fitur marketplace di PLN Mobile yang sudah menggandeng lebih dari 4.500 UMKM selama tiga tahun terakhir.

Bentuk transformasi lainnya, lanjut Edi, PLN mendorong peningkatan produktivitas para pelaku usaha di sektor agrikultur baik itu pertanian, perkebunan, peternakan maupun perikanan dan kelautan melalui program electrifying agriculture di mana petani bisa lebih produktif dalam operasional usahanya menggunakan listrik PLN.

Baca Juga :  Peluncuran Digital Hub Collaboration Roadshow di Bali, Dukung Keberlanjutan dengan Adopsi Teknologi Digital

“Electrifying agriculture adalah upaya PLN dalam membantu para petani untuk melistriki atau berpindah yang tadinya menggunakan diesel, beralih ke listrik PLN dan sudah terbukti manfaatnya berupa peningkatan hasil panen dan penghematan biaya operasional,” ungkapnya.

Sedangkan, dalam upaya mendukung transisi energi yang ingin dilakukan oleh para pelaku industri, PLN memberikan layanan Renewable Energy Certificate (REC) yang merupakan sebuah pengakuan global bahwa operasional bisnisnya disuplai melalui sumber energi yang bersih.

“REC merupakan layanan kami untuk memberikan kemudahan bagi pelanggan mendapatkan energi baru terbarukan sekaligus bentuk upaya PLN dalam menciptakan green energy, hingga saat ini penjualan REC sudah mencapai 1,8 Terrawatt hour (TWh),” pungkas Edi.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News