Aksi PKK
Gencar Lakukan Aksi Sosial, Rai Wahyuni Sanjaya Menyapa dan Berbagi di Kecamatan Penebel dan Baturiti. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, TABANAN – Keseriusan untuk melakukan perubahan positif di masyarakat selalu konsisten dilaksanakan Tim Penggerak (TP) PKK Kabupaten Tabanan melalui berbagai aksi sosial kepada masyarakat. Dikomandoi langsung Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan, Ny. Rai Wahyuni Sanjaya, aksi sosial ‘Menyapa dan Berbagi’ berupa penyerahan PMT kepada Balita, Ibu Hamil, Lansia dan Kader PKK, kali ini diamalkan bagi masyarakat di Kecamatan Penebel dan Baturiti, Selasa (5/9/2023) pagi.

Tentunya, kegiatan ini juga sebagai langkah lanjutan untuk meningkatkan status gizi serta memastikan tumbuh kembang anak sesuai dengan usianya, menjaga kesehatan Ibu dan Bayi agar tidak lahir prematur, meningkatkan kesehatan dan kualitas hidup yang baik dari para Lansia serta Kader PKK, sekaligus sebagai upaya penanggulangan Stunting di Kabupaten Tabanan. Penyerahan PMT kali ini, ditargetkan menyasar 250 Orang di masing-masing Kecamatan.

Di sela-sela kegiatan, Bunda Rai menyampaikan rasa syukurnya bisa bertemu dalam keadaan sehat pada acara kali ini. Bukan tanpa alasan ucap syukur tersebut disampaikan, karena bersama-sama telah mampu melewati fase pandemi. Untuk itu pihaknya hadir kembali untuk menindaklanjuti aksi-aksi sebelumnya, dimana pada kesempatan itu didampingi oleh Kadis PMD dan jajaran pengurus TP PKK Tabanan, PKK Kecamatan hingga PKK Desa di seluruh Kecamatan Penebel dan Baturiti.

“Untuk itu, hari ini tiang hadir untuk memberikan sekedar bantuan dan motivasi kepada Bapak/Ibu disini terutama para kader PKK agar tetap bersemangat. Disamping untuk memberikan bantuan, tujuan tiang juga untuk temu kangen sekaligus memberikan motivasi dan rasa syukur kita bisa melewati pandemi Covid 19 dalam keadan sehat sampai detik hari ini,” ujar Bunda Rai.

Baca Juga :  Libatkan serta Berdayakan Seniman dan Kuliner Lokal, Bupati Sanjaya Buka Marga Festival 2024 

Pihaknya menambahkan, aksi sosial menyapa dan berbagi ini dilaksanakan sekaligus memantapkan kesehatan dan memberikan perhatian terutama pada anak-anak yang mempunyai masalah gizi buruk, meningkatkan kesehatan Ibu Hamil agar tidak ada lagi terjadinya kasus Stunting di masa mendatang. Untuk diketahui, Pemkab Tabanan dari Pusat dianugerahi Penghargaan karena dipandang mampu menurunkan angka stunting serta Bupati Tabanan dan Bunda Rai dinobatkan sebagai Ayah dan Bunda Stunting.

“Mudah-mudahan bantuan yang tiang serahkan bermanfaat yang memang tidak seberapa banyaknya, tetapi tujuan tiang sebenarnya adalah untuk memotivasi Bapak/Ibu semua, bagaimana kita agar tetap bersemangat, terutama pada para kader titiang di PKK, bagaiamana kedepannya untuk terus mensukseskan program PKK. Program kita di PKK sebenarnya ada dua hal yang memang menjadi prioritas kita tahun ini yang menjadi arahan dari Pusat dan Provinsi, yaitu Aksi Sosial dan Sosialisasi,” imbuh Bunda Rai.

Baca Juga :  Raih Juara 1, Ketua TP PKK Kabupaten Tabanan Tunjukkan Suara Emas Dalam Lomba HKG PKK Ke-52 Tingkat Provinsi Bali Tahun 2024

Maka dari itu, pihaknya dan jajaran pada kesempatan ini sekaligus melakukan sosialisasi program-program tersebut, diantaranya program pencegahan stunting yang pencegahan dirangkaikan dengan program Bupati Tabanan yakni program Semara Ratih yang menjadi salah satu indikator penurunan angka stunting di Tabanan, kemudian mensukseskan program Hatinya PKK di masyarakat. Sinergi pemerintah dan masyarakat sangat terjalin dengan baik, sehingga angka stunting bisa diturunkan bersama.

Dikesempatan di Penebel, Bunda Rai nampak memantau perkembangan salah satu anak penderita Stunting.

“Adik niki sudah lama tiang kenal, adik niki sudah lama tiang kasi bantuan dan sudah tiang kondisikan dirawat di rumah sakit. Untuk itu, tiang inginkan bagaimana kedepannya anak-anak kita tidak menjadi stunting. Mulai sekarang kita harus perhatikan kecukupan gizinya, karena stunting itu tidak melulu masalah gizi saja, namun dari sebelum Ibu itu menikah harus diperhatikan betul kesehatannya,” tegas Bunda Rai.

Baca Juga :  Petugas Lapas Tabanan dan Anggota DWP Ikuti Jalan Sehat

Hal senada juga disampaikan oleh Ketua TP PKK Penebel dan Ketua TP PKK Baturiti. Pihaknya menyampaikan selamat datang dan rasa terimakasihnya atas perhatian Bunda Rai terhadap masyarakat setempat, khususnya kepada Anak-anak, Ibu Hamil, Lansia dan para Kader PKK melalui aksi sosial menyapa dan berbagi ini. Dimana pada kesempatan itu, PMT diberikan kepada 25 Orang Balita, 20 Ibu Hamil, 25 Orang Lansia dan 180 Orang Kader PKK di Kecamatan Penebel dan Baturiti.

“Kami sangat berterimakasih pada Ibu Ketua atas perhatian kepada masyarakat di Kecamatan Penebel. Kami sangat mendukung program ini yang secara langsung dapat menyentuh kebutuhan masyarakat dan menitikberatkan pada kesehatan dan meningkatkan gizi keluarga yang selaras dengan visi dan misi Pemerintah Kabupaten Tabanan, yakni Tabanan Era Baru yang Aman, Unggul dan Madani,” pungkas Ketua TP PKK Kecamatan Penebel.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News