Pindang
Pemindang Milenial Desa Kusamba, KKN UNUD Bangkitkan Budaya Pemindangan Desa Kusamba. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNES.COM, KLUNGKUNG – Dalam rangka melestarikan budaya pemindangan di Desa Kusamba, Mahasiswa KKN Universitas Udayana bidang sosial budaya mengajak Sekaa Truna Truni di Desa Kusamba untuk belajar mengenai tata cara pengolahan ikan di Desa Kusamba dengan Teknik penggaraman dan pemanasan.

Kadek Mahadina Kirana selaku Koordinator Bidang Sosial Budaya menjelaskan, alasan mahasiswa KKN UNUD melibatkan generasi muda untuk terjun langsung dalam kegiatan pemindangan milenial ini karena pemindangan merupakan salah satu mata pencaharian pokok yang ada di Desa Kusamba yang telah dilaksanakan secara turun temurun.

Baca Juga :  Atasi Blind Spot di Jalan Raya, Puluhan Siswa Dapatkan Edukasi #Cari_Aman

“Diharapkan, dengan ikut serta mengetahui dan belajar bersama mengenai pemindangan, mampu memberikan wawasan baru dalam mengembangkan bisnis atau usaha melalui Sumber Daya Alam (SDA) yang telah ada,” ujar Kade Mahadina.

Dalam pelaksanaan kegiatan tersebut, terdiri dari dua rangkaian kegiatan. Yang pertama yakni kegiatan pemberian materi dasar mengenai pemindangan dan media promosi modern yang dapat digunakan untuk memperkenalkan pindang Desa Kusamba lebih luas. Kegiatan ini dilaksanakan di Kantor Perbekel Desa Kusamba.

Kedua, yakni kegiatan praktik belajar memindang di Sentra Pemindangan Desa Kusamba yang diajarkan langsung oleh pemindang kepada Seka Truna Truni Desa Kusamba. Adapun Langkah – Langkah dalam pemindangan yang dilakukan oleh seka truna truni yakni :

  1. Penyusunan ikan dalam wadah
  2. Perebusan
  3. Pendinginan
  4. Sortasi
  5. Pengemasan
Baca Juga :  Kadis Made Astika Komitmen Bangun Pendidikan, Olahraga dan Kepemudaan Secara Merata di Buleleng

Muhamad Ivo Nizar Ramadhani selaku Koordinator Desa) menambahkan, dengan adanya program kerja ini, diharapkan agar terbentuknya generasi pemindang milenial yang mampu melanjutkan budaya pengembangan usaha pemindangan yang sudah dilaksanakan secara turun menurun. Sehingga mampu meningkatkan perekonomian Desa Kusamba karena pemindangan ini merupakan salah satu mata pencaharian pokok di Desa Kusamba.(KK Unud Desa Kusamba/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News