Unud
Dies Natalis Badan Kekeluargaan FEB Unud ke-56. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Fakultas Ekonomi dan Bisnis (FEB) Universitas Udayana merayakan peringatan Dies Natalis ke-56 mereka dengan tema yang menginspirasi, ‘Accelerating Growth, Shaping Tomorrow’.

Tema ini direprestasikan oleh naga dengan warna biru dan oranye, yang menggambarkan kesejahteraan, sumber daya alam, dan identitas universitas yang kuat. Naga, dalam hal ini melambangkan kesejahteraan dan sumber daya alam, dalam konsep mitologi Hindu Bali. Warna biru melambangkan identitas Universitas Udayana, sementara warna oranye mencerminkan Fakultas Ekonomi dan Bisnis.

Kombinasi warna biru dan orange menggambarkan bahwa Fakultas Ekonomi dan Bisnis merupakan sebuah satu-kesatuan yang tidak bisa lepas dari Universitas Udayana. Kegiatan ini menjadi istimewa karena melibatkan kerjasama antara Badan Kekeluargaan FEB dan para-alumni. Ikatan Alumni FEB Unud diketuai oleh Widana Karya dan Anak Agung Widya Putra yang menjabat sebagai Ketua Umum Dies Natalis BKFEB ke-56. Melalui acara ini diharapkan akan semakin mempererat ikatan kekeluargaan FEB yang terdiri dari dosen, tendik, mahasiswa, dan alumni.

Kegiatan Dies Natalis BKFEB Unud ke-56 diselenggarakan dari tanggal 1 sampai dengan 2 September 2023 diketuai oleh Dr. I Made Endra Kartika Yudha, S.E., M.Sc. Dies Natalis BKFEB ke-56 telah diawali dengan kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang merupakan salah satu implementasi tema berupa Focused Group Discussion (FGD) dengan output berupa policy brief dan policy memo yang ditujukan kepada Pemerintah Provinsi Bali untuk mendukung pembangunan Bali dan visi Indonesia Emas 2045.

Baca Juga :  Bunda PAUD Tabanan Resmikan Gedung TK Negeri Marga

Kegiatan ini dipimpin oleh Anak Agung Ngurah Agung Kresnandra, S.E., MSA., Ak., CA. Rangkaian kegiatan selanjutnya adalah International Conference on Economics and Business (1st Iconics) dan International Seminar.

Kegiatan ini adalah kali pertama FEB mengadakan konferensi internasional sekaligus menghadirkan peserta dari berbagai negara seperti Indonesia, Singapura, Malaysia, Kamboja, Australia, Jepang, Jerman, Amerika Serikat, dan Timor Leste. Alumni dan dosen juga berperan sebagai pembicara untuk berbagi pengalaman dan hasil riset.

Dr. Ni Nyoman Reni Suasih, S.IP., M.Si., dan Dr. Gede Bayu Rahanatha, S.E., M.M., memimpin pelaksaan acara. Selanjutnya, dalam rangka mengenang berdirinya FEB, dilakukan upacara bendera yang dihadiri oleh seluruh civitas akademika FEB. Kegiatan yang bertujuan untuk selalu mengingat momen bersejarah pendirian Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Udayana.

Tidak hanya itu, tanggal 1 September 2023, FEB juga mengadakan Tali Kasih Kebersamaan yang bertujuan memberikan penghargaan kepada tenaga kontrak yang telah berdedikasi dalam memberikan pelayanan kepada civitas ekonomi. Kegiatan tali kasih didanai secara mandiri oleh Arisan Dharma Wanita Ibu Dosen FEB Unud.

Baca Juga :  Kapenrem 163/Wira Satya Mendorong Peran Positif Media Massa dalam Pembangunan Demokrasi

Rangkaian kegiatan diakhiri dengan perayaan puncak Dies Natalis. Acara yang dihadiri oleh Rektor Universitas Udayana beserta para-Wakil Rektor, Pimpinan Lembaga, Dekan di lingkungan Unud, Mitra Kerja Sama dan seluruh civitas akademika FEB Unud.

Dekan FEB Unud Agoes Ganesha Rahyuda, S.E., M.T.,Ph.D dalam sambutannya menyampaikan bahwa Dies Natalis merupakan suatu ajang kontemplasi mengapa kita ada, apa yang telah kita perbuat, dan mau kemana kita menuju.

“Tentunya FEB ke depan akan selalu memperbaiki kualitas pelayanan Pendidikan dimana indikatornya adalah berada di akreditasi program studi, saat ini sudah 85% prodi di FEB terakreditasi unggul dan A,”terangnya.

Selain itu juga dorongan, tuntutan, dan visi rektor untuk menjadi World Calss University yang harus dijabarkan dalam berbagai program kerja sehingga program studi-program studi yang dimiliki oleh FEB Unud mampu meraih akreditasi internasional sehingga visi rektor nantinya bisa terwujud.

Rektor Unud, Prof. I Nyoman Gde Antara dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat dan sukses kepada FEB Unud yang sedang merayakan Dies Natalis BKFEB ke-56. Rektor berharap agar FEB Unud mampu meningkatkan prestasinya. FEB merupakan salah satu fakultas dengan daya saing yang tinggi baik di bidang kemahasiswaan, tata kelola, dan bidang sumber daya manusia, sehingga Rektor meyakini bahwa FEB Unud akan mampu meraih prestasi yang lebih tinggi lagi.

Baca Juga :  Wali Kota Jaya Negara Buka Porsenijar Kota Denpasar Tahun 2024, Pertandingkan 32 Cabor dan 22 Cabang Seni

“Selain itu FEB juga sudah mengawali proses internasionalisasi dengan terakreditasinya beberapa program studi yaitu ABEST21 di Prodi Magister Manajemen, AUN-QA di Prodi Sarjana Ekonomi, FEB Unud telah terdaftar sebagai anggota AACSB, dan saat ini 4 prodi sedang mempersiapkan diri menuju akreditasi FIBAA,” ungkap Rektor.

Pada acara Dies Natalis BKFEB ke-56 juga ditampilkan kilas balik perjalanan FEB, rencana kedepan, pemberian penghargaan kepada civitas ekonomi, undian menarik yang disupport oleh BPD Bali, serta hiburan pentas seni sebagai apresiasi dari mahasiswa dan tendik, serta dimeriahkan oleh penampilan dari Jun Bintang dan DJ Kaden.

Acara puncak perayaan Dies Natalis BKFEB ke-56 diketuai oleh I Nyoman Wahyu Widiana, S.E., M.Si. Selain itu, pada rangakaian acara puncak perayaan, FEB Unud dengan bangga mendukung akselerasi perekonomian bersama BPD Bali dengan penerapan QRIS di seluruh area kampus, dan memberikan literasi keuangan dan moneter bersama Bank Indonesia, menjalin kerja sama dengan UMKM yang merupakan binaan Kepala Dinas Koperasi dan wirausaha mahasiswa, serta melibatkan tendik dalam acara expo. (unud.ac.id/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News