FKP Unud Gelar Neptune’s 2023
FKP Unud Gelar Neptune’s 2023. Rektor Unud Apreasi Fakultas Pertanian Terdepan dalam Pengembangan SDM. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Neptune’s 2023 merupakan kegiatan yang diadakan bagi seluruh mahasiswa/I baru yang menempuh Pendidikan pada program studi Ilmu Kelautan.

Seperti yang kita ketahui bahwa mahasiswa/I baru yang masih belum memiliki pengetahuan dan pengalaman mengenai dunia perkuliahan yang penuh tantangan. Di dalam kegiatan ini juga mahasiswa/I baru akan diperkenalkan mengenai program studi Ilmu Kelautan secara lebih dekat yang sekaligus akan mengasah soft skill para mahasiswa/I baru tersebut. Selain itu kegiatan Neptune’s dirasa sangat perlu dilakukan untuk mempersiapkan calon-calon mahasiswa yang disiplin dan bertanggung jawab.

Didalam kegiatan Neptune’s ini mahasiswa baru akan dilatih dan diajarkan berbagai keterampilan dan disiplin ilmu, sehingga mahasiswa baru yang dinyatakan lulus dalam kegiatan ini akan mempunyai kemampuan dan pengetahuan yang lebih jika dibandingkan dengan mahasiswa yang tidak mengikuti kegiatan ini. Acara Neptune’s 2023 diikuti sebanyak 110 yang meliputi mahasiswa/I Angkatan 2022 dan 2023.

Neptune’s 2023 kali ini mengusung tema ‘Melalui Neptune’s Kita Mengasah, Membentuk, serta Menciptakan Jiwa Kepemimpinan Mahasiswa Ilmu Kelautan yang Inofatif, Beretika, dan Berkarakter’ dan merupakan salah satu program kerja dari Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana.

Baca Juga :  Resmi Diluncurkan KPU Denpasar, I Caka Jadi Maskot, Lagu Ayo Nyoblos Jadi Jingle Pilwali Denpasar Tahun 2024

Tujuan dari diadakannya kegiatan Neptune’s diantaranya, memperkenalkan Mahasiswa Baru Program Studi Ilmu Kelautan Fakultas Kelautan dan Perikanan yang disiplin dan bertanggung jawab dalam menghadapi dunia perkuliahan yang keras penuh tantangan dan memberikan pengetahuan dan meningkatkan rasa tanggung jawab dan memiliki terhadap Program Studi Ilmu Kelautan.

Pembukaan acara Neptune’s 2023 dibuka secara resmi oleh I Wayan Gede Astawa Karang, S.Si., M.Si., Ph.D., selaku Wakil Dekan III Fakultas Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana.

Sesuai dengan wawancara yang dilakukan kepada Kadek Janita Devi Adnyana Putri selaku Ketua Pelaksana Neptune’s 2023 yang mengatakan ,Acara Neptune’s 2023 Himpunan Mahasiswa Ilmu Kelautan yang mengangkat tema Melalui Neptune’s Kita Mengasah, Membentuk, serta Menciptakan Jiwa Kepemimpinan Mahasiswa Ilmu Kelautan yang Inovatif, Beretika, dan Berkarakter.

“Neptune’s 2023 diikuti sebanyak 110 peserta yang meliputi mahasiswa Ilmu Kelautan Angkatan 2022 dan 2023,”terangnya.

Adapun rangkian acara dalam Neptune’s 2023 yang berlangsung selama 1 bulan dengan total 8 rangkaian yaitu; pada hari pertama terdapat Opening dan Materi, hari kedua terdapat Materi dan Pos Kating, hari ketiga terdapat Beach Clean Up, hari keempat terdapat Sidang Logo, hari ke lima dan keenam terdapat rangkian dari SCMTK, hari ke tujuh terdapat Sharing With HIMASILA dan Ibadah Bersama, dan pada rangkaian terakhir yaitu rangkian ke delapan terdapat Closing.

Saya selaku ketua Himasila menghimbau untuk selalu terbuka terhadap pengalaman baru, belajar dengan tekun, dan berpatisipasi aktif dalam kegiatan kampus khususnya kegiatan HIMASILA. HIMASILA ini menawarkan berbagai peluang yang luar biasa, dan saya berharap kalian akan memanfaatkannya sebaik mungkin. Selain itu, jangan ragu untuk bertanya jika kalian memiliki pertanyaan atau membutuhkan bantuan. Kami selalu siap membantu kalian. Jadi, mari kita memulai Neptune’s ini dengan semangat dan antusiasme yang tinggi!.” Tambah Nyoman Adi Prasada sebagai ketua HIMASILA.

Baca Juga :  OJK Dorong Peningkatan Literasi Keuangan Guru, Gelar Training of Trainers Bagi Para Guru SD/MI Secara Nasional

Adapun narasumber pada acara ini adalah I Wayan Gede Astawa Karang, S.Si., M.Si., Ph.D dengan topik ‘Potensi Kelautan dan Perikanan Perairan Indonesia’. Sedangkan materi kedua adalah Putu Satya Pratama Atmaja, S.Kel., M.Si., yang memiliki topik ‘Pentingnya Kedisiplinan dan Kepemimpinan dalam Berorganisasi’. Fakultas Kelautan dan Perikanan berharap dengan adanya acara ini, mampu meningkatkan dan memupuk skill leadership dan berorganisasi yang modern kepada mahasiswa baru dalam menjalankan Pendidikan tinggi di universitas. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News