Unud
Universitas Udayana Gelar Donor Darah. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Dalam rangka perayaan Dies Natalis ke-61 Universitas Udayana (Unud), dilaksanakan kegiatan sosial Donor Darah bertempat di Gedung Agrokompleks Kampus Sudirman Denpasar, Jumat (8/9/2023).

Donor darah ini rutin dilaksanakan serangkaian Dies, dan pada kesempatan kali ini panitia menargetkan 400 kantong darah. Pelaksanaan donor darah ini terbuka bagi civitas akademika, instansi pemerintah maupun masyarakat umum.

Dr. Gede Suarta selaku koordinator acara ini mengatakan, kegiatan donor darah tahun ini  melibatkan civitas akademika Unud dan masyarakat sekitar dengan target 400 kantong darah yang nanti akan disebar ke-7 Unit Donor Darah (UDD) yang ada di Bali seperti RSUP Prof. Ngoerah, PMI dan RS yang ada di kabupaten. Dalam proses pengambilan darah pihaknya melibatkan PMI baik di tingkat Provinsi maupun Kabupaten atau Kota.

Kali ini kantong darah akan diprioritaskan bagi Kabupaten Karangasem yang saat ini sedang mengalami paceklik darah.

Baca Juga :  Berhasil Kelola SP4N LAPOR!, Pemprov Bali Berbagi Praktik Baik dengan Empat Daerah di Indonesia

Dr. Ketut Adi Atmika selakua Wakil Ketua Panitia Dies Natalis ke-61 Unud menyampaikan kegiatan donor darah yang dirangkaikan dengan perayaan dies natalis, pihaknya juga bekerjasama dengan RS Unud, Kampus Sehat serta PMI. Harapannya animo civitas akademika cukup besar untuk berpartisipasi, sehingga target jumlah kantong darah dapat tercapai. Pihaknya juga menyampaikan pada hari yang sama serangkaian peringatan Dies juga dilaksanakan pengabdian di Penarungan yang tentu dalam kaitan dengan kegiatan Tridharma.

Sementara Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan Unud, Prof. Ngakan Putu Gede Suardana turut berpartisipasi sebagai pendonor dalam kegiatan donor darah ini. Pihaknya mengapresiasi pelaksanaan kegiatan donor darah ini karena kebutuhan darah untuk di Provinsi Bali masih sangat diperlukan.

Baca Juga :  Kelurahan Sesetan Tertibkan PKL Yang Jualan di Atas Trotoar

“Kita berharap mudah-mudahan hari ini banyak kita dapatkan kantong-kantong darah untuk membantu masyarakat yang membutuhkan sesuai dengan golongan darah masing-masing,” ujar Wakil Rektor.

Prof. Ngakan Suardana juga mengajak seluruh civitas akademika Universitas Udayana untuk bersama-sama menyumbangkan setetes darah yang tentu sangat bermanfaat bagi masyarakat yang membutuhkan. Dalam kegiatan ini juga dilaksanakan cek kesehatan gratis dari RS Unud. Bagi yang sudah menjadi pendonor juga disediakan vitamin dan sembako gratis oleh panitia. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News