Utsawa Dharma Gita
Wabup Suiasa Lepas Peserta Utsawa Dharma Gita Duta Badung, Ikuti Lomba UDG Provinsi Bali 2023. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BADUNG – Wakil Bupati Badung, I Ketut Suiasa secara resmi melepas peserta Utsawa Dharma Gita (UDG) Duta Kabupaten Badung yang akan mengikuti Lomba UDG tingkat Provinsi Bali tahun 2023.

Pelepasan dilaksanakan di ruang Kertha Gosana, Puspem Badung, Rabu (30/8/2023) ditandai dengan menyuarakan Gentora. Hadir Ketua Komisi IV DPRD Badung, I Made Suwardana, Kadis Kebudayaa,n I Gede Eka Sudarwitha, Kementerian Agama Badung, PHDI Badung, Majelis Desa Adat, Listibiya, Widya Sabha, Tim Pembina UDG serta peserta lomba UDG duta Kabupaten Badung.

Pada kesempatan tersebut Wabup. Suiasa menyampaikan, atas nama Pemkab Badung sangat bangga dan berterimakasih kepada para peserta terlebih kepada para pembina sehingga Duta Badung kembali dapat mengikuti lomba UDG tingkat Provinsi Bali.

Terlaksananya UDG baik di tingkat kabupaten, provinsi maupun nasional tujuannya untuk mengajegkan sastra-sastra agama Hindu. Namun yang paling penting bagaimana mampu meningkatkan pemahaman bagi anak-anak dan para generasi muda mengenai isi dari sastra agama dan budaya tersebut.

Baca Juga :  Menuju Energi Bersih, PT ITDC Nusantara Utilitas Pimpin Konstruksi Jaringan Distribusi Pipa Gas Alam di Kawasan The Nusa Dua

Dijelaskan, Pemkab Badung sangat berkomitmen dalam melestarikan sastra agama hindu. Komitmen tersebut dituangkan dalam visi misi serta program prioritas Pemkab Badung yakni melestarikan seni, adat, agama, tradisi dan budaya. Selain itu dalam 6 prinsip dasar pembangunan Badung, juga terdapat pro culture berpihaknya kepada kebudayaan.

“Memang dari dulu Utsawa Dharma Gita dilaksanakan. Namun hingga sekarang masih menjadi tantangan kita bersama untuk bagaimana mengarahkan para generasi agar mau belajar sastra agama. Tidak hanya sebatas hobi, memahami isi sastra agama dan melaksanakan dalam kehidupan sehari-hari sudah menjadi kebutuhan kedepan,” harapnya.

Baca Juga :  Jenderal TNI Maruli Simanjuntak Apresiasi Kinerja Yonif 741/GN

Kadis Kebudayaan, I Gede Eka Sudarwitha mengatakan, dalam UDG Provinsi Bali tahun ini, peserta lomba UDG Duta Badung sebanyak 58 orang yang merupakan para juara pada UDG tingkat kabupaten dan ada dua peserta yang ditunjuk langsung. Duta Badung akan mengikuti 32 kategori lomba, diantaranya Kidung, Kekawin, Macepat, Membaca Sloka, Palawakya, Dharma Wecana Bahasa Bali, Dharma Wacana Bahasa Inggris, Nyanyian Keagamaan, serta Dharma Wiwarga atau Debat Agama Hindu. Lomba akan berlangsung dari tanggal 4-7 September 2023 di Taman Budaya Art Center Denpasar. Diharapkan, Duta Badung mampu tampil terbaik dan meraih juara, sehingga dapat menjadi duta UDG Bali untuk mengikuti lomba UDG Nasional tahun 2024 di Surakarta, Jawa Tengah.(bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News