Antari Jaya Negara
Antari Jaya Negara Hadiri Monev di SD 2 Negeri Tonja, Komunikasi Orang Tua dan Pendidik Jadi Modal Utama Suksesnya Transisi PAUD-SD. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, DENPASAR – Bunda PAUD Kota Denpasar, Ny. Sagung Antari Jaya Negara menghadiri kegiatan Monitoring dan Evaluasi (Monev) Program Transisi PAUD-SD yang Menyenangkan di SD Negeri 2 Tonja, pada Senin (18/9/2023) pagi. Pelaksanaan kegiatan ini merupakan upaya untuk memastikan transisi PAUD-SD dapat berlangsung baik.

Di hadapan para tenaga pendidik di SD Negeri 2 Tonja, Ny. Antari Jaya Negara menjelaskan terkait pentingnya komunikasi maupun interaksi antara pihak sekolah, murid, dan para orang tua untuk menyukseskan transisi PAUD ke SD.

“Saat ini selain pendidikan materi formal, pengajaran tentang fondasi perilaku kepada anak-anak kita juga adalah hal penting yang harus kita utamakan. Terlebih mengenai budi pekerti yang mendasari banyak hal di kehidupan, dan interaksi sosial anak. Sehingga nantinya proses transisi PAUD ke SD juga akan semakin optimal,” tutur Ny. Antari Jaya Negara.

Ny. Antari Jaya Negara mengatakan, transisi PAUD ke SD merupakan sebuah proses perpindahan peran anak sebagai peserta didik PAUD menjadi peserta didik SD, dimana terdapat penyesuaian diri anak dengan lingkungan belajar yang baru. Pihaknya menambahkan, kesiapan  bersekolah sebaiknya didasari dari tujuan pembelajaran yang sesungguhnya, yaitu memastikan setiap anak bisa mendapatkan haknya untuk menjadi pembelajar di sepanjang hidupnya.

Baca Juga :  Sekda Alit Wiradana Lepas Mudik Bersama BUMN PT Pegadaian Kanwil VII

“Berdasarkan hal di atas, baik tenaga pendidik, ataupun orang tua harus berkomitmen untuk bersama menerapkan pola didik yang seimbang dan sejalan, baik di sekolah maupun di rumah,” imbuh Ny. Antari Jaya Negara.

Kepala SD Negeri 2 Tonja, I Kadek Tediana Saputra mengucapkan terima kasih kepada Bunda PAUD Kota Denpasar atas kunjungannya guna melakukan monev transisi PAUD ke SD yang menyenangkan.

“Terima kasih Bunda PAUD Kota Denpasar atas dukungan kepada kami dan anak didik kami, terkait transisi PAUD-SD. Hal ini tentu menambah pengetahuan dan semangat kami mendidik anak bangsa,” katanya.

Tediana Saputra mengungkapkan, pihaknya sangat mendukung  pelaksanaan implementasi program Transisi PAUD ke SD yang Menyenangkan yang saat ini tengah digaungkan.

“Sebagai pihak sekolah dan tenaga pendidik, kami sangat siap untuk mendukung suksesnya program ini. Pendidikan pekerti, keterampilan sosial dan bahasa, kematangan emosi, keterampilan motorik dan perawatan diri, serta kematangan kognitif untuk mengikuti kegiatan pembelajaran adalah hal yang kami utamakan di sini,” jelas Tediana Saputra.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News