Institut Teknologi Del Sumatera Utara Sambangi FKP Unud untuk Inisiasi Kerjasama Penelitian Danau Toba
Institut Teknologi Del Sumatera Utara Sambangi FKP Unud untuk Inisiasi Kerjasama Penelitian Danau Toba. Rektor Unud Apreasi Fakultas Pertanian Terdepan dalam Pengembangan SDM. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, SUMATERA UTARA – Institut Teknologi Del (disingkat IT Del) adalah sebuah perguruan tinggi swasta yang terletak di desa Sitoluama, kecamatan Laguboti, Kabupaten Toba, Sumatra Utara, Indonesia yang didirikan oleh Luhut Binsar Panjaitan. IT Del mulai melakukan kegiatan akademik pada tahun 2001 dan berfokus pada bidang ilmu teknologi.

Kamis (31/8/2023) IT Del berkunjung ke Fakultas Kelautan dan Perikanan dalam rangka menginisiasi kerja sama yang dapat dikolaborasikan bersama. Turut hadir Dr. Johannes Harungguan Sianipar, S.T., M.T., selaku Wakil Rektor 1,  Humasak Tommy Argo Simanjuntak, S.T., M.ISD., selaku WR 3, Dr. Merry Meryam Martgrita, S.Si., M.Si., selaku Dekan Fakultas Bioteknologi, dan Deni P. Lumbantoruan, S.T.M.Eng., Ph.D., selaku dosen Fakultas Informatika dan Teknik Elektro dalam pembahasan kerja sama ini. Tawaran kerja sama disambut dengan baik dari pihak FKP Unud yang diwakili oleh I Wayan Gede Astawa Karang, S.Si., M.Si., Ph.D., selaku WR 3 dan Dewa Ayu Angga Pebriani, S.Pi., M.P .,selaku ketua Unit Pengelola Informasi dan Kerja Sama (UPIKS) FKP.

Baca Juga :  JNE Raih Sertifikasi ISO 27001:2022 untuk Sistem Manajemen Keamanan Informasi

I Wayan Gede Astawa Karang, S.Si.,M.Si, Ph.D mengawali pertemuan dengan memperkenalkan FKP melalui beberapa kegiatan Tri Dharma Perguruan Tunggi yang telah terlaksana. Pihak IT Del melalui Deni P. Lumbantoruan, S.T.M.Eng, Ph.D menyampaikan maksud dan tujuannya menyambangi FKP. Dalam paparannya, Deni menyampaikan bahwa kampusnya berada dekat dengan Danau Toba namun bidang keilmuan yang ada pada kampusnya adalah berfokus pada bidang ilmu teknologi. Hal ini membuat pihak IT Del berharap FKP bersedia berkolaborasi dalam kegiatan Tri Dharma khususnya penelitian yang mengkaji tentang kondisi Danau Toba dan pengelolaan ke depannya melalui sudut pandang perikanan, kelautan yang dikolaborasikan dengan teknologi.

Hal ini disambut baik mengingat kondisi Danau Toba yang menyerupai Danau Batur dengan adanya Karamba Jaring Apung di dalamnya memungkinkan dilaksanakan berbagai penelitian bersama terkait kajian daya dukung perairan, remote sensing, dan pengelolaan data berbasis AI, ditambah lagi FKP akan membuka satu prodi baru (Akuakultur) yang berfokus pada pengelolaan kegiatan akuakultur berbasis AI dan zero waste.

Baca Juga :  Membawa Keceriaan Liburan Sekolah Anak di The Nusa Dua dan The Mandalika

Pembahasan lebih lanjut akan dituangkan dalam Perjanjian Kerja Sama Antara FKP dan IT Del. Pada akhir sesi, FKP memberikan plakat kepada pihak IT Del dan begitu sebaliknya IT Del memberikan plakat sebagai kenang-kenangan untuk FKP Unud. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News