Cover Mobil
Ketahui 10 Cover Mobil untuk Menunjang Aktivitas Harian. Rektor Unud Apreasi Fakultas Pertanian Terdepan dalam Pengembangan SDM. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, JAKARTA – Kendaraan merupakan bagian penting dalam mobilitas kehidupan masyarakat saat ini, baik itu untuk menunjang kebutuhan transportasi pribadi maupun keluarga. Karena fungsinya itu, maka keberadaan kendaraan, khususnya mobil, sebagai sebuah sarana transportasi menjadi sangat penting untuk dilindungi, dari segala potensi kerusak, yang mana dapat menghambat produktivitas seseorang. Bahkan tidak jarang akan menguras biaya besar untuk mengatasi kerusakan tersebut.

Guna meminimalisir berbagai macam resiko kerusakan pada mobil, pemiliknya tentu perlu memikirkan perlindungan terbaik dengan penggunaan cover mobil. Pada umumnya, cover mobil digunakan untuk melindungi body cat dan interior mobil dari berbagai cuaca, terutama di Indonesia dengan iklim tropis.

Sekarang ini, dengan semakin banyak merk cover mobil yang menawarkan berbagai macam fungsi. Pemilik mobil memiliki lebih banyak preferensi dan pilihan terhadap kebutuhan fitur cover yang lebih beragam. Seperti, kebutuhan keawetan cover untuk pemakaian di luar ruangan, ketahanan air, kemudahan pemasangan, anti terbang, anti maling, warna yang beragam, hingga keinginan untuk bentuk cover yang lebih fit dengan body mobil.

Akan tetapi, sebelum memutuskan membeli cover, ada baiknya anda mengetahui dulu jenis material yang biasa digunakan untuk pembuatan cover mobil, sesuai berbagai macam fungsinya, terbuat dari berbagai macam jenis material, diantaranya:

  1. Material Polyester

Material polyester paling banyak digunakan untuk produksi cover mobil karena kemampuan seratnya menahan air dan keawetannya untuk pemakaian jangka panjang. Polyester terdiri dari serat-serat halus yang tersusun rapi. Semakin rapat susunan serat polyester, maka semakin baik material polyester tersebut dari sisi keawetan dan kemampuannya menahan air.

Polyester adalah jenis material yang mengkombinasikan kain dan pvc (polivinil klorida)/ plastik pada serat material. Pada penggunaan cover mobil, material polyester memiliki wujud yang beragam. Maka tidak heran, jika anda akan menemukan merk cover mobil yang terbuat dari jenis polyester dengan nama yang berbeda-beda.

Perbedaan namanya karena basic material polyester telah diperbaharui dengan berbagai macam teknologi lainnya; seperti aplikasi water repellent spray/ efek daun talas, lapisan coating anti air, ketebalan serat, aplikasi motif warna, dan lain-lain.

  1. Material Non-Woven

Material non-woven untuk produksi cover mobil kerap dibuat dengan kombinasi berbagai lapisan layer. Penggunaan non-woven untuk cover mobil berupaya untuk mengkombinasikan material cover yang lembut tapi tetap anti air. Kelembutan material berfungsi untuk memberikan efek soft touch pada body mobil dan lapisan membran PVC berfungsi untuk menahan air masuk ke dalam cover. Semakin banyak lapisan material maka semakin tebal dan berat cover.

  1. Material PVC/ Plastik

Penggunaan material PVC untuk cover mobil menghadirkan kesempurnaan dalam ketahanan air. Karena itu material ini banyak dipakai untuk melindungi mobil dari hujan. Untuk produksi cover mobil material PVC biasanya disambung dengan menggunakan mesin press, untuk meminimalisir masuknya air dari sela-sela sambungan.

Walaupun material ini mampu secara sempurna menahan air tapi penggunaan material ini sangat lemah di sisi keawetan, terlebih untuk pemakaian outdoor. Paparan cuaca hujan dan panas membuat kualitas material PVC cepat lapuk dan sobek.

  1. Material Spandek
Baca Juga :  Tingkatkan Nilai Ekonomi, Masyarakat Buleleng Didorong Daftarkan Kekayaan Intelektual

Jenis material ini tidak memiliki kemampuan untuk menahan air, karena material spandek banyak digunakan untuk cover mobil yang berorientasi pada desain, bukan fungsi cover mobil pada umumnya. Sifat materialnya yang stretch/ lentur dapat membuat cover sangat fit dan presisi, menjadikan cover indah dilihat setelah dipasangkan pada body mobil. Material ini cocok untuk cover mobil di lokasi indoor dalam garasi atau ruangan tertutup.

  1. Material Metalik

Material metalik memiliki tekstur lembut, tipis, dan ringan. Walaupun terbuat dari material yang tipis, namun material metalik memiliki serat yang sangat padat menjadikannya memiliki efek windproof. Metalik masuk kategori material polyester yang memiliki soft touch mirip dengan silk / sutera. Pada cover mobil, material metalik banyak digunakan untuk mengcover mobil saat akan launching atau untuk penggunaan cover secara indoor atau dalam ruangan.

Nah, untuk memudahkan anda dalam memilih cover sesuai kebutuhan, berikut kami rangkum rekomendasi 10 cover mobil terbaik di Indonesia:

  1. Extreme Outdoor

Rekomendasi cover mobil terbaik pertama diawali dari cover mobil Extreme Outdoor dari brand Cover Super. Terbuat dari bahan polyester rocky, Extreme Outdoor dipercaya menjadi cover mobil paling awet untuk pemakaian di luar ruangan/ outdoor.  Terbuat dari 3 lapis kombinasi polyester serat rapat, latex coating dan water repellent spray, menjadikannya kuat namun tetap ringan.

Tidak hanya tangguh untuk pemakaian pada iklim tropis di Indonesia, Extreme Outdoor juga telah beberapa kali melakukan pengiriman ke Timur Tengah dan Rusia, negara dengan kondisi iklim panas dan bersalju.

Selain keunggulan pada ketangguhan material, Extreme Outdoor juga dilengkapi fitur lain seperti; tas portable khas Cover Super untuk kemudahan pemasangan, pelepasan dan penyimpanan, pengait 4 roda anti terbang, full elastic rubber, jahitan double stitch dan aplikasi hot seam sealing anti air penutup jahitan.

Cover Extreme Outdoor masuk kategori cover premium dan dibanderol di harga 1,7 juta hingga 2,5 juta. Cover ini cocok buat anda yang memiliki preferensi pada perlindungan mobil jangka panjang tanpa keluhan, spending more money to get best protection. Kelebihan lain dari cover ini, anda bisa pesan custom desain pada mobil, seperti space antenna, space roof rack, atau tambahan spoiler mobil lainnya.

  1. Krisbow Prestige

Krisbow Prestige jadi cover mobil premium selanjutnya yang bisa anda pilih. Khususnya untuk anda yang tinggal di daerah perkotaan, mungkin cukup familiar dengan nama ini karena bisa didapatkan di toko Ace Hardware. Krisbow mengeluarkan beberapa jenis cover mobil dan type Prestige menjadi yang terbaik dari tipe yang lainnya.

Terbuat dari bahan non-woven, Krisbow Prestige cocok untuk pemakaian outdoor. Tekstur materialnya yang lembut di bagian dalam dan luar, menjadikan cover ini seperti selimut yang super nyaman untuk mobil Anda. Walaupun cover ini relatif berat saat terkena guyuran hujan, buktinya Krisbow Prestige dapat menahan masuknya air hujan dengan sangat baik.

Baca Juga :  NETA Ramaikan Jakarta Fair Kemayoran 2024, Tampilkan Lineup Terbaru serta Promo Menarik

Selain pada keunggulan materialnya, Krisbow Prestige memiliki fitur lain seperti; pengait 4 roda anti terbang, jahitan double stitch, aplikasi hot seam sealing anti air penutup jahitan, dan sablon Krisbow di bagian depan cover.

Krisbow Prestige dibanderol dengan kisaran harga 1,5 juta hingga 4 juta tergantung ukuran jenis-jenis mobil. Cocok untuk anda yang cari cover mobil premium dengan bahan lembut, bagian dalam dan luar.

  1. Urban

Cover mobil merk Urban jadi rekomendasi cover berikutnya dengan keunggulan pada materialnya yang tahan air. Cover mobil Urban terbuat dari material PVC/ plastik yang disambung dengan sistem press, menjadikannya sangat sempurna menahan masuknya air hujan ke dalam cover. Disamping berbagai macam kelemahan penggunaan cover dari bahan PVC, cover Urban tetap cocok untuk anda yang mendambakan cover dengan ketahanan air sempurna.

Cover Urban didesain dengan japanese style kombinasi warna hitam dan abu, menjadikan cover ini lebih fashionable saat terpasang. Cover Urban dibanderol di kisaran harga 350 ribu, tergantung ukuran jenis mobil.

  1. Bitelblack

Cover mobil Bitelblack cocok buat Anda yang mengutamakan desain cover yang super body fit. Tidak hanya itu, di Bitelblack Anda bisa request sablon yang bisa dibuat sama persis dengan wajah mobil Anda. Cover mobil Bitelblack terbuat dari material stretch sejenis spandex yang lentur dan bisa mengikuti bentuk mobil. Desain cover juga dibuat dengan teknologi sablon printable sehingga sangat presisi terpasang di body mobil.

Disini anda bisa request sablon sesuka hati. Karena kualitas fit body dan desainnya yang menarik, cover Bitelblack juga sering mendapatkan pemesanan dari luar negeri lho. Cover Bitelblack dibanderol di harga 3 juta keatas tergantung tingkat kesulitan cover, baik itu dari sisi presisi cover maupun desain sablon. Agar hasilnya sempurna, anda bisa mengundang tim Bitelblack untuk datang ke rumah dan ukur langsung mobil anda.

  1. Star Protection

Star Protection adalah salah satu produsen cover mobil yang mengaplikasikan fitur traffic signal pada tipe covernya. Fitur ini hadir pada cover Star Protection tipe Sporty. Munculnya fitur ini datang dari request pelanggan yang mengalami kejadian mobilnya ditabrak oleh mobil lain di malam hari saat memakaikan mobilnya dengan cover warna hitam gelap. Nah untuk anda yang memiliki masalah serupa mungkin bisa mempertimbangkan memakai jenis cover ini.

Selain tipe Sporty, Star Protection juga menyediakan tipe cover dengan harga sangat terjangkau. Cocok buat anda yang minim budget, tapi butuh cover dengan desain custom fit dan material yang aman untuk body mobil. Cover dari Star Protection dibanderol dengan harga mulai 280ribu keatas.

  1. SMC

Cover SMC hadir dengan cover andalan di tipe premium/ semi outdoor. Cover Premium dari SMC bisa dipakai untuk indoor maupun outdoor dengan kondisi di bawah kanopi. Terbuat dari bahan 1 layer, material cover Premium dilengkapi teknologi liquid waterproof technology/ efek daun talas. Cover SMC juga tersedia dengan banyak pilihan warna, cocok buat anda yang mendambakan cover dengan variasi warna yang beragam.

Baca Juga :  Survei Konsumen Bali Mei 2024: Optimisme Konsumen Tetap Kuat

Cover SMC tipe Premium dibanderol dengan harga 650ribu disesuaikan dengan ukuran jenis mobil. Selain tipe Premium, SMC juga menyediakan cover PVC dari bahan dasar plastik transparan, cocok buat Anda yang cari penutup mobil untuk jangka pendek.

  1. Otocover Premium Outdoor

Cover mobil dari Otocover terbuat dari bahan anti air tebal dengan lapisan coating bening dan diklaim memiliki ketahanan air hingga 80%. Selain itu, Otocover juga memiliki ketahanan anti luntur yang baik sehingga aman untuk body cat mobil. Cover Otocover tersedia dengan 23 pilihan warna yang beragam.

Otocover dibuat secara custom fit disesuaikan dengan ukuran dan body mobil. Proses produksinya yang teliti menjadikan cover ini bisa terpasang pas sesuai bentuk mobil. Selain itu, cover Otocover memiliki fitur lain seperti tali serut anti terbang, dan tersedianya tas eksklusif. Otocover Premium Outdoor dibanderol mulai dari harga 750 ribu ke atas sesuai jenis mobil.

  1. Fusion R

Rekomendasi cover mobil terbaik dengan harga super murah adalah Fusion R. Cover ini dijual dengan harga 300 ribuan. Terbuat dari bahan polyester taffeta, cover Fusion R dilengkapi buckle slop dan full karet yang menjadikan cover dapat melekat erat pada mobil. Terdapat berbagai macam ukuran varian untuk segala jenis mobil. Buat Anda yang cari cover dengan harga murah dan cepat Anda bisa jadikan cover Fusion R sebagai pilihan terbaik.

  1. Primesoft Cover Super

Cover mobil Primesoft adalah type cover lainnya dari Cover Super. Keunggulan dari cover ini adalah kemampuan ketahanan airnya yang sempurna. Sama seperti material yang digunakan oleh type Krisbow Prestige, cover Primesoft terbuat dari bahan Non-woven 3 layers yang halus. Cover Primesoft juga dilengkapi dengan tas portable, klip 4 roda anti terbang, full elastic rubber, jahitan double stitch dan teknologi hot seam seal penutup jahitan anti air.

Cover Primesoft tersedia dalam bentuk custom body fit maupun dalam bentuk ukuran sesuai jenis mobil.Cover Primesoft dibanderol di harga 1,2jt dengan pilihan warna black, dark blue dan cream.

  1. Durable Premium

Durable Premium memiliki fitur material yang tangguh dan ringan, cocok untuk berbagai macam cuaca. Terbuat dari bahan 1 layer yang kuat dan tidak mudah pudar. Cover Durable Premium dibuat dengan jahitan ganda untuk kekuatan ekstra dan tahan air. Fitur lainnya dari cover Durable Premium adalah garansi ukuran, terdapat kunci khusus untuk menahan dari terpaan angin, dan tas penyimpanan.

Cover Durable Premium dibanderol mulai harga Rp450 ribu disesuaikan dengan ukuran dan jenis mobil. (*/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News