HUB.ID Summit X Nexticorn 2023
I Nyoman Adhiarna, Direktur Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika (kanan) dan Rudiantara, Chairman Nexticorn Foundation(kiri) usai membuka HUB.ID Summit X Nexticorn 2023. Sumber Foto : ads/bpn

BALIPORTALNEWS.COM, NUSA DUA  – Konferensi internasional HUB.ID Summit X Nexticorn 2023 secara resmi dibuka dengan meriah Jumat (15/9/2023).

Acara yang merupakan hasil kolaborasi antara Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia dengan Nexticorn Foundation ini menjadi sorotan dunia teknologi. Dengan menghadirkan 130 startup teknologi Indonesia dan sekitar 130 investor dari seluruh penjuru dunia, konferensi ini berlangsung pada 15-16 September 2023 di Nusa Dua, Bali, dengan tema ‘Recalibrating the Industry: Indonesia’s Tech Investment Moving Forward’. Kolaborasi ini bertujuan untuk menciptakan sinergi antara sektor publik dan swasta dalam mendukung perkembangan ekosistem startup di Indonesia.

Dalam suasana yang penuh antusiasme, HUB.ID Summit X Nexticorn 2023 bertujuan untuk menjawab berbagai tantangan yang dihadapi oleh industri teknologi di Indonesia, terutama dalam menghadapi fenomena tech winter dan perubahan konstan dalam lanskap teknologi.

Dalam rangka ini, konferensi ini mengadakan sesi diskusi panel yang didukung oleh sejumlah perusahaan terkemuka, termasuk Privy sebagai official signing partner, Victoria State Government Australia, Google, CloudMile, TVM Capital Healthcare, Living Lab Ventures, GOTO, Everywhere.id, dan AMVESINDO. Melalui berbagai sesi ini, konferensi ini bertujuan untuk merumuskan kembali strategi industri teknologi, Artificial Intelligence (AI), dan Teknologi Masa Depan.

Baca Juga :  Tingkatkan Kesadaran Menjaga Pantai, BPR Nur Abadi Rayakan HUT ke-34 dengan Bersih-bersih dan Tempat Sampah

Salah satu aspek paling menarik dari HUB.ID Summit X Nexticorn 2023 adalah upayanya dalam menghubungkan startup Indonesia dari berbagai tahap perkembangan dengan investor global.

Ini dilakukan melalui sesi business matchmaking yang akan membantu para startup untuk mendapatkan dukungan finansial yang mereka butuhkan untuk berkembang lebih lanjut.

Konferensi ini juga menampilkan pembicara dan panelis ternama, seperti I Nyoman Adhiarna, Direktur Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika Republik Indonesia, Rudiantara, Chairman of the Nexticorn Foundation, Christopher Madiam, CEO & Co-founder of Sociolla, Hero Choudhary, Managing Partner of Beenext, Yoshua Tanu, Jago Coffee Founder, Ardhanti Nurwidya, Head of Public Policy and Government Relations, GOTO, Eddy Danusaputro, Chairman of AMVESINDO, Ankur Vohra, Vice President, L Catterton Asia, Edy Sulistyo, CEO, Everywhere.id, Kevin Sugiarto, Senior Vice President of Product, Privy, dan Doddi Priyambodo, Generative AI Ambassador and Solutions Consultant di Google.

I Nyoman Adhiarna, Direktur Ekonomi Digital Kementerian Komunikasi dan Informatika, mengungkapkan, lanskap startup teknologi di Indonesia beberapa tahun terakhir mengalami perkembangan yang sangat pesat dan menarik.

“Indonesia telah memiliki ratusan startup dari berbagai sektor, termasuk e-commerce, fintech, edtech, healthtech, dan agritech,” ungkapnya.

Untuk itu, Kominfo terus mendukung startup agar dapat berkembang dan mendapatkan akses pendanaan, salah satunya melalui HUB.ID Summit X Nexticorn 2023 ini. Lebih dari 1500 pertemuan bisnis telah dijadwalkan selama 2 hari pelaksanaan acara ini, menunjukkan tren positif potensi investasi bagi startup digital di Indonesia.”

Rudiantara, Chairman Nexticorn Foundation, menambahkan, Nexticorn berkomitmen untuk mendorong inovasi dan pertumbuhan berkelanjutan di sektor teknologi dan investasi di Indonesia dan Asia Tenggara.

“HUB.ID Summit X Nexticorn 2023 bukan hanya konferensi biasa, tetapi menjadi jembatan strategis dalam membina dan mendorong kemajuan startup teknologi Indonesia,” jelasnya.

Ini juga menjadi wadah bagi startup dan calon investor untuk menjalin jaringan yang kuat demi pertumbuhan sektor ini. Selain itu, melalui forum diskusi yang diadakan, Summit ini bertujuan untuk menghadirkan solusi bagi isu-isu yang dihadapi oleh sektor startup dan modal ventura di Indonesia.

Baca Juga :  Jadi Museum Pertama yang Gunakan REC PLN, Museum Subak di Tabanan Resmi Pakai Listrik dari Energi Hijau

Penting untuk dicatat bahwa kehadiran acara networking seperti HUB.ID Summit X Nexticorn 2023 sangat relevan mengingat perkembangan pesat lanskap teknologi di Asia Tenggara. Terlebih lagi, dengan peluncuran Digital Economic Framework Agreement (DEFA) dalam pertemuan Dewan Komunitas Ekonomi ASEAN baru-baru ini, konferensi ini dapat membantu memajukan industri teknologi di kawasan tersebut.

HUB.ID Summit X Nexticorn 2023 diharapkan dapat memberikan dorongan besar bagi investasi di startup Indonesia, membuka akses langsung ke investor global yang sesuai dengan kebutuhan para startup Indonesia, baik yang berada di tahap awal maupun pertumbuhan. Konferensi ini juga bertujuan untuk memberikan wawasan terbaru tentang perkembangan dan peluang di ekosistem startup Indonesia, menginspirasi para pelaku industri untuk beradaptasi dan berinovasi di era digital yang terus berkembang. (ads/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News