SMP PGRI 7 Denpasar
Dua Siswi SMP PGRI 7 Denpasar berhasil raih medali perak dan perunggu tingkat nasional. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Cerdas dan berprestasi, itulah ungkapan tepat menggambarkan sosok dua orang siswi Sekolah Menengah Pertama (SMP) Persatuan Guru Republik Indonesia (PGRI) 7 Denpasar bernama Sagung Nadia Gantari dan Ni Putu Cinta Diana Dewi, berhasil menyabet gelar juara bergensi dengan raihan medali perak dan perunggu di Olimpiade PGRI ke-1 Tingkat Nasional 2023, di Palembang, Sumatera Selatan, Rabu (13/9/2023).

Medali perak olimpiade matematika tingkat nasional tersebut, dipersembahkan oleh Sagung Nadia Gantari, yang harus puas menempati posisi kedua dari rivalnya, kontingen asal Provinsi Banten di posisi satu. Sementara untuk posisi ketiga, diraih oleh kontingen asal Provinsi Sumatera Selatan.

Baca Juga :  Warga Denpasar Antusias Hadiri Pasar Rakyat Sewaka Jaya, Dukung Pengendalian Inflasi Berkelanjutan

“Soalnya lumayan berat, setara pelajaran matematika di SMA. Astungkara, saya mampu mengerjakan soal tepat waktu dan hasilnya meraih medali perak untuk Bali,” ungkap Sagung siswi kelas IX.B SMP PGRI 7 Denpasar tersebut.

Ni Luh Putu Rusmianti, S.Pd., selaku Guru Pembina mengatakan, dalam perlombaan Sagung Gantari harus menyelesaikan 30 soal pilihan ganda, dan 5 soal esai dalam waktu 2 jam atau 120 menit. Pembinaan intensif di sekolah, membuat ia berhasil menyelesaikan soal tersebut tepat waktu.

“Selain meraih medali perak di Olimpiade Sekolah PGRI ke-1 Tingkat Nasional Tahun 2023, sumbangan prestasi juga diberikan oleh Ni Putu Cinta Diana Dewi siswi kelas VIII.B,” tambahnya.

Cinta meraih medali perunggu dengan nilai C+ Kompetisi Pelajar Cerdas Indonesia bidang Ilmu Pengetahuan Alam tingkat SMP, diselenggarakan FMIPA Universitas Tadulako bersama Lembaga Prestasi Pelajar dan Olimpiade Sains Pelajar.

Baca Juga :  MarkPlus Gandeng ITB STIKOM Bali Gelar International Marketing Festival

“Saya sangat bangga dengan prestasi ini. Karena telah membawa nama positif sekolah di tingkat nasional,” ucap Cinta.

Sementara itu, Kepala SMP PGRI 7 Denpasar, Drs. Ketut Riasa, M.Si., mendukung langsung Sagung Nadia Gantari berlomba, bersyukur siswanya mampu mempersembahkan prestasi untuk kontingen Bali.

“Persaingan dalam lomba cukup ketat. Apalagi di luar Bali, prestasi sekolah PGRI sangat diperhitungkan masyarakat,” imbuhnya.

Ia berharap prestasi yang diraih Sagung Nadia Gantari bisa memotivasi siswa lain untuk berprestasi. Menjadi ikon sekolah, kalau SMP PGRI 7 Denpasar juga mampu mencetak siswa berprestasi di tingkat nasional.

Baca Juga :  Persaingan Ketat Jalur Zonasi Umum PPDB SMPN Kota Denpasar, Nilai Terendah di Atas 8

Ketut Riasa didampingi Waka Kurikulum, Drs. I Wayan Mundra juga mengapresiasi dan mengucapkan terima kasih pada guru yang telah memberikan pembinaan yang intens. Berharap, masyarakat yang mau anaknya berprestasi, untuk tak malu bersekolah di PGRI, khususnya di SMP PGRI 7 Denpasar. (aar/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News