KKN DESA PESINGGAHAN
Sampah Organik Saat Galungan Meningkat, KKN Unud Desa Pesinggahan Gelar Workshop Eco Enzyme. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, KLUNGKUNG – Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Universitas Udayana Desa Pesinggahan menggelar kegiatan Workshop Eco-Enzyme bersama I Nyoman Parta selaku DPR RI Komisi IV dengan tema “Edu-Aksi Merawat Bumi Menjadi Lebih Lestari” di Balai Desa Pesinggahan pada Minggu (6/8/2023).

Workshop Eco-Enzyme di hadiri oleh Kepala Desa Pesinggahan, Ketua BPD Pesinggahan, Seluruh Kelian Banjar Dinas, seluruh Kader Desa Pesinggahan, Ibu-ibu PKK Desa Pesinggahan, Penyuluh Bahasa Bali Desa Pesinggahan, Sekaa Truna Truni Desa Pesinggahan, Karang Taruna Desa Pesinggahan, dan Masyarakat Desa Pesinggahan.

Baca Juga :  PPDB SMP Negeri Denpasar 2024: Daya Tampung Berkurang, Empat Jalur Pendaftaran Tetap Digunakan

Kegiatan ini di latarbelakangi oleh volume sampah organik pada Hari Raya Galungan, tentu sangat banyak limbah-limbah organik seperti buah-buahan saat perayaan hari raya umat hindu yaitu Hari Raya Galungan.

“Desa Pesinggahan memiliki potensi bahan eco-enzyme yang selalu ada, kegiatan yadnya yang terus ada di Pura GoaLawah berpotensi menghasilkan limbah organik yang bisa kita manfaatkan untuk eco enzyme,” ucap Gede Arya Koordinator Desa KKN Pesinggahan.

Narasumber yang sekaligus DPR RI Dapil Bali, I Nyoman Parta, S.H., mengapresiasi kegiatan yang di inisiasi mahasiswa udayana.

“Bangga saya melihat adik-adik mahasiswa KKN ini mampu menginisiasi kegiatan yang begitu berdampak bagi masyarakat dan lingkungan bukan hanya membuat patok-patok di desa seperti KKN pada umumnya,” tegas I Nyoman Parta.

Baca Juga :  Kelurahan Peguyangan Gelar Pelatihan Bahasa Bali, Tingkatkan Minat Generasi Muda Pelajari Bahasa Bali
KKN DESA PESINGGAHAN
Sampah Organik Saat Galungan Meningkat, KKN Unud Desa Pesinggahan Gelar Workshop Eco Enzyme. Sumber Foto : Istimewa

KKN Desa Pesinggahan berharap dengan dilaksanakan kegiatan ini, Desa Adat Pesinggahan mampu memanfaatkan sisa buah yang terdapat di sekitar Desa Pesinggahan untuk pembuatan Eco-Enzyme untuk pemanfaatan pupuk organik, pembersih lantai, dan mampu menjernihkan air kolam atau sungai dan mengurangi pencemaran akibat zat kimia.(KKN Desa Pesinggahan/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News