HUT RI
Sambut HUT RI dan Kuningan, Distan Buleleng Gelar Pasar Tani dan Vaksinasi Massal. Sumber Foto : Istimewa

BALIPORTALNEWS.COM, BULELENG – Menyambut HUT ke-78 RI dan Hari Raya Kuningan, Pemerintah Kabupaten Buleleng melaui Dinas Pertanian (Distan) menggelar Pasar Tani dan Vaksinasi Massal bertempat di Halaman Kantor Dinas Pertanian Buleleng, Kamis (10/8/2023).

Kegiatan yang menyuguhkan hasil dan olahan pertanian dari Balai Penyuluh Pertanian (BPP) se-Kecamatan di Kabupaten Buleleng itu menyuguhkan pangan dan buah lokal dengan harga yang relatif terjangkau. Terpantau antusias masyarakat untuk berbelanja dan juga memvaksinkan hewan peliharaannya disini.

Pasar Tani dan Vaksinasi Rabies ini menjadi perhatian dari Sekretaris Daerah Kabupaten Buleleng, Gede Suyasa yang berkesempatan hadir sekaligus meninjau kegiatan tersebut didampingi oleh Kepala Distan Buleleng, Made Sumiarta.

Sekda Suyasa mengatakan kegiatan ini mengartikan dua makna sekaligus, dimana selain menyambut HUT RI juga menyambut Hari Raya Kuningan 2 hari ke depan. Berbagai buah lokal dan kebutuhan sehari-hari termasuk sarana upacara disiapkan disini untuk memberi ruang bagi masyarakat dalam memenuhi kebutuhan sehari-harinya.

Baca Juga :  Minyak Cukli : Keajaiban Herbal dari Kedalaman Laut Buleleng, Ampuh Obati Penyakit Medis maupun Non-Medis

“Jadi, kegiatan ini sangat bagus sekali ya. Merayakan HUT RI sekaligus mempersiapkan Hari Raya Kuningan,” tegasnya.

Untuk vaksinasi massal sendiri, Sekda Suyasa mengakui bahwa ini adalah salah satu komitmen pemerintah untuk menargetkan 70% anjing sudah divaksinasi. Selain itu langkah-langkah masif juga sudah dilakukan sehingga menumbuhkan hasil kasus rabies bisa turun dibandingkan tahun 2022.

Sementara itu, mewakili Kepala Dinas, Plt. Sekretaris Distan Buleleng, Ni Luh Prima Diantariwati mengatakan bahwa kegiatan ini sebagai upaya dari Distan Buleleng dalam mengajak masyarakat untuk mulai beralih menggunakan buah lokal. Selain itu juga mengajarkan para petani untuk hilirisasi langsung.

“Selama ini petani kan hanya budidaya saja, jadi kita ajarkan bagaimana proses dari hulu ke hilir melalui kegiatan ini,” sambungnya.

Dijelaskan olehnya, pada kegiatan ini 100 lebih komoditas lokal dipasarkan disini dari BPP se-Kecamatan Buleleng yang dibantu oleh penyuluh pertanian. Dimana hasil pertanian dan olahan kelompok tani dimasing-masing desa akan dipasarkan disini dalam rangka menyambut HUT RI dan juga serangkaian Hari Raya Kuningan.

Kenyamanan tersendiri sangat dirasakan salah satu pengunjung bernama Sri Ayuni asal Jalan Arjuna, Buleleng. Dirinya mengatakan kegiatan ini seperti ‘one stop shopping’. Segala kebutuhan hari raya termasuk produk olahan pertanian ada disini dan memudahkannya dalam persiapan hari Raya Kuningan juga selain itu harganya juga terjangkau.

Baca Juga :  Libur Lebaran, Dinas Dukcapil Buleleng Layani Ratusan Masyarakat

“Saya harap kegiatan ini bisa dilakukan secara berkelanjutan ya di momen hari raya. Jadi, memudahkan khususnya para kaum ibu dalam memenuhi kebutuhan jelang hari raya,” pintanya.

Untuk diketahui, selain pasar tani juga dibuka pelayanan vaksinasi rabies bagi masyarakat yang mau memvaksikan hewan peliharaannya. Dimana vaksinasi ini merupakan komitmen bersama dalam mencegah kasus rabies di Buleleng. (adv/bpn)

Dapatkan berita terbaru dari Baliportalnews.com di Google News